Kamis, 27 Juni 2019

Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Definisi, Karakteristik dan Jenis-jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Definisi Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Secara umum, definisi pasar persaingan tidak sempurna adalah bentuk pasar yang tidak teroganisir dengan baik, hal itu dapat dilihat pada kondisi pasar yang lebih banyak pembeli atau konsumen daripada produsennya.

Pasar persaingan tidak sempurna ini juga sering disebut sebagai “inperfect competition market”. Dalam pelaksanaannya pasar ini hanya akan ada beberapa penjual saja yang menguasai pasar, sehingga ia dapat menentukan harga dan memperoleh keuntungan yang sangat banyak.

Selain itu, kegiatan ekonomi dalam pasar ini juga dapat dianggap sebagai “cacat” yang mengakibatkan adanya ketidakadilan dan merugikan banyak orang. Jenis produk yang dijual dalam pasar ini lebih bersifat heterogen atau banyak macamnya, namun produknya hanya disediakan pada waktu tertentu dan sebagainya sehingga menyebabkan produk menjadi terbatas.

Baca juga: Pangsa Pasar (Market share): Pengertian, cara mengetahui ukuran pasar dan cara meningkatkan pangsa pasar

Karakteristik Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Untuk dapat membedakan pasar ini dengan pasar lainnya maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali karakteristiknya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa karakteristik yang harus anda ketahui:

Pasar ini memiliki jumlah konsumen atau pembeli yang sangat banyak daripada produsen atau penjualnya. 
Rentan terjadinya praktik monopoli dalam kegiatan ekonominya, hal itu dapat dilihat pada tindakan produsen yang dapat menentukan harga semaunya.

Tidak mudah bagi produsen baru untuk beradaptasi terhadap kondisi pasar ini karena ada sedikit permainan yang dilakukan oleh produsen penguasa
Produk yang disediakan sangat beragam, namun untuk mencari barang alternatifnya sangat sulit

Permintaan dan penawaran jarang terjadi dalam pasar ini karena harga ditentukan langsung oleh para produsennya
Umumnya, mereka akan bekerja untuk menjatuhkan pihak produsen baru sehingga hal tersebut mengakibatkan ketidakadilan terhadap produsen lain

Baca juga: Negosiasi: Definisi, Tujuan dan Manfaatnya

Jenis - jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Ada banyak jenis pasar persaingan tidak sempurna yang harus anda ketahui, antara lain yaitu pasar monopoli, monopolistik, oligopoli, monopsoni dan pasar oligopsoni. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah salah satu jenis pasar, dimana salah satu produsennya dapat menguasai pasar dan dapat menyediakan segala permintaan yang dibutuhkan oleh para konsumennya. 

Biasanya, jenis pasar ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat konsumennya. Para produsen sudah tidak perlu lagi bersusah payah untuk melakukan berbagai macam promosi atau iklan produk.

Umumnya, produk-produk yang akan dijual telah memiliki hak cipta dan hak eksklusif. Hal tersebut mengakibatkan para produsen lain sulit untuk membuat produk yang sama.

Adapun contoh pasar monopoli ini, yaitu:
Telkom Indonesia
perusahaan Minyak Bumi dan Gas
Perusahaan Listrik Indonesia (PLN)

2. Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah salah satu jenis pasar yang banyak menyediakan produk yang sama. Ada banyak produsen yang berjualan dalam pasar tersebut, walaupun banyak produsen yang menyediakan atau menjual produk serupa namun keunikannya berbeda-beda.

Produsen yang ada didalam pasar ini jumlahnya tidak terbatas, hal itu dikarenakan produsen dapat keluar masuk pasar dengan mudah. Apabila mereka tidak berhasil survive maka mereka bisa saja keluar dari pasar. Keberhasilan dan kesuksesan berada ditangan produsennya langsung.

Kualitas produk, manfaat atau kegunaan produk, kemasan dan lain sebagainya dapat mempengaruhi harga produk yang akan ditentukan. Hal itu yang membuat harga dalam pasar monopolistik ini menjadi sangat berbeda-beda.

Adapun contoh pasar monopolistik yang dapat kita temui sehari-hari yaitu pasar pakaian, makanan kemasan, aneka minuman rasa dan pasar perabotan rumah tangga.

Baca juga: Perseroan Terbatas  (PT): Definisi, karakteristik, jenis-jenisnya serta keuntungan dan kelemahannya

3. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah salah satu jenis pasar yang banyak dikunjungi oleh konsumen namun penjualnya hanya beberapa saja. Pada umumnya, pasar ini akan lebih menyediakan jenis produk yang sifatnya lebih homogen. 

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persaingan yang terjadi didalam pasar dan biasanya, produsen baru yang ingin menjual produknya di pasar tersebut cukup dibilang sulit. 

Contoh dari pasar oligopoli ini, yaitu industri sabun, pasta gigi, rokok dan juga industri baja.

4. Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni ini adalah salah satu jenis pasar yang memiliki banyak produsen namun konsumennya sedikit. Pada umumnya, produsen di pasar ini akan menjual berbagai macam produk yang berkualitas. Hal itu disebabkan oleh persaingan yang ketat sehingga membuat mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan produk yang menarik. Namun, disisi lain pasar ini justru sangat menguntungkan bagi para pembelinya.

5. Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni ini merupakan salah satu jenis pasar yang memiliki banyak penjual namun pembelinya hanya beberapa saja. Biasanya, pasar ini akan menyediakan berbagai macam bahan mentah yang dibutuhkan oleh para konsumennya. 

Dalam pasar ini, konsumen dapat menentukan harga produk. Pasar oligopsoni ini dapat dibilang cukup stabil dalam pelaksanaannya.

Demikian penjelasan mengenai definisi, karakteristik dan jenis-jenis dari pasar persaingan tidak sempurna. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...