Rabu, 29 Mei 2019

Ekonomi: Pengertian, Tujuan serta Bagian-bagian Ekonomi

Pengertian Ekonomi Secara Umum

Apa yang dimaksud dengan ekonomi? Secara umum, pengertian ekonomi adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu produk diolah, dikemas, disalurkan, serta bagaimana cara masyarakat dapat memenuhi kebutuhan serta keinginannya. Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering menjumpai hal ini bukan?

Ada pula yang mengatakan bahwa definisi ekonomi adalah tentang suatu upaya dari manusia untuk mencapai kemakmuran dengan cara memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Secara etimologis, istilah ekonomi diambil dari bahasa Yunani, yaitu “Oikos” yang berarti keluar atau rumah tangga dan “Nomos” yang berarti peraturan atau hukum. 

Baca juga: Infrastruktur : Definisi, pengkategorian, komponen beserta contohnya

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Setelah kita mengetahui pengertian ekonomi secara umum, sekarang mari kita simak pengertian ekonomi yang diambil dari beberapa pendapat para ahli berikut ini.

1. Robbins 
Menurut pendapat beliau, ekonomi adalah suatu tindakan atas perilaku manusia yang didalamnya terdapat hubungan antara tujuan. Kedua hal tersebut dihadapkan oleh sumber daya yang terbatas.

2. Alfred Marshall
Menurut pendapat beliau, ekonomi adalah suatu studi yang mencakup bagaimana manusia dapat menjalani hidup, bergerak dan berpikir dalam kehidupan sehari-hari.

3. John Adam Smith
Menurut pendapat dari beliau, ekonomi adalah suatu keadaan yang diselidiki karena adanya kekayaan pada suatu negara.

4. John Stuart Mill
Menurut pendapat beliau, ekonomi adalah ilmu yang hanya fokus pada suatu nilai tukar barang dan jasa karena hal tersebut dapat meningkatkan pendapatan sehingga negara pun dapat menjadi makmur.

5. Hermawan Kartajaya
Menurut pendapat beliau, didalam suatu ekonomi tersebut ada sektor industri.

Baca juga: Loyalitas: Definisi, Ciri-Ciri, Faktor-faktor loyalitas

Tujuan Ekonomi

Setelah kita memahami penjelasan mengenai pengertian dari ekonomi, kita juga perlu mengetahui apa saja tujuan-tujuannya. Tujuan adalah niat yang berada dalam hati seseorang untuk melakukan sesuatu. Berikut adalah penjelasan mengenai tujuan dari ekonomi.

Kebutuhan sehari-hari dapat tercapai secara maksimal. 
Jika kita lapar maka kita harus makan, untuk mendapatkan makanan kita harus memiliki uang untuk membeli beras atau pun lauk pauk tersebut. Tidak hanya itu, jika kita memiliki pakaian yang dirasa sudah tidak muat dipakai atau sudah tidak layak dipakai maka kita harus membeli pakaian baru untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti air, listrik, minyak dan lain-lain juga merupakan tujuan dari ekonomi itu sendiri.

Mencari laba. 
Bagi para penjual, mencari keuntungan adalah hal yang paling utama karena jika hal itu tidak tercapai maka penjual tersebut bisa saja mengalami kerugian dan sebagainya.

Mendapatkan kekuasaan
Ketika seseorang atau suatu kelompok dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya yang mencakup bidang ekonomi seperti memiliki kelimpahan uang, kelimpahan harta, memiliki barang ataupun jasa yang tidak dimiliki oleh orang lain dan sebagainya mereka mungkin akan berkuasa karena orang lain akan bergantung pada orang yang memiliki harta-harta kekayaan tersebut. 

Sosial yang solid
Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian ekonomi adalah tentang suatu upaya dari manusia untuk mencapai kemakmuran dengan cara memenuhi kebutuhan hidupnya. Ketika ekonomi mereka jatuh atau bahkan mereka tidak mampu membangun ekonomi tersebut, maka kemakmuran pun sulit untuk dicapai. Akibatnya ada dari mereka yang tidak mampu untuk berobat, membeli atau memberi makan, tidak mampu untuk mengenyam di dunia pendidikan dan lain-lain.

Akan tetapi ada pula masyarakat yang dapat berhasil mencapai kesejahteraan ekonomi dan mereka inilah yang nantinya akan membantu para masyarakat yang kurang mampu. Sehingga lahirlah rasa sosial yang tinggi seperti rasa saling tolong menolong dan sebagainya.

Baca juga: Akuisisi: Pengertian, Tujuan dan Manfaat, Jenis-jenis Akuisisi

Bagian - bagian Kegiatan Ekonomi

Dari penjelasan sebelumnya bahwa ekonomi adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu produk diolah, dikemas, disalurkan, serta bagaimana cara masyarakat dapat memenuhi kebutuhan serta keinginannya. Hal-hal tersebut masuk kedalam bagian ekonomi, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Produksi
Dalam bagian ini, produksi akan menyediakan berbagai macam jenis produk barang atau pun jasa untuk para konsumen. Dalam prosesnya, produksi membutuhkan biaya dan usaha agar dapat berjalan dengan baik. Adapun pelaku yang berperan dalam kegiatan produksi ini adalah para pengusaha baik di bidang agribisnis, pengusaha furnitur, konsultan dan lain-lain.

2. Distribusi
Dalam bagian ini, distribusi akan menyalurkan produk-produk yang telah dipersiapkan kepada para konsumen. Di dalam penyaluran tersebut, produk akan dikemas, diangkut, disimpan, distandarisasikan kualitas barangnya dan sebagainya. Sedangkan dalam pelaksanaannya, ketepatan waktu atas penyediaan produk sangat dibutuhkan. 

3. Konsumsi
Dalam bagian ini, konsumsi akan menggunakan produk-produk yang telah selesai di produksi. Kualitas produk akan ditentukan oleh konsumen atau para pelanggan ini. Contoh dari konsumen ini adalah membeli produk bahan mentah agar bisa diolah menjadi makanan, membeli pakaian dan lain-lain.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, tujuan serta bagian-bagian dari ekonomi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua.


Loading...