Rabu, 21 Agustus 2019

Perencanaan: Definisi, fungsi, tujuan, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang perencanaan

Definisi Perencanaan

Secara umum. definisi perencanaan adalah hal-hal yang ditentukan guna mewujudkan sasaran yang ingin dicapai pada waktu masa yang akan datang. Selain itu, didalam perencanaan terdapat suatu proses atau tahapan yang mendukung atas keinginan sebelumnya.

Ada yang berpendapat lain bahwa definisi perencanaan adalah suatu tujuan yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Didalam pencapaian tujuan-tujuan tersebut terdapat suatu proses atau kegiatan yang telah terkoordinasi sebelumnya.

Dengan kata lain, perencanaan memiliki sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan menentukan tahapan yang yang akan dilakukan, mengukur kapasitas, melakukan penelitian dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang paling penting dalam suatu manajemen adalah perencanaan. Mengapa demikian? Karena perencanaan merupakan tahap awal dalam suatu  kegiatan tertentu. Jadi, untuk memulai suatu kegiatan maka seseorang perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu.

Baca juga: Sistem Manajemen Informasi: Definisi, fungsi, tujuan dan manfaat, contoh sistem manajemen informasi beserta pembahasan lengkap

Definisi Perencanaan Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi perencanaan yang pernah dikemukakan oleh beberapa ahli. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Erly Suandy
Definisi perencanaan menurut Erlu Suandy (2001:2) adalah proses yang berkaitan dengan penentuan arah suatu organisasi. Proses tersebut tentunya menggunakan beberapa strategi serta taktik yang digunakan dalam mewujudkan sasaran atau tujuan tertentu.

2. Becker
Definisi perencanaan menurut Becker (2008:339) adalah suatu cara yang dipersiapkan untuk masa yang akan datang. Cara tersebut dapat bersifat rasional.

3. Alder
Definisi perencanaan menurut pendapat Alder (2008:39) adalah proses yang didalamnya terdapat sebuah keinginan di masa depan lalu kemudian mulai dengan menetapkan apa saja tahapan yang akan dilakukannya.

4. Douglas
Definisi perencanaan menurut pendapat beliau adalah proses yang bersifat berkelanjutan. Proses tersebut berasal dari hasil penelitian, penetapan target sasaran, implementasi serta proses evaluasi suatu kegiatan.

5. Steiner
Definisi perencanaan menurut pendapat beliau adalah suatu proses yang berhubungan dengan batas strategi, sasaran, keputusan, dan lain sebagainya.

Baca juga: ISO (The International Organization for Standardization): Definisi, tujuan dan manfaat, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang ISO

Fungsi Perencanaan

Pada umumnya, fungsi perencanaan ini dapat memudahkan seseorang atau kelompok tertentu dalam mengambil keputusan atau kebijakan tertentu. 

Tahukah anda bahwa didalam suatu proses perencanaan terdapat 5W + 1H? Istilah tersebut harus digunakan oleh seorang manajer dalam membuat suatu perencanaan.

What: Apa tujuan atau sasaran target yang ingin dicapai?
Why: Kenapa hal itu dapat dijadikan sebagai tujuan yang ingin dicapai?
Where: Dimana letak tempat yang dirasa paling sesuai untuk mendukung pencapaian sasaran atau tujuan tertentu?

When: Kapan kegiatan atau tugas-tugas tersebut harus diselesaikan?
Who: Siapa yang berhak untuk melakukan pekerjaan yang sejalan dengan tujuan?
How: Bagaimana cara agar kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan arah dan tujuan organisasi?

Dengan demikian maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa perencanaan sangat berfungsi bagi pencapaian kegiatan yang efektif dan efisien sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang menjadi hambatan atau penyimpangan yang terjadi dalam proses kegiatan tersebut.

Baca juga: Manajemen Operasional: Definisi, fungsi dan ruang lingkup manajemen operasional

Tujuan Perencanaan

Satu organisasi dengan organisasi lainnya memiliki tujuan yang berbeda-beda sehingga proses perencanaannya pun juga berbeda. Berikut adalah tujuan umum yang terdapat dalam sebuah perencanaan, yaitu:

Mencegah adanya perubahan yang terjadi dalam suatu kegiatan
Mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang terjadi
Mudah dalam menjalankan koordinasi antara satu unit dengan unit lainnya

Mencegah terjadinya pemborosan dalam melaksanakan tugas atau kegiatan tertentu
Menetapkan standar kerja
Dan lain-lain

Jenis - jenis Perencanaan

Pada umumnya, perencanaan memiliki 3 jenis bagian yang dapat dibedakan atas berdasarkan ruang lingkup, tingkatan dan berdasarkan jangka waktunya. Simak penjelasannya berikut ini

1. Berdasarkan ruang lingkup
Jenis perencanaan yang berdasarkan atas ruang lingkup ini dapat dipecah lagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Rencana strategis: Didalam rencana strategis ini terdapat pembahasan mengenai kebijakan jangka panjang serta waktu pelaksanaan dalam jangka waktu yang lama.
Rencana taktis: Berbanding terbalik dengan jenis perencanaan sebelumnya. Pada perencanaan yang satu ini hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan jangka pendek.
Rencana terintegrasi: Sesuai dengan namanya, jenis rencana yang satu ini lebih menyeluruh atau terintegrasi.

2. Berdasarkan tingkatan
Jenis perencanaan yang berdasarkan atas tingkatan ini dapat dipecah lagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Rencana induk: Jenis perencanaan ini lebih menekankan kepada hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan organisasi.
Rencana operasional: Jenis perencanaan ini lebih menekankan kepada hal-hal yang berkaitan dengan petunjuk dalam melakukan program tertentu.
Rencana harian: Jenis perencanaan ini lebih menekankan kepada hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari.

3. Berdasarkan jangka waktu
Jenis perencanaan yang berdasarkan atas jangka waktu ini dapat dipecah lagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Rencana jangka panjang: Rencana yang dibuat dengan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 10 hingga 25 tahun.
Rencana jangka menengah: Rencana yang dibuat dengan waktu sekitar 5 hingga 7 tahun lamanya.
Rencana jangka pendek: Rencana yang dibuat dengan jangka waktu yang tidak tidak begitu lama yaitu hanya kurang lebih dari 1 tahun.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, fungsi, tujuan, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang perencanaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...