Market Place: Pengertian dan Contoh Market Place Indonesia

Dunia digital terus mengalami perkembangan. Bahkan, dunia digital telah banyak mempengaruhi berbagai sendi kehidupan manusia, termasuk dalam sendi-sendi perekonomian. Pola perdagangan dan bisnis banyak berubah dengan memanfaatkan perkembagnan dunia digital.

Salah satu perkembangan yang paling banyak terlihat adalah keberadaan e commerce. Saat ini, dunia bisnis dan perdagangan sedang banyak diramaikan oleh kegiatan yang berbau e commerce. Apa itu e commerce?

Pengertian e commerce sendiri dapat dipahami sebagai suatu kegiatan perdagangan komersial dengan memanfaatkan media elektronik, khususnya media digital. Dalam e commerce, salah satu media yang banyak digunakan adalah market place. Nah, apa itu market place?

Baca juga: Pengertian Inflasi dan Penyebabnya

Pengertian market place

Marketplace merupakan bagian dari e-commerce. Pengertian market place menurut Brunn, Jensen, & Skovgaard (2002), adalah suatu wadah komunitas bisnis interaktif yang berlangsung dalam ranah elektronik, dengan jalan menyediakan pasar, dan melalui pasar ini, perusahaan bisa berperan dalam hubungan B2B (business to business) dari kegiatan e-commerce dan atau kegiatan e-business lain. 

Dalam marketplace, terjadi penawaran antara penjual dan pembeli, karena tempat ini pada intinya merupakan tempat dalam dunia digital yang dapat mempertemukan para penjual dan pembeli untuk memenuhi kebutuhan tertentu, sehingga diperoleh efisiensi dalam bertransaksi.

Sebagai tempat pertemuan transaksi digital, keberadaan marketplace memanfaatkan media online dengan basis internet (web based). Dengan ini, marketplace menjadi tempat kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual, sehingga kedua belah pihak bisa menikmati keuntungan dan kemudahan transaksi.

Keuntungan dan kemudahan transaksi di market place ini memang menjadi unggulan sehingga market place banyak disukai dan dimanfaatkan orang. Di market place, para pembeli bisa menikmati kemudahan dalam mencari supplier sebanyak mungkin, dengan melihat kriteria yang telah ditampilkan tanpa harus repot bertanya. Bahkan, karena harga sudah tercantum, para pembeli bisa menilai supllier mana yang menawarkan produk dan harga yang tepat sesuai kebutuhannya.

Supplier atau penjual pun juga bisa menikmati aneka manfaat dari keberadaan market place. Misalnya, ia bisa mendapat informasi konsumen/ perusahaan yang membutuhkan produk/ jasa yang sesuai. Selain itu, penjual juga bisa merasa aman terhadap transaksi yang dilakukan oleh penjual karena pembelian dilakukan dengan pembayaran terlebih dahulu.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, market place pun semakin populer dan banyak dipakai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, keberadaan market place Indonesia mampu berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dalam skala besar. 

Baca juga: Daftar Asuransi Perjalanan Indonesia dan Kenapa Harus Memilikinya

Manfaat Marketplace

Secara lebih rinci, berikut adalah manfaat keberadaan market place, baik bagi penjual maupun pembeli:

1. Tempat berkumpul/ bertemunya para penjual dan pembeli
2. Tempat yang mampu membuka banyak relasi antarpedagang
3. Tempat untuk melakukan promosi gratis/ minim biaya dan dengan jangkauan yang luas

4. Tempat yang menawarkan kemudahan dan keamanan pembayaran dengan memanfaatkan rekening bersama
5. Tempat yang menawarkan layanan kemudahan pengiriman, bahkan dengan tawaran gratis ongkos kirim.

Tipe Marketplace

Ada beberapa jenis market place yang dikenal, yakni:
1. Vertikal Marketplace, merupakan jenis/ tipe marketplace yang fokus menawarkan penjualan pada satu jenis produk.
2. Horizontal Marketplace, merupakan jenis/ tipe marketplace yang menawarkan berbagai jenis produk, tapi dengan karakteristik tersendiri sesuai minat/ hobi pembeli maupun komunitas/ organisasi. Artinya, berbagai jenis produk ini fokus dalam memenuhi kepentingan komunitas tertentu.
3. Global Marketplace, merupakan jenis/ tipe marketplace yang menawarkan transaksi dari segala jenis produk.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan NFD (Non-Deliverable Forward)

Market place Indonesia

Market place Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan, tak hanya market place asli Indonesia saja yang berkembang, tetapi market place yang berasal dari luar negeri juga banyak meraih kesuksesan di Indonesia. Berikut adalah beberapa conoth market place Indonesia:

1. Zalora
Situs web : zalora.co.id
Jumlah Pengunjung : 3,750,000 per bulan (2019)
Zalora adalah salah satu contoh market place yang berasal dari luar negeri. Market place terbesar di Asia Tenggara ini telah berdiri sejak tahun 2012 dan telah berhasil mempopulerkan jasanya di berbagai negara di Asia.

2. Bukalapak
Situs web: bukalapak.com
Jumlah pengunjung: 95.100.000 perbulan
Bukalapak merupakan market place Indonesia yang terbilang sukses. Marketplace karya asli anak Indonesia ini menawarkan berbagai program lengkap dari aneka brand. Bukalapak mengusung visi untuk menggandeng para pelaku UMKM di Indonesia sehingga dapat mengembangan usaha mikro kecil dan menengah tersebut.

3. Shopee
Situs web: shopee.co.id
Jumlah Pengunjung : 95.300.000 perbulan
Shopee menawarakan beraneka ragam jenis produk yang diklaim terlengkap. Marketplace ini telah berhasil meraih popularitas di Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta Taiwan.

4. Tokopedia
Situs web: tokopedia.com
Jumlah Pengunjung  : 148.500.000 perbulan
Tokopedia sering disebut sebagai market place Indonesia terbesar. Situs asli garapan anak Indonesia ini menawarkan aneka produk yang lengkap. Popularitasnya membuat Tokopedia mampu mengantongi nilai investasi yang sangat besar dari berbagai perusahaan modal ventura teknologi di dunia.

5. Sociolla
Situs web : sociolla.com
Jumlah pengunjung : 4,400,00 perbulan
Sociolla merupakan marketplace yang fikus menawarkan produk kecantikan dan kosmetik. Berbagai produk terkait wanita ini sangat lengkap tersedia, dan dianggap unggul karena mengusung jaminan original dan berkualitas.

6. JD.id
Situs web: jd.id
Jumlah Pengunjung: 8.600.000 perbulan
Marketplace JD.id mengangkat keunggulan dari segi originalitas produk yang ditawarkan. Jadi, berbagai produk yang dijual di sini, mulai fashion, elektronik, gadget, keluarga hingga produk kesehatan diklaim seluruhnya asli, bukan bajakan.

7. Orami
Situs web: orami.co.id
Kunjungan bulanan: 9.050.000
Orami adalah situs marketplace yang fokus menyediakan produk perawatan bayi, keluarga dan rumah. Produk pakaian bayi, alat kebersihan, makanan, nutrisi, mainan hingga aksesoris lengkap tersedia di sini.

8. Blibli
Situs web: blibli.com
Jumlah Pengunjung : 34.200.000 perbulan
Blibli adalah situs marketplace Indonesia yang menawarkan beragam produk. Kita bisa menemukan produk komputer hingga kesehatan. Marketplace ini terbilang ramai dan sudah banyak diunduh di Indonesia.

9. Lazada
Situs web: lazada.co.id
Jumlah Pengunjung : 47.800.000 perbulan
Lazada merupakan contoh marketplace global yang mendunia. Market place ini tak hanya berjaya di Indonesia, melainkan juga di negara lain di Asia Tenggara. Market place yang berdiri sejak tahun 2011 ini kini telah diakuisisi perusahaan raksasa e-commerce China, Alibaba.