Supplier: Definisi, ciri-ciri, peran dan tugas, jenis-jenis, cara kerja beserta pembahasan lengkapnya tentang supplier

Definisi Supplier

Istilah supplier mungkin sudah tidak asing lagi untuk didengar. Secara umum, definisi supplier adalah seseorang atau kelompok tertentu yang melakukan penjualan atau pemasok suatu produk mentah terhadap pihak lain yang ingin membelinya. Produk tersebut kemudian akan diproduksi kembali oleh pihak pembeli.

Ada yang berpendapat lain bahwa definisi supplier adalah seseorang atau kelompok yang menyediakan bahan baku lalu menjualnya kepada pihak lain. Bahan baku yang telah dibeli oleh pihak lain kemudian akan diolah menjadi suatu barang jadi yang siap untuk dijual kembali. 

Contohnya supplier yang menyediakan produk mentah seperti kelapa sawit.  Kelapa sawit itu kemudian akan dijual lagi kepada para perusahaan yang membutuhkannya dengan tujuan agar kelapa sawit tersebut dapat diolah lagi menjadi sebuah barang jadi yaitu minyak goreng.

Tahukah anda bahwa supplier dan distributor merupakan dua hal yang berbeda? Supplier bertugas untuk menjual atau memasok produk bahan mentah kepada pihak lain, kemudian pihak tersebut akan mengolah produk bahan mentah menjadi produk barang jadi yang siap untuk dipakai.

Sedangkan distributor hanya bertugas untuk menjual dan menyalurkan barang kepada pengecer, lalu seorang pengecer akan menjualnya kembali kepada konsumen akhir. 

Baca juga: Manajemen Konstruksi: Definisi, peranan, fungsi, tugas manajemen konstruksi beserta pembahasan lengkapnya

Ciri - ciri Supplier

Seorang supplier dapat dikenali melalui ciri-cirinya sebagai berikut:

• Merupakan pemasok bahan mentah kepada perusahaan atau pihak lainnya
• Seperti apa yang telah dijelaskan diatas bahwa seorang supplier memasok bahan mentah atau bahan baku. Contoh yang dapat kita temui sehari-hari adalah emas, logam, sayur, buah, tanah dan lain sebagainya. Selain itu, barang setengah jadi juga masuk kedalam jenis produk yang dipasok oleh supplier. Misalnya seperti plastik dan kertas.

Peran Dan Tugas  Seorang Supplier

Supplier merupakan bagian yang terpenting dalam rantai suplai produk berupa barang ataupun jasa kepada masyarakat atau konsumen. Berikut adalah beberapa peran dan tugas supplier, yaitu:

1. Supplier akan memastikan dan menyediakan produk apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan atau pihak lainnya.
2. Supplier akan memastikan bahwa produk yang diterima oleh pembeli masih dalam keadaan baik dan berkualitas.

3. Sebelum produk dikirim kepada pihak pembeli maka tugas seorang supplier adalah mengontrol atau mengatur proses penyimpanan bahan baku terlebih dahulu.
4.  Seorang supplier juga harus memastikan bahwa produk yang telah dibeli akan sampai pada tepat waktu.

Baca juga: Manajemen Perusahaan: Definisi, fungsi, kategori, tugas beserta pembahasan lengkap

Jenis - jenis Supplier

Supplier dapat dibagi menjadi beberapa bagian kecil lagi, yaitu supplier produk barang dan supplier produk jasa. Berikut adalah masing-masing penjelasannya:

1. Supplier produk barang
Dalam hal ini, seorang supplier akan memasok bahan mentah yang kemudian dapat dunakan kembali dengan cara mengolah bahan mentah tersebut menjadi suatu barang jadi yang telah siap untuk dipakai. 

Contoh yang dapat kita gunakan dalam jenis supplier ini, yaitu seperti perusahaan yang bergerak pada bidang pembuatan buku tulis. Dengan demikian, sebuah perusahaan harus mempersiapkan segala bahan seperti kertas, plastik dan lain-lain untuk mendukung usaha yang dijalankannya. 

Untuk memenuhi dan memperiapkan semua bahan tersebut maka perusahaan dapat meminta seorang supplier untuk memasok bahan-bahan yang dibutuhkannya. 

Setiap supplier memiliki produk yang berbeda-beda. Biasanya para perusahaan membutuhkan lebih dari satu supplier.

2. Supplier produk jasa
Berbeda dengan jenis supplier sebelumnya, jenis supplier ini lebih menekankan pada adanya pemasokan bahan baku yang kemudian dapat diubah lagi menjadi sebuah produk jasa yang siap dipakai oleh konsumen.

Contoh yang dapat kita gunakan dalam jenis supplier ini, yaitu adanya perusahaan yang bergerak pada bidang jasa keuangan. Perusahaan tersebut membutuhkan sebuah aplikasi khusus yang dapat memudahkan para pelanggannya dalam mengelola keuangan. 

Pada akhirnya, sebuah perusahaan membutuhkan dan bekerjasama dengan seorang supplier yang dapat menyediakan produk jasa seperti aplikasi yang dibutuhkannya.

Baca juga: Administrasi: Definisi, tujuan, fungsi , ciri-ciri beserta pembahasan lengkap tentang administrasi

Cara kerja Seorang Supplier

Seiring dengan perkembangan jaman, seorang supplier dapat melakukan berbagai macam cara tertentu. Berikut adalah hal-hal yang meliputi cara kerja seorang supplier, yaitu:

1. Menyediakan bahan baku yang dibutuhkan oleh pihak lain. Pada umumnya, seorang supplier dapat menyediakan bahan-bahan tersebut secara individu ataupun kelompok.
2. Menyediakan sejumlah informasi yang berkaitan dengan bahan baku yang dibutuhkan oleh pihak lain. 

3. Seorang supplier juga dapat melakukan kegiatan marketing atau pemasaran secara online maupun offline.
4. Pada umumnya, seorang supplier akan melakukan kerjasama dengan seorang pengusaha. 
5. Supplier harus menjaga agar produk bahan baku dapat tetap dalam keadaan yang baik dan berkualitas dalam jangka waktu tertentu. 

Demikian penjelasan mengenai definisi, ciri-ciri, peran dan tugas, jenis-jenis, cara kerja beserta pembahasan lengkapnya tentang supplier. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.