Analisis Data: Definisi, tujuan, jenis-jenis serta prosedur dan pembahasan lengkap

Definisi Analisis Data

Secara umum, definisi analisis data adalah bagian dari proses untuk mengubah data menjadi informasi yang baru. Dengan kata lain, segala karakteristik data yang ada diubah agar kita mudah memahaminya secara keseluruhan sehingga apabila terjadi suatu masalah maka kita juga akan mudah untuk mencarikan solusi yang terbaik.

Ada yang berpendapat lain bahwa definisi analisis data merupakan proses dari kegiatan penelitian tertentu. Kegiatan tersebut kemudian akan menghasilkan suatu data yang kemudian diolah lagi menjadi suatu informasi terpadu sehingga menghasilkan suatu kesimpulan dari kegiatan tersebut.

Merujuk dari penjelasan diatas, tujuan analisis data adalah agar kita dapat memahami data dengan mudah sehingga kita juga dapat mengambil kesimpulan dari kegiatan yang telah kita lakukan. Biasanya, kesimpulan dapat kita peroleh dari hasil sampel yang sesuai dengan uji hipotesis atau dugaan.

Baca juga: Manajemen produksi: Definisi, fungsi, ruang lingkup, dan aspek-aspek yang terdapat didalamnya

Definisi Analisis Data Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi analisis data yang pernah dijelaskan oleh para ahli, salah satunya adalah Taylor. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Lexy J. Moleong
Definisi analisis data menurut pendapat Lexy J. Moleong (2002) adalah proses yang terdiri dari pengaturan data dan pengorganisasian dalam suatu pola, kategori atau bahkan uraian tertentu.

2. Taylor
Definisi analisis data menurut pendapat Taylor (1975) adalah pengrucutan suatu proses yang digunakan agar seseorang dapat menentukan tema dan membentuk suatu hipotesis atau ide tertentu.

Jenis - jenis Analisis Data

Sebuah analisis data memiliki 2 jenis yang berbeda. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Analisis data secara deskriptif
Jenis ini menekankan pada hal teknik analisisnya. Teknik tersebut kemudian dapat kita gunakan sebagai analisis data yang berbentuk sebuah gambaran atau deskriptif. Jadi, seseorang sudah tidak perlu membuat generalisasinya lagi dan hanya perlu menggambarkan analisis data yang dimilikinya.

Semua data yang didapatkan dari hasil penelitian dapat kita sajikan kedalam bentuk grafik, tabel, presentasi, frekuensi, diagram dan lain sebagainya.

2. Analisis data secara inferensial
Tak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis analisis data secara inferensial ini juga menekankan kepada hal teknik analisisnya. Namun jenis ini menggunakan teknik yang berupa statistik untuk menganalisis data yang dimilikinya serta berlakunya kesimpulan pada hasil penelitian.

Semua data yang dihitung dengan menggunakan rumus statistik akan menjadi sebuah acuan untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian sampel.

Baca juga: Manajemen Administrasi: Definisi, tujuan, fungsi, tugasnya serta pembahasan lengkapnya

Langkah dan Prosedur Analisis Data

Untuk dapat menganalisis data maka seseorang harus memperhatikan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Pengumpulan data: Pengumpulan data merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan kegiatan penelitian. Segala data yang dibutuhkan dalam kegiatan penelitian akan dikumpulkan untuk mendukung hasil kesimpulan yang akan kita lakukan nantinya.

2. Mengklasifikasi atau identifikasi: Segala data variabel yang telah dikumpulkan kemudian akan diindentifikasi dan dibedakan menurut pengklasifikasian yang telah ditentukan oleh si peneliti.

3. Pengujian: Pada langkah ini, semua data validitas maupun reabilitas akan diuji kualitasnya.

4. Mendeskripsikan data: Langkah selanjutnya adalah mendeskripsikan segala data-data yang telah dikumpulkan dalam bentuk tabel frekuensi atau diagram tertentu. Langkah ini bertujuan agar kita lebih mudah untuk memahami dan mendeskripsikan hasil data sampel yang telah dilakukan.

5. Uji hipotesis: Uji hipotesis merupakan langkah terakhir dari suatu analisis data. Didalamnya terdapat pernyataan mengenai diterima atau ditolaknya hasil penelitian dan lain sebagainya.

Baca juga: Administrasi Pembangunan: Definisi, ruang lingkup, fungsi, tujuan serta pembahasan lengkapnya.

Manfaat Melakukan Analisis Data

Suatu kegiatan yang ingin kita lakukan pasti memiliki alasan-alasan tertentu. Tak terkecualikan pada kegiatan yang satu ini, yaitu analisis data. Mengapa kita harus melakukannya? Karena kita ingin mendapatkan sejumlah manfaat yang bisa dirasakan, khususnya untuk kegiatan penelitian data. Lalu apa saja manfaat-manfaat tersebut? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

1. Hasil data yang kita ukur menjadi sangat jelas
2. Kegiatan untuk mengidentifikasi data juga menjadi lebih realible dari sebelumnya
3. Analisis data juga membuat kita menjadi semangat untuk mengidentifikasi hal-hal lain yang berkaitan dengan proses penelitian
4. Memudahkan kita dalam mengambil keputusan terkait karena analisis data dapat dilihat secara visual
5. Dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara mengidentifikasi masalah atau ancaman yang mungkin akan terjadi

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, tujuan, jenis-jenis serta prosedur dan pembahasan lengkap tentang analisis data. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. terimakasih telah membaca.