Senin, 03 Juni 2019

Wiraswasta: Pengertian, Karakteristik, Unsur dan Contohnya


Pengertian Wiraswasta

Secara umum, pengertian dari wiraswasta adalah adanya kemampuan seseorang dalam mengedektesi suatu peluang usaha. Mereka mampu mengumpulkan sumber daya yang ada untuk dijadikan sebagai peluang uasaha. Setelah seseorang berhasil mendirikan usahanya maka ia akan mendapat sejumlah keuntungan atau pendapatan dari usahanya tersebut.  

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa wiraswasta adalah orang-orang yang memiliki sifat kemandirian, pekerja keras, kreatif, produktif dan kuat. Ketika mereka memiliki suatu ide yang kreatif, mereka langsung akan mengembangkan dan segera mewujudkan ide tersebut. Biasanya mereka tidak akan bekerja sendirian, ada tenaga orang lain yang akan membantunya.


Secara etimologis, pengertian wiraswasta terdiri dari dua kata yaitu “Wira” yang memiliki makna berani dan “Swasta” yang memiliki makna berdiri sendiri. Jadi, wiraswasta adalah orang-orang yang berani mendirikan usaha sendiri. Wiraswasta kadang juga sering disebut sebagai Entrepreneur atau pengusaha. 





Baca juga: Konsumen: Pengertian, Jenis-jenis, Hak dan Kewajiban sebagai konsumen


Pengertian Wiraswasta Menurut Para Ahli

Mari kita lihat bagaimana pendapat-pendapat para ahli ini mengenai pengertian wiraswasta.
 

1. SumahawijayaMenurut pendapat beliau, wiraswasta adalah adanya sifat keberanian, keteladanan, mempunyai motivasi yang tinggi dan lain-lain yang dimiliki oleh seseorang (1980).
 

2. SuhadiMenurut pendapat beliau, wiraswasta adalah orang-orang yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, memiliki wawasan yang luas dan selalu berpikir kedepan serta rajin dalam melakukan usahanya (1985).
 

3. Suryo Menurut pendapat beliau, wiraswasta adalah orang –orang yang selalu berpikir kedepan, mereka mampu menanggung resikonya, ide-ide yang dipaparkan bersifat kreatif dan inovatif, tidak bergantung kepada orang lain dan tangguh dalam menjalankan usahanya (1986).
 

Baca juga:  Ekonomi: Pengertian, Tujuan serta Bagian-bagian Ekonomi

Karakteristik Wiraswasta

Setelah mengetahui penjelasan mengenai penertian dari wiraswasta, kini saatnya mengetahui apa saja karakteristik dari seorang wiraswasta tersebut. Simak berikut ini.
 

1. Memiliki PassionSetiap seseorang yang berwiraswasta pasti memiliki passionnya masing-masing. Ada yang dibidang fashion style, masak-memasak atau pun hal-hal lainnya. Mereka pasti mampu memahami dengan baik passion apa yang mereka miliki. Tahukah anda bahwa passion tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ladang usaha seorang wiraswasta.
 

2. Positive Think! dan Percaya DiriInilah karakteristik yang mungkin tidak ada pada orang lainnya. Bahwa seorang wiraswasta tidak ingin mengandalkan orang lain, mereka biasanya akan melakukan pekerjaan secara mandiri. Sehingga rasa percaya diri dan sikap positif pun muncul dari dalam diri mereka
 

3. Disiplin dan Berdedikasi TinggiSeorang wiraswasta pada umumnya memiliki disiplin waktu dan dedikasi yang tinggi. Bagaimana tidak, mereka menganggap semua itu adalh hal yang penting dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.
 

4. Berani
Dalam setiap usaha, pasti ada suatu resiko. Apabila anda seorang wiraswasta, anda pasti akan berani mengambil resiko tersebut dan bertanggungjawab terhadap usaha yang dijalankan. Jika tidak, bagaimana anda dapat mengembangkan usaha anda? Maka beranilah dalam menghadapi tantangan tersebut.
 

5. Fleksibel
Seorang wiraswasta akan mampu beradaptasi dan fleksibel dalam berbagai macam tantangan serta resiko-resiko yang ada dengan cara mencari solusi dan menyelesaikan masalah.
 

6. Planning!Untuk dapat menjalankan usaha tersebut, seorang wiraswasta harus memiliki rencana yang matang dalam jangka waktu panjang maupun pendek.
Bagaimana penjelasan diatas? Apakah anda termasuk kedalam seseorang yang memiliki karakteristik seorang wiraswasta?
 

Baca juga:  Analisis SWOT: Definisi, Unsur-unsur, Manfaat dan pentingnya SWOT, Faktor Yang Mempengaruhi berserta Contoh Analisisnya

Unsur - unsur Wiraswasta

Terdapat beberapa unsur penting dalam kegiatan wiraswasta tersebut. Simak berikut ini:
 

1. Unsur Keterampilan
Keterampilan merupakan unsur yang sangat penting bagi seorang wiraswasta. Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap usaha yang akan dijalankannya. Keterampilan tersebut bisa saja didapatkan dalam pelatihan-pelatihan yang ada atau bahkan pengalaman kerja yang dimiliki sebelumnya.
 

2. Unsur Kewaspadaan
Kewaspadaan akan resiko dan tantangan yang ada dalam usaha menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Seorang wiraswasta harus mampu dan siap menghadapinya agar usaha dapat bisa teratasi dengan baik.
 

3. Unsur PengetahuanDalam unsur ini, pengetahuan akan mempengaruhi bagaimana kebijakan yang seharusnya dilakukan dalam usaha. Seorang wiraswasta yang bewawasan luas maka strategi-strategi yang dilkukannya pun akan sangat cerdik sehingga usaha yang dijalankan akan berkembang.
 


Contoh Wiraswasta

Setelah anda mengetahui penjelasan mengenai wiraswasta tersebut, mari kita simak beberapa contohnya berikut.
 

1. Produk BarangPada umumnya, seorang wiraswasta akan menjual suatu barang. Setelah menyimak penjelasan sebelumnya, contoh dari wiraswasta itu pasti sudah tengiang di kepala bukan. Seperti halnya orang yang menjual makanan, suplemen, meubel, kebutuhan rumah tangga dan masih banyak contoh lainnya yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.
 

2. Produk JasaSelain barang, para wiraswasta juga akan menjual produk-produk jasa yang tak kalah pentingnya bagi konsumen seperti jasa mengedit foto atau pun video, jasa mencuci mobil atau motor yang sudah tak asing lagi di telinga kita, jasa laundry dan masih banyak contoh lainnya di luar sana.
 

Demikian penjelasan mengenai wiraswasta, semoga bermanfaat bagi semuanya.


Loading...