Manajemen Pers: Definisi, bagian-bagian manajemen pers dan pembahasan lengkapnya

Definisi manajemen pers

Apa yang dimaksud dengan manajemen pers? Mari kita simak definisinya secara satu persatu. Definisi manajemen adalah upaya yang dilakukan untuk mengelola kegiatan sesuatu sedangkan pers adalah lembaga yang memiliki tugas untuk menerbitkan berbagai macam informasi melalui media cetak seperti majalah, surat kabar dan lain-lain.

Jadi, definisi manajemen pers adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mengelola atau mengatur berbagai macam informasi melalui media cetak. Dalam prosedur manajemen tersebut terdapat 4 komponen utama yang harus anda ketahui, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian media massa.

Baca juga: Manajemen konflik: Definisi, tujuan dan manfaat, strategi dan bentuk manajemen konflik


Bagian - bagian Manajemen Pers

Seperti pada penjelasan diatas bahwa manajemen pers memiliki 4 bagian utama yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Simak masing-masing penjelasannya dibawah ini:

1. Perencanaan
Perencanaan merupakan bagian yang membutuhkan adanya sumber daya manusia (SDM) dan sarana prasarana yang memadai. Apabila kedua hal tersebut tidak ada maka kegiatan pers tidak dapat berjalan sesuai harapan. 
Segala strategi harus direncanakan dengan sangat matang dalam bagian perencanaan ini, termasuk bagaimana suatu pers dapat membuat, menjual atau bahkan menyalurkan produk-produknya ke tangan konsumen.

2. Pengorganisasian
Redaksi, tata usaha / pemasaran dan produksi / percetakan merupakan unsur-unsur yang terdapat didalam sebuah pers. Ketiga unsur tersebut harus diorganisasikan dengan baik mengingat bahwa masing-masing unsur memiliki job description yang berbeda-beda. 

3. Pelaksanaan
Dalam bagian ini, semua rencana dan strategi yang telah dibuat harus dapat direalisasikan dengan baik mengingat bahwa bagian ini merupakan bagian yang sangat menentukan keberhasilan bagi usaha yang dijalankan. Fokus terhadap tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Pengendalian
Kita semua tahu bahwa kebebasan pers terdapat didalam sebuah undang-undang. Maka dari itu, usaha yang dijalankan harus tetap berdasar pada ketentuan yang berlaku. Selain itu, pengendalian ini juga dapat mempertahankan usaha tersebut.

Media massa yang dapat diterima oleh masyarakat dengan baik merupakan hal yang sangat penting. Tak hanya itu, namun juga tidak mengganggu keamanan nasional dan hal-hal yang merugikan lainnya seperti perpecahan dan lain sebagainya.

Baca juga: Manajemen Kampanye: Definisi, langkah-langkah, macam-macam serta pembahasan lengkapnya


Etika Bisnis Media Massa Dalam Manajemen Pers

Dari penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa manajemen pers adalah upaya yang dilakukan untuk mengatur atau mengelola berbagai macam informasi melalui media cetak atau media massa. Disisi lain, manajemen pers juga harus memperhatikan etika-etika tertentu. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Memberikan informasi yang benar
Segala informasi yang ingin disampaikan dalam media massa harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Namun sayangnya, kita seringkali melihat media massa yang bertindak kadang melebih-lebihkan informasi. Disisi lain, masyarakat kini telah mampu untuk membedakan mana media massa yang baik dan mana media massa yang tidak memiliki kredibilitas.

2. Informasi sebagai bahan diskusi
Segala informasi yang dihadirkan seharusnya dapat dijadikan sebagai bahan diskusi sehingga masyarakat dapat memberikan kritik, saran dan juga bertukar pendapat antar satu dengan yang lainnya tanpa menimbulkan perselisihan. Kita dapat berdiskusi mengenai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, masalah kesehatan dan lain sebagainya.

3. Media massa harus netral 
Dalam hal ini, media tidak diperbolehkan untuk memihak salah satu pihak saja. Kehadirannya harus dapat menjadi media massa yang berguna bagi bangsa dan negara. Disisi lain, media massa juga harus menghindari tindakan-tindakan yang dapat menimbulkan masalah perpecahan. 

4. Media massa sebagai sarana edukasi
Informasi yang disalurkan melalui media massa dapat dijadikan sebagai bahan edukasi bagi masyarakatnya. Informasi yang diberikan pun juga harus dapat dipertanggungjawabkan oleh media tersebut. 

5. Menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat
Informasi merupakan suatu hal yang penting bagi masyarakat, oleh sebab itu media massa harus memuat atau menyediakan informasinya sebaik mungkin. Ada banyak masyarakat yang memanfaatkan media massa ini untuk dapat hidup lebih baik dari sebelumnya misalnya dalam bidang ekonomi.

Baca juga: Manajemen Media Online: Definisi, ruang lingkup, peranan, manfaat dan alat-alat manajemen online

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, bagian-bagian manajemen pers dan pembahasan lengkap tentang manajemen pers. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya dan terimakasih telah membaca.