Manajemen Personalia: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas serta Pembahasan Lengkap

Definisi Manajemen Personalia

Apa yang dimaksud dengan manajemen personalia? Secara umum, definisi manajemen personalia adalah salah satu bentuk manajemen yang sering digunakan oleh seorang individu, perusahaan serta masyarakat setempat. 

Manajemen personalia ini bertujuan untuk merencanakan, mengkoordinasi, memberlakukan sistem seleksi bagi para pekerja, memberikan pelatihan, pengembangan serta pemeliharaan bagi suatu sumber daya tertentu.

Selain itu, manajemen personalia juga akan membahas tentang bagaimana seorang karyawan memiliki rasa bangga terhadap perusahaan. Dengan kata lain, apabila suatu organisasi mampu melakukan manajemen personalia ini maka mereka juga akan mampu melakukan tugas dan perannya dalam merekrut tenaga kerja baru, memberikan pelatihan dan lain-lain sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai secara optimal.

Baca juga: Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM): Definisi, fungsi, tujuan beserta model dalam manajemen SDM

Definisi Manajemen Personalia Menurut para ahli

Berikut adalah definisi lain tentang manajemen personalia yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Manulang
Definisi manajemen personalia menurut pendapat Manulang (2001:156) adalah suatu ilmu yang digunakan untuk memahami bagaimana suatu perkembangan, partisipasi dan pekerjaan  dapat diberikan dengan baik. 

2. Malayu S. P Hasibuan
Definisi manajemen personalia menurut pendapat Malayu S. P Hasibuan adalah suatu peran hubungan tenaga kerja yang terdapat dalam ilmu dan seni. Kedua hal tersebut dilakukan dengan cara yang efisien dan efektif agar target perusahaan dapat diperoleh dengan mudah.

3. Alex S. Nitisemito
Definisi manajemen personalia menurut pendapat Alex S. Nitisemito (1996:143) adalah ilmu seni dalam melakukan suatu proses atau kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, pengawasan dan lain-lain.

4. Jhon Soeprihanto
Definisi manajemen personalia menurut pendapat beliau adalah kegiatan yang melibatkan pengawasan untuk mendukung tujuan organisasi yang telah direncanakan sebelumnya.

5. Heidrachman Ranupandojo dan Suad Husnan
Definisi manajemen personalia menurut pendapat Heidrachman Ranupandojo dan Suad Husnan adalah kegiatan yang melibatkan beberapa proses seperti perencanaan, pengarahan, pengawasan dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan itulah yang dapat membantu agar tujuan perusahaan dapat dicapai.

6. Prof. Edwin B. Flippo
Definisi manajemen personalia menurut pendapat Prof. Edwin B. Flippo (Handoko:2000) adalah suatu kegiatan yang mencakup hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan, pengarahan, pengendalian, pengembangan, integrasi dan lain sebagainya.

Baca juga: Manajemen Konstruksi: Definisi, peranan, fungsi, tugas manajemen konstruksi beserta pembahasan lengkapnya

Tujuan dan Fungsi Manajemen Personalia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa manajemen personalia dapat menyinergikan tujuan dengan sumber daya yang dimiliki. 
Selain itu, manajemen personalia juga memiliki beberapa fungsi. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Fungsi perencanaan
Dalam fungsi ini, seorang manajer akan menganalisa dan menentukan program-program apa saja yang akan digunakan dalam manajemen personalia.

2. Fungsi Pengorganisasian
Apabila segala macam fungsi telah dibentuk dan ditetapkan maka tahap selanjutnya adalah membentuk sebuah organisasi. 

3. Fungsi Pengarahan
Dalam tahap ini manajer akan memberikan arahan terhadap semua karyawan perusahaan agar dapat menjalankan tugasnya dengan se-efektif mungkin. 

4. Fungsi Pengawasan
Dalam tahap ini, seorang manajer mulai melakukan penelitian dan mengawasi terhadap apa saja yang akan direncanakan dan akan dilakukan oleh para pegawainya.

Baca juga: Manajemen Perusahaan: Definisi, fungsi, kategori, tugas beserta pembahasan lengkap

Tujuan Manajemen Personalia

Berikut adalah beberapa tujuan manajemen personalia. Simak dibawah ini:

• Menyeleksi calon karyawan: Seorang HRM pasti tahu bagaimana standar yang dibutuhkan serta posisi yang tepat bagi seorang karyawan.
• Merancang anggaran 

• Membuat deskripsi pekerjaan, spesifikasi serta menganalisis pekerjaan
• Mengadakan proses pendidikan bagi calon karyawan seperti mengembangkan, mendidik atau bahkan mengurusnya
• Selain itu, dengan adanya manajemen personalia maka segala hal yang berkaitan dengan pensiun, pemberhentian hingga kesejahteraan dapat diurus dengan mudah

Tips Untuk Melakukan Training Dalam Ruang Lingkup Internal

HRM merupakan kepanjangan dari Human Resources Management. Pada umumnya, pelatihan ini dilakukan oleh seorang HRM itu sendiri. Lalu, apa saja yang menjadi tips dalam melakukan training tersebut. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Memberikan tantangan kepada setiap kelompok departemen
2. Melakukan coaching dengan manajer
3. Memberikan kegiatan yang dapat menghilangkan beban para karyawan seperti outbond dan lain sebagainya

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, fungsi, tujuan, tugas serta pembahasan lengkap tentang manajemen personalia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.