Minggu, 16 Juni 2019

Konsumsi: Definisi, Tujuan, Karakteristik dan Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi

Definisi Konsumsi

Secara umum, definisi konsumsi adalah suatu tindakan dimana ia telah menggunakan atau memakai produk barang atau jasa yang dibelinya dari produsen. Biasanya, orang-orang akan melakukan hal itu karena ingin memenuhi kebutuhan hidupnya serta keinginannya.  

Kebutuhan yang ingin dipenuhinya bisa saja seperti makanan, minuman, pakaian dan lain-lain. Dengan kata lain, kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan pokok yang harus segera dipenuhi oleh seseorang dengan cara mengkonsumsi produk tersebut. 

Sedangkan keinginan merupakan kebutuhan tambahan yang timbul dari dalam diri seseorang seperti halnya ingin membeli produk HP terbaru, buku, komik dan lain-lain. 

Kedua hal tersebut sangat berbeda sekali bukan. Sebagian rakyat kecil mungkin akan lebih mengkonsumsi suatu produk agar kebutuhan hidupnya dapat tercapai. 

Namun, bagaimana dengan keinginan? Apakah rakyat-rakyat kecil tersebut mampu memenuhi keinginannya? Biasanya, mereka yang dapat memenuhi keinginannya adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan financial. 

Ada yang berpendapat lain bahwa konsumsi dan kegiatan ekonomi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam pelaksanaannya. Para produsen akan menghasilkan produk-produknya berupa barang atau jasa dan kemudian akan di salurkan melalui distributor kepada para konsumen. Ketika produk tersebut akan atau telah digunakan maka hal itu dapat disebut sebagai konsumsi.

Baca juga: Emiten: Definisi, Tujuan, Syarat-syarat beserta Contohnya

Definisi Konsumsi Menurut Para Ahli

Pendapat lainnya dikemukakan oleh beberapa ahli berikut ini:

1. N. Gregory Mankiw (2007)
Menurut pendapat beliau, definisi konsumsi adalah barang atau jasa yang harus dibeli oleh para pihak tertentu. Biasanya produk yang dibeli berupa barang atau peralatan rumah tangga baik yang sifatnya tahan lama maupun tidak seperti makanan, pakaian dan lain-lain. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa mereka juga akan membeli jenis produk ini. Salah satu contohnya yaitu pendidikan.

2. T. Gilaraso (2003)
Menurut pendapat beliau, definisi konsumsi adalah ujung dari sebuah proses kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat itu sendiri.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi konsumsi adalah salah satu cara manusia agar dapat menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu produk. Cara tersebut dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Pasar Monopolistik: Definisi, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan pasar monopolistik

Tujuan Konsumsi

Seperti yang telah kita ketahui dari penjelasan sebelumnya bahwa konsumsi digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang. Hal tersebut merupakan salah satu tujuan utama dari konsumsi itu sendiri. Tujuan-tujuan lainnya bisa anda lihat dibawah ini:

1. Agar kebutuhan rohani dan jasmani dapat tercapai
Konsumsi dapat memenuhi kebutuhan rohani dan jasmani. Hal ini dapat kita lihat pada kehidupan sehari-hari dan mungkin anda telah melakukannya berkali-kali. 

Adapun contoh dari kebutuhan rohani yaitu membaca ayat-ayat Al-quran, membaca buku, beribadah dan lain-lain. Sedangkan kebutuhan jasmani yaitu olahraga, makan atau minuman suplemen dan lain-lain.

2. Tercapainya kepuasan terhadap produk barang
Biasanya manusia akan mengkonsumsi beberapa barang secara sekaligus. Hal itu secara sadar akan membuat kepuasan tersendiri bagi orang yang mengkonsumsinya. Misalnya seperti makan dan minum sekaligus.

3. Mengurangi nilai guna terhadap suatu produk
Ketika manusia menggunakan barang atau jasa seperti motor, komputer, meja, mobil dan lain-lain maka lambat laun produk tersebut akan menjadi sudah tidak baru lagi bukan. Dengan kata lain, produk yang kita gunakan dalam jangka waktu yang lama dapat mengurangi nilai guna dari produk itu sendiri.

Karakteristik Konsumsi 

Konsumsi dapat kita lihat dari ciri-cirinya secara langsung, antara lain:

Seseorang akan memakai produk yang dibelinya guna tercapainya suatu kebutuhan atau keinginan.
Produknya sangat berharga untuk dikonsumsi

Produk dapat berkurang bahkan habis seiring berjalannya waktu
seseorang akan rela dan berkorban untuk membelinya dengan cara mengeluarkan uang

Baca juga: Etika Bisnis: Definisi, Tujuan, Prinsip beserta Contoh Etika Bisnis

Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suatu konsumsi tersebut, yaitu:

1. Pendapatan
Faktor pertama yang dapat mempengaruhi konsumsi ini adalah pendapatan. Mengapa demikian? Karena apabila anda memiliki pendapatan yang tinggi maka akan semakin banyak pula ia akan mengkonsumsi suatu produk baik barang atau pun jasa. 

2. Harga barang dan jasa
Masyarakatnya pada umumnya akan mempertimbangkan apakah ia harus membeli produk tersebut atau tidak. Karena apabila produk tersebut memiliki nilai jual yang tinggi maka kemungkinan akan membuat masyarakat, khususnya rakyat kecil mempertimbangkan hal tersebut. 

Mereka mungkin tidak dapat membelinya atau mengonsumsinya. Sebaliknya, apabila produk tersebut memiliki nilai harga yang dapat dijangkau oleh para masyarakatnya maka hal itu dapat memberikan kesejahteraan secara langsung terhadap masyarakatnya.

3. Jumlah Keluarga
Apabila seseorang memiliki jumlah keluarga yang lumayan banyak maka konsumsi yang dibutuhkan juga semakin banyak pula. 

4. Jenis Kelamin
Mengapa hal ini dapat mempengaruhi konsumsi seseorang? karena dengan adanya perbedaan jenis kelamin tersebut maka akan menentukan produk mana yang akan dikonsumsi. Misalnya laki-laki yang akan membeli dan mengkonsumsi rokok dan lain-lain.

Demikian penjelasan mengenai konsumsi. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi semuanya dan terimakasih telah membaca.


Loading...

Jangan lupa LIKE FP kami