Manajemen Kampanye: Definisi, langkah-langkah, macam-macam serta pembahasan lengkapnya

Definisi Manajemen Kampanye

Secara umum, definisi manajemen kampanye adalah upaya dalam mengelola kegiatan kampanye dengan cara memanfaatkan segala sumber daya yang dimilikinya agar tujuan dapat diwujudkan secara efektif dan efisien.

Definisi manajemen kampanye menurut pendapat Jonhson Cartee dan Copeland (1997) adalah kemampuan yang dimiliki untuk melakukan, mengontrol, membuat serta memberikan evaluasi terhadap program tertentu.

Manajemen kampanye bertujuan untuk mengorganisasi kegiatan kampanye agar dapat berjalan dengan kondusif dan jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Manajemen Konflik: definisi, tujuan, dan bentuk manajemen konflik

Langkah - langkah Manajemen Kampanye

Ada 3 langkah-langkah dalam manajemen kampanye menurut venus. Hal tersebut dikatakan dalam bukunya yang berjudul “Manajemen kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi”. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Perencanaan kampanye

Sebelum kampanye dilakukan maka perencanaan harus dilakukan terlebih dahulu. Gregory dan simmons mengatakan bahwa ada 5 alasan utama yang terdapat pada perencanaan kampanye ini, yaitu kegiatan kampanye dapat menjadi lebih fokus, sudut pandang dapat dikembangkan dalam waktu jangka panjang, mengurangi adanya hal - hal yang tidak diinginkan seperti konflik dan kegagalan serta memberikan kelancaran terhadap kegiatan yang dilakukan antar banyak pihak.

Selain itu, ada beberapa aspek yang harus anda ketahui seperti:

Tujuan yang ingin dicapai
Target sasaran
Pesan yang akan disampaikan
Metode yang akan digunakan dalam menyampaikan pesan
Serta metode yang digunakan untuk mengevaluasi kegiatan tersebut

2. Realisasi kampanye

Idealnya, kegiatan kampanye harus berdasar atas perencanaan sebelumnya. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa ada hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan perencanaan. Dengan kata lain, kegiatan tersebut terjadi karena kondisi yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Hal - hal yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan kampanye ini yaitu:

Merealisasikan unsur yang terdapat didalam kegiatan kampanye
Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kampanye harus dilakukan sesuai dengan perencanaan sebelumnya
Melakukan pengawasan terhadap kegiatan tersebut
Pihak tertentu juga harus membuat laporan dari hasil kegiatan yang telah dilakukan

3. Evaluasi kampanye

Tahap ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berhasilnya kegiatan tersebut, apakah ada kekurangan dan lain sebagainya. Langkah yang satu ini cukup dibilang sistematis karena dapat mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan dan pencapaian target.

ada 2 aspek utama yang harus anda ketahui dalam langkah ini yaitu:

Metode atau cara apa yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan kampanye
Apakah kegiatan tersebut dapat membuahkan hasil yang baik

Baca juga: Administrasi Perkantoran: Definisi, Fungsi, dan Pembahasan Lengkap

Macam - macam Manajemen Kampanye

Ada beberapa bentuk manajemen kampanye yaitu manajemen kampanye dalam bidang politik dan manajemen kampanye dalam bidang bisnis. Simak masing-masing penjelasannya berikut ini:

1. Manajemen kampanye politik

Definisi manajemen kampanye politik menurut pendapat Sanders dan Kaid adalah adanya penyampaian pesan yang bersifat politik. Hal tersebut tentunya dilakukan dengan keadaan yang memang sengaja dilakukan oleh pihak yang satu kepihak lainnya.

Wilson H. T memberikan pendapat lain bahwa definisi manajemen kampanye merupakan rangkaian yang terdapat didalam sebuah manajemen politik, hal itu meliputi penelitian secara strategis, isu mengenai advokasi, hal-hal yang berkaitan dengan promosi, iklan, politik akar rumput, penggalangan dana, negosiasi dan lain-lain.

Ada 5 komponen yang terdapat didalam sebuah komponen kampanye jenis ini yaitu:

1) Komunikator
Komunikator merupakan salah satu pihak yang ikut terlibat didalam sebuah kampanye. Lebih spesifiknya adalah pihak yang menggorganisir, menanggapi, membuat serta menyampaikan pesan kampanye. Komunikator ini juga dapat disebut sebagai pelaku kampanye.

2) Pesan
Dari penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa didalam kampanye terdapat pesan-pesan tertentu. Pesan tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan informasi dengan symbol tertentu.

3) Media atau saluran
Media yang digunakan dalam melakukan kegiatan kampanye dapat berupa media elektronik, media online hingga media cetak.

4) Komunikan
Berbeda dengan komunikator, komunikan merupakan sasaran objek dari komunikator (pelaku kampanye).

5) Hasil
Bagian ini merupakan bagian yang sangat terpenting bagi kegiatan kampanye. Mengapa demikian? karena para dasarnya pelaku kampanye menginginkan adanya perubahan yang terjadi dalam masyarakatnya.

Baca juga: Administrasi Negara: definisi, tujuan, ruang lingkup, dan pembahasan lengkap

2. Manajemen kampanye bisnis

Dari penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa didalam kampanye terdapat pesan-pesan tertentu. Disamping itu, manajemen dalam bidang bisnis ini memiliki bentuk komunikasi yang bersifat goal oriented.

Tahukah anda bahwa strategi pemasaran merupakan bentuk dari suatu kampanye? Segala promosi dilakukan guna mewujudkan tujuan yang diharapkan.

Ada 5 tahap dalam memaksimalkan kegiatan kampanye tersebut, yaitu:

1) Seorang manajer harus mengetahui targetnya dengan baik
2) Media yang digunakan sudah dipilih dengan tepat
3) Memiliki ciri khas yang dapat mudah diingat oleh masyarakat
4) Produk dan konten harus berjalan seiringan
5) Mengevaluasi segala kegiatan kampanye

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, langkah-langkah, macam-macam serta pembahasan lengkap tentang manajemen kampanye. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya.

Terimakasih telah membaca.