Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM): Definisi, fungsi, tujuan beserta model dalam manajemen SDM

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Secara umum, definisi manajemen SDM adalah upaya yang dilakukan untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi serta mengevaluasi kembali SDM yang ada, apakah sudah memenuhi syarat atau telah mendukung tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.

Selain itu, manajemen SDM ini juga berfungsi untuk mengatur hubungan dan tugas para pegawai agar tujuan dapat dicapai secara maksimal. Manajemen sumber daya manusia merupakan ilmu manajemen yang menggabungkan teori psikologi, sosiologi dan lain sebagainya.

Dalam pelaksanaannya, manajemen ini membutuhkan sebuah proses perencanaan, penyusunan karyawan, pengelolaan karir, pengembangan karyawan, mengevaluasi kinerja dan lain sebagainya. Pada umumnya, suatu kebijakan tidak akan jauh dari manajemen yang satu ini.

Baca juga: Manajemen PAUD: Definisi, tujuan, fungsi, konsep serta pembahasan lengkap

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi manajemen SDM yang pernah dikemukakan oleh beberapa ahli, yaitu:

1. Anwar Prabu Mangkunegara
Definisi manajemen SDM menurut pendapat Anwar Prabu Mangkunegara adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan lain sebagainya.

2. Handoko
Definisi manajemen SDM menurut pendapat Handoko adalah kegiatan yang mencakup sistem penyeleksian, perekrutan, pengembangan, pemeliharaan serta penggunaan SDM itu sendiri. Tujuannya adalah untuk mewujudkan target yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Henry Simamora
Definisi manajemen SDM menurut pendapat Henry Simamora adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian serta mengelola setiap orang yang menjadi angggota dalam kelompok pekerja.

4. Melayu SP Hasibuan
Definisi manajemen SDM menurut pendapat Melayu SP Hasibuan adalah ilmu dan seni untuk mengelola hubungan kerja agar tetap berjalan sesuai yang diharapkan.

5. Gary Dessler 
Definisi manajemen SDM menurut pendapat Gary Dessler adalah kebijakan dan latihan yang dilakukan untuk memenuhi aspek yang terdapat didalam sebuah sumber daya manusia itu sendiri. Contohnya seperti penyeleksian, rekrutmen anggota baru, kompensasi dan lain sebagainya.

6. Mutiara S. Panggabean
Definisi manajemen sumber daya manusia menurut pendapat Mutiara S. Panggabean adalah suatu proses yang meliputi segala perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta kepemimpinan terhadap analisis pekerjaan, pengadaan, evaluasi, pengembangan, promosi dan lain-lain.

7. Mary Parker Follet 
Definisi manajemen sumber daya manusia menurut pendapat Mary Parker Follet adalah seni dalam mewujudkan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

8. Achmad S. Ruky
Definisi manajemen sumber daya manusia menurut pendapat Achmad S. Ruky adalah aplikasi yang cukup dibilang efisien dalam pemanfaatan, akuisisi, pengembangan serta pemeliharaan SDM itu sendiri.

Baca juga: Dokumentasi: Definisi, tujuan, peranan, fungsi dan macam - macam dokumentasi

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Cushway membagi tujuan manajemen SDM menjadi beberapa bagian. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Membantu sistem pengambil keputusan
Pada dasarnya, manajemen sumber daya manusia mampu meningkatkan motivasi para pegawainya sehingga dalam pelaksanaannya manajemen ini juga dapat membantu untuk membuat suatu kebijakan tertentu.

2. Memudahkan perusahaan dalam mewujudkan tujuan
Manajemen sumber daya manusia juga akan memperhatikan bagaimana implementasi terhadap kebijakan yang telah dibuat dan apakah terdapat suatu dampak dan lain sebagainya. Dengan hal-hal kecil seperti ini maka tujuan pun dapat mudah kita raih dengan maksimal.

3. Mendukung perusahaan
Dalam pelaksanaannya, manajemen ini akan mendorong dan memberi dukungan penuh terhadap perusahaan. Misalnya seperti mengadakan perekrutan anggota baru dan lain sebagainya.

4. Membantu menyelesaikan masalah
Kita tahu bahwa masalah pasti selalu kita temui dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia perbisnisan. Masalah seringkali dianggap sebagai suatu risiko yang harus segera diselesaikan. Oleh sebab itu, manajemen sumber daya manusia ini akan bergerak dan memecahkan masalah untuk menemukan solusi yang terbaik bagi perusahaan.

5. Media komunikasi yang baik
Dengan adanya manajemen ini maka hubungan yang terjadi antara pegawai dan pimpinan perusahaan dapat dijaga dengan baik sehingga tidak menimbulkan adanya kesalahpahaman atau miss communication antar keduanya. 

Baca juga: Manajemen Risiko: Definisi, tujuan, jenis, bagian-bagian dan pembahasan lengkap

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Dari penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa manajemen SDM sangat berkaitan erat dengan suatu pengendalian terhadap para pegawai hingga membentuknya dengan hubungan yang baik antar sesama anggota. Apabila anda menggunakan manajemen yang satu ini maka anda harus mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Staffing / Employment
Seorang manajer dapat menyelenggarakan perekrutan anggota baru dan segala spesifikasi yang ada harus dapat diperhatikan dengan baik. 

2. Performance Evaluation
Seorang manajer dapat memberikan penilaian dan mengevaluasi para karyawan yang bekerja didalam suatu perusahaan.

3. Compensation
Hal ini berkaitan dengan adanya pemberian kompensasi atau penghargaan kepada para karyawan perusahaan.

4. Training and Development
Hal ini berkaitan dengan adanya pemberian pelatihan dan pengarahan kepada semua karyawan perusahaan.

5. Personnel Research
Seorang manajer harus dapat memperhatikan tingkat efektivitas yang terdapat dalam kinerja para karyawannya.

6. Employe Relations
Apabila manajemen yang dilakukan sudah baik dan benar maka dapat dipastikan bahwa perusahaan dapat terhindar dari adanya masalah-masalah yang berkaitan dengan serikat pekerja.

7. Safety and Health
Seorang manajer juga harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan para karyawannya

Demikian penjelasan dari porosilmu.com mengenai definisi, fungsi, tujuan beserta model dalam manajemen sumber daya manusia (SDM). Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya dan terimakasih telah membaca.