Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manajemen Media Online: Definisi, ruang lingkup, peranan, manfaat dan alat-alat manajemen online

Definisi Manajemen Online

Secara umum, definisi manajemen online adalah upaya yang dilakukan untuk mengatur atau mengelola media online dengan cara memanfaatkan berbagai macam sumber daya yang dimiliki. Upaya yang dilakukan bertujuan untuk mewujudkan target yang telah direncanakan sebelumnya.

Ruang Lingkup Manajemen Online

Manajemen online ini dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu manajemen konten, manajemen desain dan manajemen pemasaran. Berikut adalah masing-masing penjelasannya.

1. Manajemen Konten Media Online

Apa yang dimaksud dengan konten media online? Konten media online merupakan isi atau pesan informasi tertentu yang akan disampaikan kepada khalayak dan lain-lain. Manajemen konten ini biasanya dapat kita temui pada suatu perusahaan tertentu.

Pihak-pihak yang ikut terlibat dalam proses manajemen konten media online ini terdiri dari seorang penulis, reporter atau fotografer, redaktur atau editor, pemimpin redaksi, kontributor dan koresponden.

2. Manajemen Desain Media Online

Manajemen yang satu ini sangat berhubungan erat dengan hal-hal yang berbau tampilan website. Apakah tampilannya sudah baik dan benar, apakah sudah menarik dan lain sebagainya. Didalam sebuah manajemen desain ini terdapat beberapa hal penting seperti fast loading, clean, user friendly, mobile friendly dan SEO friendly.

Pihak-pihak yang ikut terlibat dalam manajemen desain ini biasanya membutuhkan kegiatan atau aktivitas lainnya seperti pemasaran dan konten. Pihak yang dimaksud adalah seorang web desainer atau biasa disebut sebagai web developer.

Baca juga: Administrasi Perkantoran: Definisi, fungsi, tujuan, ruang lingkup serta pembahasan lengkapnya 

3. Manajemen Pemasaran Media Online

Tahukah anda bahwa sebuah pemasaran akan sangat berdampak bagi perusahaan? Umumnya, pemasaran ini dapat dilakukan dengan cara offline maupun online. Hal-hal yang dapat kita temui dalam manajemen pemasaran ini yaitu:

Sosial Media Marketing (SMM) dan Social Media Optimization
Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)
Email Marketing
Dan lain-lain

Peranan Media Online Dalam Bisnis

Dari penjelasan sebelumnya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa media sosial memiliki peranan penting dalam mengembangkan perusahaan atau bisnis yang dimiliki. Dalam perkembangan jaman ini pula, kita semua tahu bahwa sebagian besar masyarakat mengunakan gadget. Dengan demikian, media online seperti website, situs dan lainnya dapat dibilang sebagai sarana promosi yang sangat efektif dan efisien.

Definisi manajemen online adalah upaya yang dilakukan untuk mengatur atau mengelola media online dengan cara memanfaatkan berbagai macam sumber daya yang dimiliki. Upaya tersebut dilakukan dengan cara efektif dan efisien sehingga tujuan-tujuan dapat diwujudkan dengan maksimal.

Baca juga: Manajemen konflik: Definisi, tujuan dan manfaat, strategi dan bentuk manajemen konflik

Manfaat Manajemen Media Online untuk Usaha atau Bisnis

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan dalam manajemen media online ini, yaitu:

1. Mengenal pelanggan
Ada yang mengatakan bahwa bisnis yang sukses itu tidak jauh dengan adanya sebuah  konsumen atau pelanggan. Degan adanya media online tersebut maka para pengusaha dapat mengenal jauh lebih dekat lagi dengan para pelanggannya. 

Mereka akan menggunakan media online sebagai alat untuk melakukan penelitian seperti facebook insight yang dapat dipergunakan untuk mempelajari apa saja yang menjadi dominasi bagi para pelanggan, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan usia dan jenis kelamin. Dari hal tersebut maka kita dapat mengambil manfaat seperti memaksimalkan promosi dan juga branding.

2. Mendengar keinginan konsumen
Dengan adanya manajemen media online ini maka anda dapat mengetahui apa saja feedback yang dapat diberikan oleh para pelanggannya sehingga bisnis yang dijalankan pun dapat dievaluasi dengan baik dan pada akhirnya bisnis dapat maju dan tumbuh berkembang dengan lebih baik dari pada sebelumnya.

3. Memberikan respon cepat
Didalam sebuah bisnis atau usaha biasanya para pelanggan atau konsumen akan memberikan berbagai macam testimoni yang dirasakan. Idealnya para perusahaan yang baik akan memberikan respon atau tanggapan cepat atas keluhan tersebut melalui via telepon, media online dan lain sebagainya.

4. Melihat persaingan di pasar
Selain dapat mengetahui apa saja yang menjadi dominasi para pelanggan, media online ini juga dapat memberikan informasi mengenai kondisi yang terjadi dalam ruang lingkup pasar, persaingan, kelebihan dan kekurangan kompetitor satu dengan yang lainnya dan lain sebagainya.

5. Meningkatkan pengunjung situs
Manajemen media online ini juga dapat memberikan manfaat bagi seorang pengusaha karena dapat meningkatkan pengunjung situs pada konten yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Dengan kata lain media online dapat dapat memungkinkan adanya trafik SEO sehingga situs bisnis dapat menjadi trending di mesin pencari google.

Baca juga: Manajemen Kampanye: Definisi, langkah-langkah, macam-macam serta pembahasan lengkapnya

Alat - alat Manajemen Media Online

Berikut adalah 3 alat yang dapat digunakan untuk menjalankan manajemen ini, yaitu:

1. Hootsuite
2. Post planner
3. Buffer

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, ruang lingkup, peranan, manfaat dan alat-alat manajemen online. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.