Manajemen Strategi: Definisi, tujuan, manfaat serta pembahasan lengkap tentang manajemen strategi

Definisi Manajemen Strategi

Secara umum, definisi manajemen strategi adalah rangkaian dalam proses pengambil keputusan yang bertujuan untuk mewujudkan apa yang diinginkan oleh organisasi tertentu. Proses tersebut biasanya bersifat menyeluruh  seperti penetapan-penetapan tertentu yang ditentukan oleh pimpinan serta bagaimana penerapannya, apakah telah dirasakan oleh semua anggota organisasi atau belum sama sekali.

Ada yang berpendapat lain bahwa definisi manajemen strategi adalah suatu seni atau ilmu pengetahuan yang digunakan untuk merumuskan, mengimplementasikan serta mengevaluasi apa saja yang menjadi kebijakan dalam lintas fungsional.

Manajemen strategi menekankan kepada adanya suatu proses dalam menetapkan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi, mengembangkan apa yang telah diputuskan secara bersama dan lain sebagainya.

Kita tahu bahwa strategi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan, terutama dalam dunia perbisnisan. Oleh karena itu, strategi harus direncanakan sedemikian rupa agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Manajemen Stress: Definisi, tujuan, strategi, tips beserta pembahasan lengkap

Definisi Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi manajemen strategi yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli. Simak dibawah ini:

1. J. David Hunger
Definisi manajemen strategi menurut pendapat beliau adalah sekumpulan keputusan yang telah ditetapkan serta tindakan-tindakan yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

2. Thomas Wheelen dan Co
Definisi manajemen strategi menurut pendapat Thomas Wheelen dan Co (2010) adalah sekumpulan keputusan yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

3. Nawawi
Definisi manajemen strategi menurut pendapat beliau adalah sebuah kegiatan yang direncanakan dalam skala yang tidak tanggung-tanggung guna mewujudkan apa yang menjadi tujuannya dimasa yang akan datang.

4. Bambang Haryadi
Definisi manajemen strategi menurut pendapat Bambang Haryadi (2003) adalah proses yang telah disusun sedemikian rupa hingga menghasilkan sebuah visi dan misi yang jelas bagi organisasi.

5. Mulyadi
Definisi manajemen strategi menurut pendapat Mulyadi (2001) adalah kerjasama yang dilakukan antara seorang manajer dan pegawai guna membentuk suatu strategi yang akan berguna bagi visi yang telah ditentukan oleh sebuah organisasi.

Baca juga: Manajemen Organisasi: Definisi, tujuan, fungsi manajemen organisasi dan pembahasan lengkap

Tujuan Manajemen Strategi

Berikut adalah beberapa tujuan utama manajemen strategi. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Memberikan pengarahan
Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa seorang manajer akan memberikan arahan kepada semua pekerja agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan perannya masing-masing. Dengan demikian, organisasi akan mewujudkan tujuannya dengan mudah.

2. Menjaga kepentingan
Pada penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa strategi sangat penting bagi sebuah perusahaan atau pun organisasi tertentu. Oleh sebab itu, seorang manajer harus mempersiapkan strateginya sedemikian rupa. Selain itu, manajer juga harus melindungi beberapa kepentingan yang dimiliki oleh pihak tertentu.

3. Mengantisipasi perubahan yang terjadi
Dengan adanya manajemen ini maka seorang manajer dapat mencegah adanya perubahan yang terjadi serta mempersiapkan apa saja yang harus dikendalikan dalam kejadian tersebut.

4. Efektivitas dan efisiensi waktu
Seorang manajer diharuskan untuk melaksanakan setiap tugasnya dengan efektif dan se-efisien mungkin karena hal tersebut dapat memudahkan segalanya.

Baca juga: Manajemen Personalia: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas serta Pembahasan Lengkap

Manfaat Manajemen Strategi

Berikut adalah beberapa manfaat dalam manajemen strategi. Simak penjelasannya dibawah ini:

Dapat menghasilkan suatu keputusan atau kebijakan yang baik dan sejalan dengan apa yang diinginkan oleh organisasi.
Meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Meningkatkan motivasi dan kepahaman terkait kegiatan produktivitas.
Peka terhadap apa yang menjadi ancaman bagi organisasi yang mereka jalankan.

Proses yang dilakukan dalam organisasi jauh lebih efektif dan efisien.
Mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi.
Dan lain-lain

Proses Dalam Membentuk Sebuah Manajemen Strategi

1. Proses Perencanaan
Merencanakan atau merumuskan strategi yang sejalan dengan sasaran organisasi. Dalam proses ini, seorang manajer perlu melakukan analisis terlebih dahulu dengan menggunakan sistem SWOT.

2. Proses Penerapan
Setelah semua strategi disusun, kemudian seorang manajer akan mencoba untuk menerapkannya dengan cara membuat struktur organisasi, sistem pendistribusian, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan lain sebagainya.

3. Proses Evaluasi
Perubahan pasti terjadi disetiap elemen tertentu. Oleh sebab itu seorang manajer diharuskan untuk dapat melakukan evaluasi secara berkala agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan oleh sebuah organisasi.

Demikian penjelasan mengenai definisi, tujuan, manfaat serta pembahasan lengkap tentang manajemen strategi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.