Selasa, 30 Juli 2019

Ekonomi Mikro: Definisi, Tujuan, Ruang Lingkup, Teori, Komponen, Peranan Ekonomi Mikro

Definisi Ekonomi Mikro

Secara umum, definisi ekonomi mikro adalah jenis ilmu ekonomi yang memfokuskan pada tingkah laku produsen dan konsumen. Selain itu, ekonomi mikro juga lebih menitikberatkan pada harga pasar yang telah ditentukan, barang dan jasa, kuantitas terhadap suatu faktor input dan lain sebagainya.

Ilmu ekonomi mikro ini berkaitan langsung dengan setiap proses penawaran dan permintaan. Dalam pelaksanaannya, ekonomi ini memiliki pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, tujuan utama yang harus dilakukan oleh para perusahaan adalah melakukan penelitian terhadap pasar sehingga harga relatif produk dapat di bentuk sesuai target.

Berikut adalah beberapa aspek analisis yang harus anda ketahui, yaitu:
Teori harga
Industri
Elastisitas
Analisis biaya dan manfaat
Teori produksi
Model-model pasar
Teori permintaan dan penawaran

Baca juga: Kemasan: Definisi, fungsi, manfaat, bentuk-bentuk kemasan, penjelasan lengkap

Definisi Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa para ahli yang pernah menjelaskan mengenai definisi ekonomi mikro. Simak dibawah ini:

1. Adam Smith
Definisi ekonomi mikro menurut pendapat beliau adalah adanya sifat ekonomis rasional pada subjek ekonomi membuat para konsumen atau pelaku ekonomi lainnya harus mempertimbangkan segala hal yang bersifat rasional terlebih dahulu.

2. David Ricardo
Menurut pendapat beliau, definisi ekonomi mikro adalah para pelaku ekonomi yang berada dalam keadaan telah mengetahui segala informasi mengenai pasar.

3. Marshal dan Piqou
Definisi ekonomi mikro menurut kedua ahli ini adalah adanya mobilitas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan para pelaku ekonomi menjadi mudah dalam menyesuaikan perubahan yang terjadi di dalam pasar.

Baca juga: Kebijakan Sanering: Definisi, dampak, contoh, penjelasan lengkap

Tujuan Ekonomi Mikro

Menganalisis segala bentuk kegiatan yang ada di dalam pasar. Hal tersebut meliputi bagaimana harga relatif dapat dibentuk, sistem alokasi dan lain sebagainya

Menganalisis kegagalan pasar. Hal tersebut meliputi  kegagalan pasar yang disebabkan oleh produksi yang tidak berjalan secara efisien serta kondisi terhadap persaingan sempurna.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Tahukah anda bahwa ekonomi mikro ini mencakup ruang lingkup konsumen dan produsen? Kita pasti sering mendengar istilah tersebut dalam kegiatan sehari-harinya bukan. Ekonomi mikro ini juga sering menganalisis tindakan yang dibuat oleh para pembeli dan penjual. Berikut adalah rangkuman beberapa ruang lingkup yang ada pada ekonomi mikro ini, yaitu:

Mekanisme harga dan distribusi pendapatan
Pasar persaingan monopolistik
Pasar monopoli
Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen serta keuntungan
Elastisitas permintaan dan penawaran
Permintaan atas input yang ada
Pasar oligopoli
Pasar persaingan sempurna
Teori perilaku konsumen
Permintaan, penawaran serta keseimbangan harga pasar

Baca juga: SIUP: Definisi, Fungsi, Jenis-jenis, Manfaat, Tahapan dan Persyaratan Surat Izin Usaha Perdagangan

Teori Ekonomi Mikro

Berikut adalah 3 teori ekonomi mikro yang harus anda ketahui, yaitu:

1. Teori Harga
Kita semua tahu bahwa harga sangatlah penting bagi para pelaku ekonomi. Harga yang ditentukan juga sangat menentukan bagaimana proses yang terjadi antara permintaan dan penawaran suatu produk. Adapun analisis yang dapat dilakukan dalam teori ini yaitu:

Konsep elastisitas permintaan dan penawaran
Proses pembentukan harga
Bentuk-bentuk pasar
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan terhadap permintaan dan penawaran
Hubungan yang terjadi antara permintaan dan penawaran

2. Teori Produksi
Teori ini sangat penting untuk dapat mengetahui biaya produksi dan tingkat dalam kegiatan produksi yang dijalankan. Adapun analisis yang dapat dilakukan dalam teori ini yaitu:
Semua yang berkaitan dengan biaya kegiatan produksi dapat dianalisis melalui teori ini
Menganalisis tingkat produksi guna memperoleh laba
Menggabungkan faktor produksi agar keuntungan dapat diraih secara maksimal

3. Teori Distribusi
Teori ini dapat digunakan untuk menganalisis ekonomi mikro. Hal tersebut meliputi gaji para karyawan, bunga yang harus dibayar serta laba yang diperoleh oleh perusahaan.

Komponen Ekonomi Mikro

Berikut adalah beberapa komponen utama yang harus anda ketahui, yaitu:

1. Interaksi yang terjadi di dalam pasar
Interaksi yang terjadi didalam pasar sangat menentukan kebijakan yang akan dikeluarkan. Hal tersebut biasanya meliputi segala harga produk.

2. Perilaku Produsen dan Konsumen
Dalam ekonomi mikro, segala kebutuhan konsumen harus di pertimbangkan dengan pendapatan yang dimilikinya. Disisi lain, para produsen harus melakukan berbagai macam strategi agar keuntungan dapat diperoleh secara maksimal.

3. Interaksi yang terjadi terhadap pelaku ekonomi
Interaksi yang dimaksud meliputi faktor produksi lainnya seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal yang dimiliki.

Peranan Ekonomi Mikro Dalam Bidang Perbisnisan

1. Membuat kebijakan
Dalam ekonomi mikro ini, hal-hal yang berkaitan dengan gaji, harga produk, sumber daya yang dimiliki harus diperhatikan karena hal tersebut akan mempengaruhi keuntungan yang akan diterima oleh perusahaan atau produsen. Oleh Sebab itu, perusahaan harus membuat kebijakan semaksimal mungkin.

2. Menganalisis kondisi ekonomi
Para perusahaan harus dapat menganalisis dan mengetahui segala informasi mengenai interaksi yang terjadi didalam pasar. Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah agar perusahaan dapat membuat strategi yang akan digunakan untuk kedepannya.

3. Menjaga produk yang dimiliki
Adanya pasar persaingan tidak sempurna dapat menyebabkan beberapa perusahaan menjadi rugi. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat menjaga produk-produk tersebut agar tetap berada dalam jalur yang telah ditentukan.

4. Meningkatkan Produktivitas
Perusahaan yang dapat meningkatkan kegiatan produktivitasnya akan memperoleh laba secara maksimal.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, tujuan, ruang lingkup, teori, komponen, peranan ekonomi mikro. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca.


Loading...