Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Administrasi: Definisi, tujuan, fungsi , ciri-ciri beserta pembahasan lengkap tentang administrasi

Definisi Administrasi

Secara umum, definisi administrasi adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan ketentuan-ketentuan terhadap kebijakan yang dikeluarkan untuk mewujudkan suatu target organisasi.

Ada yang berpendapat lain bahwa definisi administrasi adalah kegiatan yang menekankan pada sistem ketatausahaan seperti ketik-mengetik, catat-mencatat, pembukuan, surat-menyurat dan lain sebagainya. Ada pula yang berpendapat bahwa administrasi merupakan aktivitas yang dilakukan secara bersama-sama. 

Baca juga: Manajemen Stress: Definisi, tujuan, strategi, tips beserta pembahasan lengkap

Definisi Administrasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi administrasi yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli, yaitu:

1. George R. Terry
Definisi administrasi menurut pendapat beliau adalah kegiatan yang meliputi perencanaan, pengendallian, pengorganisasian dan lain sebagainya. Administrasi dapat dilakukan untuk mencapai suatu target atau tujuan tertentu.

2. Arthur Grager
Definisi administrasi menurut pendapat beliau adalah fungsi yang membuat terlaksananya suaut komunikasi dan pelayanan warkat.

3. Sondang P.Siagian
Definisi administrasi menurut pendapat beliau adalah kerjasama yang terdiri lebih dari satu orang guna mewujudkan tujuan tertentu.

4. Ulbert
Definisi administrasi menurut pendapat beliau adalah data informasi yang disusun dan dicatat secara sistematis. Dengan demikian maka seseorang atau kelompok tertentu akan mudah untuk melihatnya kembali.

5. Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson
Definisi administrasi menurut pendapat Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson adalah suatu unit yang terdapat didalam ilmu manajemen. Ilmu tersebut mencakup hal-hal yang berkaitan dengan efisiensi dalam melakukan pekerjaan dan lain sebagainya.

Baca juga: Manajemen Organisasi: Definisi, tujuan, fungsi manajemen organisasi dan pembahasan lengkap

Unsur - unsur Administrasi

Berikut adalah 8 unsur administrasi yang dikemukakan oleh The Liang Gie. Simak dibawah ini:

1. Organisasi: Organisasi merupakan suatu wadah bagi sistem administrasi tersebut.
2. Manajemen: Manajemen merupakan alat yang digunakan dalam sistem administrasi. Terdapat 3 bagian utama manajemen, yaitu top management, middle management dan lower management.

3. Komunikasi: Administrasi dapat mengendalikan pola yang terjadi dalam suatu hubungan komunikasi yang dilakukan oleh satu departement dengan yang lainnya. Contohnya seperti surat atau warta.
4. Kepegawaian: Kepegawaian sangat berkaitan erat dengan penggunaan tenaga kerja. Hal-hal yang meliputinya adalah penerimaan, penempatan pada posisi yang dibutuhkan, pendayagunaan serta PHK.

5. Keuangan: Dengan adanya unsur keuangan ini maka administrasi dapat memperoleh sejumlah dana dan lain sebagainya.
6. Perbekalan: Dalam unsur ini, seseorang bekerja pada bidang administrasi akan mencoba menganalisa barang yang diperlukan atau bahkan tidak sama sekali. Hal-hal yang meliputi unsur pembekalan ini adalah pengadaan, penyimpanan serta penyingkiran barang.

7. Tata usaha: Tata usaha mencakup hal-hal yang berkaitan dengan catat-mencatat, simpan-menyimpan serta kirim-mengirim.
8. Public relation: Berbeda dengan unsur lainnya, unsur public relation ini lebih menekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan konsumen.

Baca juga: Manajemen Komunikasi: Definisi, tujuan, fungsi beserta contoh dan pembahasan lengkap

Ciri - ciri Administrasi

Berikut adalah beberapa ciri-ciri administrasi. Simak dibawah ini:
1. Administrasi telah mempersiapkan arah dan tujuan yang jelas
2. Administrasi memiliki sejumlah unit sumber daya manusia yang memadai
3. Administrasi sangat mengedepankan nilai kerjasama sebuah team
4. Dalam pelaksanaannya, administrasi membutuhkan suatu proses dan usaha untuk mewujudkan target sasarannya.
5. Administrasi memiliki sistem yang ketat seperti pengawasan, bimbingan serta kepemimpinan.

Fungsi Administrasi

Berikut adalah beberapa fungsi administrasi. Simak dibawah ini:

1. Perencanaan
Administrasi sangat dibutuhkan dalam fungsi perencanaan. Mengapa demikian? Karena didalam administrasi terdapat suatu proses pengumpulan data, pengolahan data serta rencana yang akan disusun.

2. Penyusunan
Dengan adanya unsur ini maka hubungan komunikasi antar satu dengan yang lain dapat terjaga dengan baik sehingga sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dapat mudah dicapai.

3. Koordinasi
Dengan adanya fungsi koordinasi ini maka hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekacauan, bentrok dan lain sebagainya dapat terhindar. Mengapa demikian? Karena fungsi koordinasi lebih menekankan kepada adanya persatuan, menghubungkan dan menyesuaikan antara para pekerja yang satu dengan yang lainnya sehingga mereka dapat melakukan kerjasama yang baik.

4. Laporan
Dengan adanya fungsi ini maka kita dapat mengetahui apa saja yang menjadi perkembangan saat ini, bagaimana hasil dari kegiatan yang telah dilakukan. Biasanya para petugas administrasi memiliki sejumlah catatan dari pejabat tertentu.

5. Penyusunan anggaran
Segala keuangan atau anggaran yang dimiliki oleh sebuah organisasi akan disusun sedemikian rupa. Penyusunan tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

6. Penempatan
Berbeda dengan fungsi lainnya, fungsi penempatan ini sangat berkaitan dengan suatu sumber daya baik manusia maupun alam yang dimiliki oleh organisasi tertentu. Hal-hal yang meliputi fungsi ini adalah rekruitmen, perlengkapan serta pengembangan.

7. Pengarahan atau bimbingan
Dalam mewujudkan tujuan organisasi maka petugas administrasi perlu melakukan pengarahan atau bimbingan kepada anggota-anggotanya. Para petugas dapat memberi saran, perintah, bimbingan dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, tujuan, fungsi , ciri-ciri beserta pembahasan lengkap tentang administrasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.