Minggu, 23 Juni 2019

Pangsa Pasar (Market share): Pengertian, cara mengetahui ukuran pasar dan cara meningkatkan pangsa pasar

Pegertian Pangsa Pasar (Market share)

Secara umum, pengertian pangsa pasar adalah total permintaan barang yang dibutuhkan masyarakat. Produk tersebut dapat mencerminkan kualitas minat para konsumenya. 

Serendah dan setinggi apa mereka menyukai barang tersebut, Siapa saja yang membeli produk tersebut? apakah para ibu-ibu? dosen? pelajar SMA? para pejabat? lansia? dan sebagainya. Itulah pangsa pasar!

Ada yang berpendapat lain bahwa pangsa pasar merupakan salah satu tujuan dari perusahaan agar dapat mengembangkan eksistensinya di dunia bisnis. Pada umumnya, pangsa pasar ini berbentuk persentase dari seluruh total penjualan produk baik barang atau pun jasa yang diproduksi oleh suatu perusahaan atau produsen terhadap konsumen. 

Bagaimana cara mengetahui bahwa perusahaan kita berhasil atau tidak berhasil dalam  pangsa pasar?

Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pangsa pasar tersebut merupakan persentase dari total penjualan produk. Namun, yang harus anda ketahui adalah di dalam persentase tersebut bukan hanya perusahaan kita saja namun juga ada perusahaan-perusahaan lainnya. Jadi, ketika anda melihat pangsa pasar tersebut maka persentase dari berbagai macam kompetitor akan muncul. 

Baca juga: Sistem Ekonomi Campuran: Definisi, Karakteristik, Keuntungan dan Kelemahan serta Contoh Negara yang Menganut Sistem Ekonomi Campuran

Mari kita simak contoh berikut ini:
Pada tahun 2008, suatu perusahaan harus mampu menguasai pangsa pasar sebanyak 10% dari seluruh pasar atau penjual yang ada. Dengan demikian, ada hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan tersebut misalnya seperti mempromosikan produk yang dihasilkannya agar dapat diketahui oleh masyarakat umum atau konsumen. Alhasil, perusahaan mengeluarkan biaya yang tak tanggung-tanggung yaitu sebesar Rp.40 Juta.

Apabila perusahaan mampu mencapai target persentase tersebut maka perusahaan dapat dinyatakan berhasil dan memiliki kinerja yang baik. Namun sebaliknya, apabila perusahaan tidak mampu mencapai target tersebut misalnya hanya 9% maka kinerja perusahaan dapat dinyatakan gagal dalam melakukan pemasarannya, hal ini bisa saja disebabkan oleh promosi yang tidak tepat sasaran, daya saing perusahaan menurun, banyaknya pesaing baru dengan bidang yang sama, angka pangsa pasar yang terlalu tinggi dan lain sebagainya.

Baca juga: Sistem Ekonomi Liberal: Definisi, Karakteristik, Keuntungan dan Kelemahan serta Contoh Negara yang Menganut Sistem Ekonomi Liberal

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Agar perusahaan dapat mengetahui berapa ukuran pangsa pasarnya, maka perusahaan tersebut perlu melakukan riset atau penelitian yang mendalam mengenai pasar. 

Mereka harus mampu melihat potensi yang ada dipasar itu seperti apa, produk apa saja yang paling sering diminati dan dibutuhkan oleh para konsumennya dan sebagainya. 

Selain itu, perusahaan juga harus mampu mengetahui siapa lawannya atau siapa pesaingnya yang ada di dalam pasar tersebut dan seberapa besarnya kekuasaan dan kekuatan yang dimiliki oleh para pesaing tersebut. 

Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat membuat dan melakukan rencana strategi agar dapat mempersempit segmentasi produk sehingga promosi dapat dilakukan dengan sasaran yang tepat.  

Misalnya: Perusahaan yang bergerak dibidang industri minuman. Kita tidak bisa hanya menjelaskan bahwa bisnisnya hanya minuman. Minuman apa? kopi? jamu? susu? teh? dan sebagainya. Maka dari itu kita juga harus dapat menjelaskan secara rinci dan lebih fokus. 

Baca juga: Sistem Ekonomi Indonesia Yang Digunakan Hingga Saat Ini

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Sangat penting bagi kita untuk dapat mengetahui apa itu pangsa pasar dan sebagainya. Dengan mengetahuinya, kita dapat memahami seberapa kuatnya dan lemahnya perusahaan, dengan begitu kita juga dapat mengantisipasi pasar. 

Untuk dapat memahami itu semua maka kita perlu melakukan analisis SWOT. Dengan analisis tersebut maka perusahaan dapat mengembangkan dan meningkatkan produktivitasnya seperti mengubah layanan, mengubah cara penyalurannya (distribusi), mengubah harga, meningkatkan promosi (marketing) dan lain-lain. 

Lalu timbul satu pertanyaan lain, bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar tersebut? Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk dapat meningkatkan market share anda, yaitu:

1. Pilihlah usaha yang belum banyak digunakan oleh perusahaan lain. Lihat, produk apa yang sering digunakan oleh konsumen dan produk apa yang belum ada namun dibutuhkan.

2. Niat dan optimis pada usaha yang akan dijalankannya. Jangan ragu-ragu untuk memulai sesuatu.

3. Tentukan visi, misi serta target yang harus dicapai oleh perusahaan anda

4. Cermati kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan lain dimana perusahaan anda dan kompetitor lain bergerak dalam bidang industri yang sama

5. Perhatikan pergerakan harga industri pihak lawan serta tentukan harga yang paling sesuai

6. Bangun relasi agar pasar dapat berkembang menjadi lebih besar

Demikian penjelasan mengenai pengertian, cara mengetahui ukuran pasar dan cara meningkatkan pangsa pasar. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...

Jangan lupa LIKE FP kami