Sabtu, 10 Agustus 2019

Evaluasi: Definisi, tujuan, fungsi, tahapan serta pembahasan lengkap tentang evaluasi

Definisi Evaluasi

Secara umum, definisi evaluasi adalah salah satu proses analisis yang digunakan sebagai alat pengukur atas kejadian yang dilakukan namun masih tetap sesuai dengan target atau tujuan yang telah ditentukan.

Ada yang berpendapat lain bahwa evaluasi merupakan suatu aktivitas yang kegiatannya hanya mengumpulkan segala informasi yang berkaitan dengan kinerja tertentu seperti manusia, peralatan atau bahkan metode. Informasi-informasi yang telah dikumpulkan kemudian akan dijadikan sebagai acuan dalam sistem pengambil keputusan.

Dalam kehidupan sehari-hari, evaluasi merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Dengan adanya kegiatan evaluasi maka tingkat efektivitas dan produktivitas juga akan semakin berkembang. Kegiatan evaluasi tersebut dapat dilakukan oleh seorang individu ataupun sekelompok masyarakat.

Berikut adalah beberapa informasi yang didapatkan dari adanya kegiatan evaluasi ini, yaitu:
Perkembangan suatu aktivitas atau kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya
Tujuan yang telah dibuat berjalan sesuai target dan tepat sasaran
Informasi mengenai hal apa saja yang harus dilakukan untuk kedepannya

Baca juga: Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Definisi, Kriteria, Klasifikasi, Ciri-ciri, Jenis-jenis serta Pembahasan Lengkap

Definisi Evaluasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa para ahli yang pernah menjelaskan mengenai definisi evaluasi. Simak Penjelasannya berikut ini.

1. Anne Anastasi
Definisi evaluasi menurut pendapat Anne Anastasi (1978) adalah proses yang bersifat sistematis. Proses tersebut memiliki tujuan agar kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan intruksional. Selain itu, dengan adanya kegiatan evaluasi maka kita dapat mengukur sesuatu secara terencana, sistematik dan secara terarah.

2. Sajekti Rusi
Definisi Evaluasi menurut pendapat Sajekti Rusi (1988) adalah proses akan adanya penilai terhadap suatu hal seperti gambaran perilaku yang dimiliki oleh siswa. Hal tersebut dapat dinilai secara kuantitatif dan juga kualitatif

3. Suharsimi Arikunto
Definisi evaluasi menurut Suharsimi Arikunto (2003) adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.

4. A. D Rooijakkers
Definisi evaluasi menurut A.D Rooijakkers adalah suatu nilai yang ditentukan dalam proses atau usaha. Selain itu, evaluasi juga dapat diartikan sebagai proses yang didalamnya terdapat nilai yang berupa data kuantitatif. Proses tersebut digunakan ketika kita ingin mengambil suatu keputusan.

5. Norman E. Gronlund
Definisi evaluasi menurut pendapat Norman E. Gronlund (1976) adalah proses yang digunakan untuk mengukur tingkat capaian atas tujuan-tujuan pengajaran yang berlaku. Selain itu, kita juga dapat menentukan dan mengambil keputusan terkait hal tersebut.

6. Abdul Basir
Definisi evaluasi menurut Abdul Basir (1996) adalah segala bentuk proses yang dilakukan secara sistemastis dan teratur. Bentuk proses tersebut berupa gambaran, informatif dan prediktif. Adapun tujuan dari adanya proses tersebut adalah untuk menentukan bagaimana kebijaksanaannya dalam usaha perbaikan pendidikan.

7. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann
Definisi evaluasi menurut pendapat William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978) adalah berbagai macam proses yang digunakan untuk menyediakan keputusan lainnya. Proses tersebut dapat berupa perencanaan, perolehan serta penyediaan informasi.

Baca juga: Human Resource Department (HRD): Definisi, fungsi, tugas dan tanggung jawab serta pembahasan lengkapnya

Tujuan Evaluasi

Alasan seseorang ingin melakukan proses evaluasi ini karena ada suatu hal yang ingin dicapai. Berikut adalah beberapa tujuan evaluasi yang harus anda ketahui.
Memberikan informasi terkait kompetensi yang telah dikuasai oleh seseorang.
Memberikan informasi terkait masalah yang dihadapi oleh seseorang sehingga kita dapat melakukan diagnosis, remedia teaching dan lain sebagainya
Memberikan informasi apakah kegiatan yang kita lakukan sudah berjalan dengan efisien dan efektif.
Memberikan informasi serta feedback agar seseorang dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimilikinya. Evaluasi dapat ia jadikan sebagai acuan dalam sistem pengambil keputusan.

Fungsi Evaluasi

Dalam pelaksanaannya, evaluasi memiliki sejumlah fungsi yang dapat dirasakan bagi setiap orang. Berikut adalah beberapa fungsi evaluasi yang harus anda ketahui.

1. Selektif
Di dalam fungsi ini, seseorang akan diseleksi atas kesesuaiannya dalam kompetensi yang telah ditentukan. Contoh yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika seseorang melamar kerja di suatu perusahaan tertentu maka perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap calon pegawai tersebut, apakah ia akan diterima atau tidak.

Selain itu, fungsi ini juga akan menentukan apakah seseorang berhak memiliki jabatan tinggi atau tidak.

2. Fungsi Diagnosa
Berbeda dengan fungsi sebelumnya, fungsi diagnose ini lebih menekankan kepada suatu hal yang berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan seseorang. 

Contoh yang dapat kita temui adalah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh seorang siswa terhadap suatu bidang studi.

3. Fungsi Penempatan
Sesuai dengan namanya, fungsi ini digunakan ketika seseorang ingin mengetahui posisi mana yang dirasa sejalan dengan bidang yang dimiliki dan lain sebagainya. Contoh yang dapat kita temui adalah dalam dunia pekerjaan. Perusahaan dapat melakukan evaluasi dengan menggunakan fungsi ini ketika ingin melihat dan menentukan posisi yang terbaik bagi karyawannya.

4. Fungsi Pengukur Tingkat Keberhasilan
Fungsi ini juga tak kalah pentingnya dengan fungsi-fungsi sebelumnya. Seseorang dapat menggunakan fungsi ini ketika ia ingin mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan program yang dicapainya. Ukuran tersebut dapat dilihat pada metode dan sarana yang digunakan.

Baca juga: Indikator: Definisi, fungsi, jenis-jenis serta pembahasan lengkap

Tahapan Evaluasi

1. Menentukan topik yang akan dievaluasi
2. Membuat rancangan kegiatan
3. Mengumpulkan data
4. Pengolahan informasi
5. Membuat laporan terkait hasil kegiatan evaluasi

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, tujuan, fungsi, tahapan serta pembahasan lengkap tentang evaluasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...