Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Banner (Spanduk): Definisi, fungsi, tujuan, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang banner

Definisi Banner

Secara umum, definisi banner adalah salah satu media informasi yang digunakan untu melakukan promosi tertentu seperti penjualan suatu produk atau bahkan hal-hal yang harus diketahui oleh masyarakat umum.

Ada yang mengatakan bahwa banner merupakan media publik yang berbentuk cetakan dengan dengan ukuran yang telah ditentukan. Pada umumnya, banner dapat berbentuk portrait atau bahkan vertikal, hal tersebut tergantung kepada apa yang di inginkan oleh seseorang. 

Sebelum banner dicetak, maka seseorang perlu mendesainnya terlebih dahulu. Alat yang digunakan bisa seperti komputer dan software tertentu. Contoh alat desain yang sudah tidak asing lagi didengar yaitu aplikasi Adobe Photoshop dan CorelDraw. 

Selain itu, kita juga sering melihat banner ini pada sebuah blog atau website tertentu. Jenis banner tersebut membutuhkan link aktif yang dapat mengarahkan user kepada website yang dipromosikan.

Baca juga: Manajemen Pers: Definisi, bagian-bagian manajemen pers dan pembahasan lengkapnya

Definisi Banner Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi banner yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Rachmat Kriyantono
Definisi banner menurut pendapat beliau adalah suatu bentuk dari penerapan komunikasi yang bersifat non personal. Komunikasi tersebut berisikan sebuah informasi mengenai produk yang dibutuhkan oleh para konsumen.

2. Darmadi Durianto
Definisi banner menurut pendapat beliau adalah proses komunikasi yang didalamnya terdapat tindakan seperti membujuk seseorang agar mau membeli dan menggunakan produk yang dihasilkan. Tindakan tersebut diaplikasikan melalui sebuah banner yang mempromosikan produk-produk itu sendiri.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Definisi banner yang dijelaskan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah media promosi yang menyediakan sejumlah berita atau pesan yang diperuntukan bagi para konsumen. Segala informasi tersebut akan dijadikan sebagai bahan promosi untuk berdagang dan lain sebagainya.

4. Wikipedia
Definisi banner web yang pernah dijelaskan oleh Wikipedia adalah iklan yang terhubung pada suatu jaringan internet. Pada umumnya, iklan tersebut dapat kita lihat pada suatu halaman blog atau website tertentu.

Baca juga: Dokumentasi: Definisi, tujuan, peranan, fungsi dan macam - macam dokumentasi

Fungsi dan Tujuan Banner

Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa banner merupakan media pemasaran yang dibentuk sebagai bentuk promosi, iklan, publikasi dan lain sebagainya. Media pemasaran tersebut kemudian dijadikan sebagai fungsi daripada banner itu sendiri. Sedangkan tujuannya adalah membuat para konsumen agar tertarik dengan iklan atau promosi yang di pasang. 

Merujuk pada penjelasan mengenai banner diatas, berikut adalah beberapa fungsi lainnya yaitu:

1. Media informasi: Banner dipasang dengan sejumlah media informasi sehingga hal tersebut dapat memberikan ke-efektivitasan pada suatu kegiatan yang dilakukannya tersebut.

2. Media promosi: Tidak berbeda jauh dengan fungsi sebelumnya, fungsi media promosi ini juga sangat efektif bagi pemasangan banner. Hal yang harus diperhatikan adalah pemasangan banner itu sendiri, pemasangan banner harus diletakan dalam posisi yang benar-benar strategis.

3. Identitas: Tahukah anda bahwa sebuah banner yang berada pada sebuah website atau blog merupakan suatu identitas tersendiri? Identitas tersebut yang kemudian akan memberikan kemudahan masyarakat dalam mengingat suatu produk dan lain-lain yang di promosikan.

Baca juga: Prinsip Komunikasi Efektif REACH

Jenis - jenis Banner

Berikut adalah jenis-jenis banner yang dapat dikategorikan berdasarkan ukuran dan bentuknya . Simak penjelasannya berikut ini:

A. Berdasarkan ukurannya

Jenis banner ini dapat dibedakan menjadi beberapa bagian kecil lagi, yaitu berdasarkan ukuran standar dan ukuran banner dan buttons.

1. Ukuran standar
Pada umunya, jenis ukuran ini digunakan oleh seseorang yang memiliki kepentingan tertentu seperti window pop up dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh ukuran standar yang ada pada banner:
• Medium rectangle – 300 x 250 IMU/ Pixel
• Square pop up – 250 x 250 IMU./ Pixel
• Vertical rectangle – 240 x 400 IMU/ Pixel
• Large rectangle – 336 x 280 IMU/ Pixel
• Rectangle – 180 x 150 IMU/ Pixel

2. Ukuran banner dan buttons
Berbeda dengan jenis ukuran sebelumnya, jenis ini lebih umum digunakan pada website tertentu. Contoh ukuran yang sering digunakan pada jenis banner yang satu ini, yaitu:

• Full banner – 468 x 60 IMU/ Pixel
• Half banner – 234 x 60 IMU/ Pixel
• Micro Bar – 88 x 31 IMU/ Pixel
• Button 1 – 120 x 90 IMU/ Pixel
• Button 2 – 120 x 60 IMU/ Pixel
• Vertical banner – 120 x 240 IMU/ Pixel
• Suara button – 125 x 125 IMU/ Pixel
• Leaderboard – 728 x 90 IMU/ Pixel

B. Berdasarkan bentuknya

Terdapat beberapa jenis banner yang berdasarkan atas bentuk suatu banner, yaitu bentuk x-banner, mini x-banner dan roll banner. Simak penjelasan berikut ini:

1. X-Banner
Apabila anda sering melihat banner yang berbentuk huruf X maka hal itu dapat disebut sebagai X-Banner. Biasanya, X-Banner memiliki 2 tiang penyangga yang terbuat dari aluminium yang lebih ringan. Hal tersebut bertujuan agar seseorang dapat membawa banner tersebut dengan mudah dan nyaman.

2. Mini X-Banner
Tak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, hanya saja ukuran pada jenis banner ini lebih kecil dibanding yang sebelumnya. 

3. Roll Banner
Sesuai namanya, jenis banner ini berbentuk roll atau gulungan. Penggunaan banner jenis ini juga sangat memudahkan bagi seseorang yang membutuhkannya.

Demikian penjelasan artikel mengenai definisi, fungsi, tujuan, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang banner. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.