Jumat, 31 Mei 2019

Analisis SWOT: Definisi, Unsur-unsur, Manfaat dan pentingnya SWOT, Faktor Yang Mempengaruhi berserta Contoh Analisisnya


Definisi Analisis SWOT

Secara umum, definisi SWOT adalah suatu bagian dari perencanaan strategis yang kemudian akan digunakan sebagai pengevaluasian faktor-faktor yang mempengaruhi tujuan jangka pendek maupun jangka panjang seperti kelemahan (weaknesses), kekuatan (strengths), ancaman (threats) dan juga peluang (opportunities).

Istilah tersebut biasanya sering kita dengar pada bidang ekonomi dan juga bidang bisnis. Tujuan daripada analisis ini adalah lebih kepada mendeskrisipkan situasi dan kondisi suau perusahaan yang sedang terjadi saat itu juga, namun sayangnya analisis ini tidak menyelesaikan masalah tersebut dengan sebuah solusi. 


Baca juga: Loyalitas: Definisi, Ciri-Ciri, Faktor-faktor loyalitas


Definisi Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang berpendapat mengenai analisis SWOT ini, antara lain:
 

1. Philip Kotler
Menurut pendapat beliau, analisis SWOT adalah adanya evaluasi yang dilakukan kepada individu atau organisasi dimana didalamnya terdapat kekuatan, peluang, kelmahan, serta ancaman.


2. Pearce dan Robinson

Menurut pendapat dari kedua ahli ini, di dalam analisis SWOT terdapat suatu proses strategi. Strategi tersebut harus bisa mengidentifikasi kekuatan ataupun kelemahan dari perusahaan, dan kemudian akan dibandingkan dengan ancaman eksternal serta peluang. Hal tersebut dilakukan untuk menghasilkan strategi lain.
 

3. Yusanto dan Wijdajakusuma
Menurut pendapat dari kedua ahli ini, analisis SWOT merupakan intrumen internal dan ekternal perusahaan. Instrumen ini menggunakan data tahunan dengan pola 3-1-5. Untuk pola 3 mengenai  data perkembangan tiga tahun sebelum analisis, untuk pola 1 mengenai hal apa yang ingin dilakukan pada saat analisis berlangsung sedangkan pola terakhit yaitu 5 mengenai data-data perusahaan setelah analisis tersebut selama 5 tahun lamanya.
 

4. Freddy Rangkuti
Menurut pendapat beliau, analisis SWOT adalah tentang bagaimana cara anda atau perusahaan agar dapat memaksimalkan kekuatan, perang, ancaman maupun kelemahan yang ada. Strategi-strategi yang anda susun sangat berpengaruh pada perusahaan, oleh sebab itu anda atau perusahaan harus dapat mengidentifikasikan faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.
 

5. Rais
Menurut pendapat beliau, analisis SWOT adalah analisis mendasar yang sangat penting. Karena dengan analisis ini kita dapat mempertahankan bahkan menambah kekuatan, memanfaatkan peluang dengan baik serta dapat mengurangi kelemahan perusahaan ataupun menghindari ancaman.
 

Baca juga: Akuisisi: Pengertian, Tujuan dan Manfaat, Jenis-jenis Akuisisi

Unsur - unsur yang berada dalam Analisis SWOT

Ada empat unsur analisis SWOT yang harus anda pahami, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Ke-4 unsur tersebut akan dievaluasi dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis tersebut pada umumnya menggunakan tabel dengan ukuran kertas yang besar. 

1. Unsur Kekuatan (Strenght)

Jadi, perusahaan akan mengevaluasi kekuatannya dalam analisis SWOT. Apakah ia memiliki keunggulan perusahaan seperti halnya teknologi, lokasi strategis, kualitas produk, ataupun hal lainnya. Biasanya kekuatan tersebut akan dijadikan sebagai upaya kompetisi bagi perusahaan.
 

2. Unsur Kelemahan (Weakness)
Untuk mengevaluasi kelemahan tersebut maka kita dapat membandingkan perusahaan lainnya dengan perusahaan yang kita miliki. Biasanya perusahaan akan melakukan testimoni untuk dapat mengetahui apa saja kelemahan dari perusahaannya.
 

3. Unsur Peluang (Opportunity)
Dalam unsur ini, perusahaan akan mengevaluasi bagaimana cara agar bisnis yang dijalankan dapat bertahan dan diterima di masyarakat. Peluang tersebut harus di pikirkan secara matang karena hal tersebut akan menghasilkan suatu keuntungan atau laba dalam jangka panjang maupun pendek.
 

4. Unsur Ancaman (Threats)
Sedangkan dalam unsur ancaman ini, para perusahaan akan membuat daftar yang dapat mengancamnya seperti banyaknya pesaing-pesaing baru, minat konsumen dan sebagainya.
 

Manfaat dan Pentingnya Analisis SWOT

Setelah mengetahui definisi dan unsur dari analisis tersebut, kita dapat menyimpulakan bahwa analisis SWOT memiliki manfaat yang sangat penting dalam perusahaan. Perusahaan dapat mengetahui apa saja yang menjadi kekuatannya, kelemahan, peluang serta ancamanya sehingga mereka mampu menyusun strategi dengan maksimal.

Baca juga: Konsolidasi: Definisi, Ciri-ciri beserta Contoh konsolidasi


Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Ada 2 faktor analisis yang harus anda ketahui, yaitu faktor internal dan eksternal. Berikut adalah penjelasannya:
 

1. Faktor Internal
Faktor ini muncul dari dalam perusahaan itu sendiri yaitu kekuatan dan kelemahan. Hal-hal yang mencakup faktor ini adalah:
• Keuangan yang mencukupi
• Manusia-manusia yang berkompeten dibidangnya
• Adanya kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
• Marketing tepat sasaran
• Sistem distribusi yang aman

2. Faktor Eksternal
Sedangkan untuk faktor eksternal ini, muncul dari luar perusahaan seperi ancaman dan peluang serta pengaruhnya terhadap perusahaan itu sendiri. Hal-hal yang mencakup faktor ini adalah seperti tren bisnis, sosial politik, kondisi ekonomi negara, budaya masyarakat dan sebagainya.
 

Contoh Analisis SWOT

Contoh analisis SWOT berikut adalah contoh yang diambil dari brand starbucks.
1. Kekuatan Starbucks yaitu: produk dan layanan yang berkualitas tinggi, Brandnya dikenal oleh siapapun hingga keluar negeri, lokasinya juga sangat strategis, hubungan antara perusahaan dengan supplier sangat baik dan sebagainya.
2. Kelemahan Starbucks yaitu: ada efek tertentu yang dihasilkan oleh produk tersebut.
3. Peluang Starbucks: dapat memperluas segmen operasi internasional.
4. Ancaman Starbucks: upah minimum melonjak hingga menurunkan pasokan dan profitabilitas
Demikian penjelasaan mengenai analisis SWOT, semoga artikel ni dapat bermanfaat bagi semuanya.


Loading...