Kamis, 22 Agustus 2019

Statistik: Definisi, tujuan, fungsi dan jenis-jenis statistik

Definisi Statistik

Secara umum, definisi statistik adalah rangkaian data yang terdiri dari berbagai macam bentuk angka. Pada umumnya, data tersebut akan disusun melalui gambaran tabel atau diagram tertentu.

Ada yang berpendapat lain bahwa statistik adalah rangkaian metode dan aturan-aturan yang berkaitan dengan analisis dan lain sebagainya. Di dalamnya terdapat angka-angka yang menjelaskan hasil penelitian yang telah dilakukan.
Definisi statistik secara etimologi yaitu istilah yang diambil dari bahasa latin “status”, kita dapat menafsirkannya sebagai suatu negara atau hal lain yang masih berhubungan dengan ketatanegaraan.

Statistik dapat dilakukan disegala bidang mulai dari bidang ekonomi, bisnis, manufaktur dan lain sebagainya. Tahukah anda bahwa statistik dapat memudahkan seseorang atau kelompok tertentu dalam mengambil suatu keputusan.

Baca juga: Efisien: Definisi, tujuan dan manfaat, syarat serta pembahasan lengkap tentang efisien

Definisi Statistik Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa ahli yang pernah menjelaskan mengenai definisi statistik. Simak berikut ini:

1. Prof. Dr. Sudjana, M. A., M. Sc.
Definisi statistik menurut pendapat beliau adalah pengetahuan yang didasarkan atas adanya data dan analisis. Didalamnya terdapat suatu proses seperti kegiatan mengumpulkan data, mengolah data, menarik kesimpulan atas kegiatan yang telah dilakukan dan lain sebagainya.

2. Aderson dan Bancroft
Definisi statistik menurut pendapat Anderson dan Bancroft adalah ilmu dan seni yang terdiri dari pengumpulan, pentabulasian dan interpretasi.

3. Prof. Dr. H. Agus Irianto
Definisi statistik menurut pendapat beliau adalah suatu cara yang terdiri dari pengumpulan, analisis, penarikan kesimpulan yang menggunakan data berbentuk angka.

4. Anto Dajan
Definisi statistik menurut pendapat beliau adalah data yang berbentuk kuantitatif dan kemudian akan disusun atau dirubah menjadi tabel tertentu.

5. Croxton dan Cowden
Definisi statistik menurut pendapat beliau adalah suatu metode yang terdiri dari beberapa proses seperti pengumpulan, pengelolaan, penyajian serta interpretasi suatu data berupa angka.

Baca juga: Manajemen Keuangan: Definisi, ruang lingkup, fungsi, tujuan beserta pembahasan lengkapnya

Tujuan Statistik

Berikut adalah beberapa tujuan utama yang terdapat pada statistik, yaitu:
1. Dengan adanya statistik maka akan memudahkan dalam menggambarkan atau menjelaskan populasi yang sedang diteliti.
2. Estimasi dapat dibentuk dengan optimal, baik berupa nilai yang tidak diketahui maupun diketahui
3. Dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan tertentu
4. Membantu memahami jumlah populasi yang luas namun memiliki ukuran yang agak kecil.

Fungsi Statistik

Dalam pelaksanaannya, statistik memiliki 2 fungsi utama yaitu fungsi deskriptif dan inferensial. simak Penjelasannya berikut ini:

1. Fungsi deskriptif
Dengan adanya fungsi ini maka penelitian yang kita ambil dapat dipaparkan melalui gambaran serta penjelasan mengenai data dan kejadian tertentu. Selain itu, fungsi ini juga jauh dari kata kesimpulan. Dengan kata lain, fungsi ini belum sampai pada kegiatan menyimpulkan hasil penelitian.

2. Fungsi Inferensial
Berbeda dengan fungsi sebelumnya, fungsi ini lebih digunakan ketika seseorang ingin memperkirakan dan mengendalikan segala populasi data, gejala dan berbagai macam kegiatan yang ada pada kegiatan penelitian tersebut. Pada umumnya, suatu estimasi dan hipotesis sudah mulai dikemukakan pada fungsi ini.

Baca juga: Perencanaan: Definisi, fungsi, tujuan, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang perencanaan

Jenis - jenis Statistik

Berikut adalah beberapa jenis statistik yang harus anda ketahui, yaitu:

1. Jenis statistik berdasarkan orientasi
Jenis ini kemudian dapat dibagi lagi menjadi dua bagian yang berbeda yaitu statistik matematika dan statistik terapan. Simak penjelasannya berikut ini:

Statistik Matematika: Hal-hal yang dibahas dalam statistika ini adalah tentang rumus, model, penurunan konsep dan lain sebagainya. Contoh yang dapat kita ambil dalam kehidupan sehari-hari yaitu uji normalitas, galat dan lain sebagainya.

Statistik Terapan: Berbeda jauh dengan statistik yang sebelumnya, statistik ini lebih membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan konsep, teknik dan penerapan suatu ilmu tertentu.

2. Jenis statistik berdasarkan fase dan tujuan
Jenis ini kemudian dapat dibagi lagi menjadi dua bagian yang berbeda yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Simak penjelasannya berikut ini:

Statistik deskriptif: Jenis statistika ini lebih menekankan kepada hal-hal yang berkaitan dengan pengolahan, analisis serta penyajian suatu data. Pada umumnya statistika ini tidak menyertakan kesimpulan pada hasil penelitiannya.

Statistik inferensial: Berbanding terbalik dengan jenis statistik sebelumnya, kemungkinan besar jenis ini akan menyertakan kesimpulan terhadap hasil data.

3. Jenis statistik berdasarkan asumsi distribusi populasi data
Jenis ini kemudian dapat dibagi lagi menjadi dua bagian yang berbeda yaitu statistik parametik dan statistik non parametik. Simak penjelasannya berikut ini:

Statistik parametik: Didalam jenis statistik ini terdapat suatu model distribusi yang bersifat normal.

Statistik non parametik: Berbeda dengan jenis statistik sebelumnya, jenis ini lebih menekankan kepada penggunaan model distribusi yang bersifat bebas atau bahkan tidak sama sekali.

4. Statistik berdasarkan jumlah variabel terikat
Jenis ini kemudian dapat dibagi lagi menjadi dua bagian yang berbeda yaitu statistik univariat dan statistik multivariat. Simak penjelasannya berikut ini:

Statistik univariat: Sesuai dengan namanya yaitu “uni” yang berarti tunggal. Dengan kata lain, statistika ini hanya mampu memiliki satu variabel terikat saja.

Statistika mulivariat: Berbanding terbalik dengan jenis sebelumnya, jenis multivarat ini lebih menekankan pada adanya lebih dari satu variabel terikat

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, tujuan, fungsi dan jenis-jenis statistik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya dan terimakasih telah membaca.


Loading...