Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manajemen PAUD: Definisi, tujuan, fungsi, konsep serta pembahasan lengkap

Definisi Manajemen PAUD

Secara umum, definisi manajemen PAUD adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan pendidikan kepada anak usia dini secara efektif dan efisien sehingga pertumbuhan dan perkembangannya menjadi meningkat.

Pada umumnya, anak-anak yang termasuk dalam usia dini adalah anak yang berusia dibawah 6 tahun. Pendidikan tersebut biasanya akan diberikan sebelum anak masuk ke Sekolah Dasar (SD) yang berusia 3 – 6 tahun. Pendidikan PAUD yang dapat kita temui sehari-hari adalah taman kanak-kanak,  Tempat Penitipan Anak (TPA), kelompok bermain dan lain sebagainya.

Didalam dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdapat ilmu yang sangat berguna untuk membentuk karakter kepribadian seorang anak. Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk dapat bersosialisasi dengan teman lainnya.

Baca juga: Standard Operating Procedure (SOP): Definisi, tujuan dan manfaat, fungsi serta prinsip SOP

Ruang Lingkup Manajemen PAUD

Hal-hal yang sangat berhubungan dengan manajemen ini adalah bagaimana cara mengelola, apa yang harus dikelola, bagaimana perencanaan atau strateginya, kemana arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam Pedidikan Anak Usia Dini (PAUD) tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa hal penting dalam sebuah manajemen PAUD ini seperti manajemen kurikulum, manajemen anak didik, manajemen pengawasan, manajemen pendidikan dan tenaga pendidik, manajemen sarana dan prasarana, manajemen desain lingkungan sekolah, manajemen proses, manajemen input serta manajemen output Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Anda dapat mengetahui apa saja yang menjadi ruang lingkup manajemen PAUD jika dilihat berdasarkan usia anak yaitu:

Infant (0 – 1 tahun)
Toddler (2 – 3 tahun)
Preschool atau kindergarten children (3 – 6 tahun)
Early primary school / SD kelas awal (6 – 8 tahun)

Seperti yang kita letahui dari penjelasan diatas bahwa ada beberapa lembaga pendidik anak usia dini seperti Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Raudatul Athfal (RA), Bustanul Athfal (BA), Satuan PAUD Sejenis (SPS) dan Taman Penitipan Anak (TPA).

Tahukah anda bahwa anak-anak yang masih berusia dini diwajibkan untuk mendapatkan ilmu atau pendidikan? karena mereka juga merupakan generasi penerus bangsa maka mereka juga harus diberi kesempatan untuk dapat mendapatkan pendidikan. Dengan kata lain, pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi setiap anak.

Anak-anak yang masih berusia dini tidak harus masuk kedalam lembaga PAUD. Pendidikan dapat dimulai dari lingkup keluarga mereka sendiri seperti orang tua dan lain sebagainya.

Baca juga: Definisi Managemen Industri dan Kategorinya

Tujuan Manajemen PAUD

Dari penjelasan sebelumnya, kita dapat mengetahui bahwa tujuan utama dari manaje,en PAUD adalah untuk memastikan bahwa anak-anak yang masih berusia dini mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal dan maksimal. Pertumbuhan dan perkembangan tersebut dapat berawal dari fisik yang baik, kecerdasan kognitif, sosio emosional, komunikasi dan juga bahasa.

Tujuan lainnya yaitu:

1. Efektif
Dengan adanya manajemen ini maka harapan tinggi dari seorang manajer adalah dapat menyelenggarakan dan melakukan segala program dengan baik atau optimal. Tak hanya seorang manajer yang ikut terlibat dalam manajemen tersebut namun juga orang tua, tenaga pendidik, lingkungan dan lain-lain.

2. Efisien
Berbeda dengan istilah efektif, istilah efisien lebih menekankan kepada adanya hal-hal yang berkaitan dengan sebuah penghematan. Dengan kata lain, segala kegiatan yang direncanakan dapat dilakukan dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya seminimal mungkin.

Baca juga: Administrasi Publik: Definisi, fungsi, tujuan beserta pembahasan lengkap

Aplikasi Manajemen PAUD

Untuk melakukan kegiatan program yang ada pada manajemen PAUD ini ternyata kita juga membutuhkan sebuah aplikasi agar mudah untuk mewujudkan segala tujuan pendidikan tersebut. Para pihak yang berasal dari Kementrian dan Kebudayaan Republik Indonesia telah memberikan aplikasi manajemen PAUD sehingga pelaksanaannya pun jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Aplikasi tersebut dapat diakses melalui situs resmi KEMENDIKBUD .

Cara Menggunakan Aplikasi Manajemen PAUD

1. Untuk mendapatkan username dan password maka lembaga pendidikan PAUD harus melakukan registrasi online terlebih dahulu.

2. Setelah lembaga pendidikan PAUD melakukan pendaftaran maka lembaga tersebut dapat langsung menggunakan aplikasi manajemen untuk memasukkan data-data yang diminta. Data-data tersebut akan diproses melalui sinkronisasi pada setiap semester.

Proses sinkronisasi dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu:

Menggunakan fitur daftar pengiriman yang ada pada situs resmi KEMENDIKBUD. Lengkapi segala keretangan tersebut seperti NPSN, alamat, status data dan lain sebagainya, kemudian klik tampilkan semua untuk melihat semua data.

Menggunakan user login yaitu dengan cara memasukkan username dan password lalu klik akun dapodik.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, tujuan, fungsi, konsep serta pembahasan lengkap tentang manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.