Senin, 12 Agustus 2019

Sistem: Pengertian, unsur-unsur, elemen, jenis-jenis dan pembahasan lengkap tentang sistem

Definisi Sistem

Secara umum, definisi sistem adalah objek atau abstrak yang saling berkaitan satu sama lain. Di dalamnya terdapat suatu unsur atau komponen untuk mendukung pencapaian tujuan baik secara efektif maupun secara efisien.

Ada yang berpendapat lain bahwa sistem memiliki beberapa unsur atau elemen yang saling berkaitan satu sama lain sehingga tujuan-tujuan dapat dicapai dengan mudah.

Apabila kita melihat definisi sistem berdasarkan etimologis maka sistem merupakan istilah yang diambil dari bahasa latin yaitu “Systema” dan bahasa yunani “Sustema”. Pada umumnya, kedua istilah tersebut sudah umum digunakan untuk menggambarkan hubungan yang terjadi didalam suatu entitas tertentu. Istilah sistem memiliki definisi yang luas, setiap bidang menggunakan sistem yang berbeda-beda.

Baca juga: Human Resource Department (HRD): Definisi, fungsi, tugas dan tanggung jawab serta pembahasan lengkapnya

Definisi Sistem menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi lain tentang sistem. Definisi sistem dibawah ini pernah dijelaskan oleh beberapa ahli. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Harijono Djojodiharjo
Definisi sistem menurut pendapat Harijono Djojodiharjo adalah suatu objek tertentu yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Objek tersebut memiliki fungsi serta hubungan antara ciri obyek.

2. Indrajit
Definisi sistem menurut pendapat beliau adalah berbagai macam komponen yang di kumpulkan menjadi dan didalamnya terdapat suatu unsur yang saling berkaitan satu sama lain.

3. Jogianto
Definisi sistem menurut pendapat beliau adalah satu kesatuan elemen yang memiliki hubungan tertentu, biasanya hal tersebut bertujuan untuk meraih target yang telah ditentukan. Target tersebut dapat memberikan gambaran berupa kejadian dan kesatuan yang realita.

4. Colin Cherry
Definisi sistem menurut pendapat Colin Cherry adalah beberapa bagian atau sifat yang telah dibentuk dan dijadikan menjadi sebuah rangkaian.

5. R. Fragen dan A. Hall
Definisi sistem menurut pendapat R. Fragen dan A. Hall adalah suatu hubungan yang dimiliki oleh satu objek dengan objek lainnya termasuk hubungan yang terkait dengan sifat yang mereka miliki.

6. Jerry FitzGerald
Definisi sistem menurut pendapat Jerry FitzGerald adalah berbagai macam prosedur yang saling berhubungan dan berkumpul satu sama lain sehingga tujuan dapat segera dicapai.

7. Andri Krisanto
Definisi sistem menurut pendapat Andri Krisanto adalah suatu jaringan kerja dimana didalamnya terdapat suatu prosedur yang dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca juga: Indikator: Definisi, fungsi, jenis-jenis serta pembahasan lengkap

Unsur - unsur Sistem

Seperti apa yang telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya bahwa sistem memiliki sejumlah unsur. Unsur-unsur tersebut dapat dibedakan menjadi empat bagian, yaitu:

1. Objek: Objek merupakan suatu unsur yang berada didalam sistem. Objek tersebut dapat dilihat secara fisik atau abstrak dalam bentuk elemen, bagian atau variabel tertentu.
2. Atribut: Pada unsur yang satu ini, atribut dapat menentukan kualitas, mutu atau sifat kepemilikan yang ada pada sistem dan obyek.
3. Hubungan internal: Hubungan internal ini akan mengikat sejumlah elemen menjadi satu kesatuan yang utuh.
4. Lingkungan: Unsur lingkungan ini dapat berupa tempat atau wilayah tertentu.

Elemen Sistem

Berikut adalah beberapa elemen pembentuk sistem, yaitu:
1. Tujuan: Alasan adanya sistem adalah karena ingin mencapai tujuan yang telah dibuat.
2. Input (masukan): Segala hal yang masuk dalam sistem, baik berupa obyek fisik maupun abstrak akan diproses.
3. Proses: Elemen ini sangat berkaitan dengan masukan dan keluaran. Dengan kata lain, proses merupakan suatu perubahan yang terjadi dari masukan hingga menjadi keluaran yang memiliki nilai guna yang lebih.
4. Output (keluaran): Elemen ini merupakan hasil dari suatu proses yang telah terjadi sebelumnya. Pada umumnya, wujud keluaran ini dapat berbentuk informasi, saran, laporan dan lain sebagainya.
5. Batas: Berbeda dengan elemen lainnya. Elemen ini jauh lebih menekankan pada pemisahan antara internal dan eksternal sistem. Hal-hal yang meliputi elemen ini adalah konfigurasi, ruang lingkup dan lain sebagainya.
6. Pengendalian dan feedback (umpan balik): Segala masukan dan proses akan dikendalikan dan segala macam bentuk keluaran akan dijadikan sebagai masukan.
7. Lingkungan: Lingkungan merupakan suatu hal yang memiliki dampak secara langsung terhadap sistem, karena pada pelaksanaannya lingkungan dapat memberikan keuntungan ataupun kerugian secara signifikan.

Baca juga: Evaluasi: Definisi, tujuan, fungsi, tahapan serta pembahasan lengkap tentang evaluasi

Jenis - jenis Sistem

Berikut adalah beberapa jenis sistem yang perlu anda ketahui. Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Berdasarkan keterbukaan
Jenis sistem berdasarkan keterbukaan dapat dilihat secara dua sisi, yaitu terbuka dan tertutup. Sistem terbuka lebih cenderung dapat dipengaruhi oleh pihak luar sedangkan sistem tertutup lebih cenderung kepada hal-hal yang tidak dapat dipengaruhi oleh pihak luar.

2. Berdasarkan komponen
Jenis sistem berdasarkan komponen dapat dilihat dari dua sisi juga, yaitu fisik dan non fisik. Didalam sistem fisik terdapat sejumlah komponen yang terdiri dari matahari dan energi sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan sebuah konsep dan ide merupakan jenis dari sistem non fisik.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai pengertian, unsur-unsur, elemen, jenis-jenis dan pembahasan lengkap tentang sistem. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...