Senin, 19 Agustus 2019

Manajemen Keuangan: Definisi, ruang lingkup, fungsi, tujuan beserta pembahasan lengkapnya

Definisi Manajemen Keuangan

Secara umum, definisi manajemen keuangan adalah suatu tindakan yang digunakan oleh perusahaan agar mereka dapat memperoleh, menggunakan serta mengelola keuangan yang dimilikinya.

Ada yang berpendapat lain bahwa manajemen keuangan ini merupakan salah satu manajemen yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Kita semua tahu bahwa bentuk manajemen memiliki jenis yang bermacam-macam, tergantung pada apa yang akan digunakan oleh perusahaan. 

Namun pada definisi manajemen kali ini, perusahaan lebih menekankan kepada cara apa yang akan akan digunakan untuk mengelola dana ataupun aset yang dimilikinya.

Dari penjelasan-penjelasan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa manajemen keuangan memiliki 3 kegiatan utama, yaitu perolehan, aktivitas penggunaannya serta pengelolaan atas aktiva tersebut.

Baca juga: Efektivitas: Definisi, kriteria, aspek, contoh serta pembahasan lengkap

Definisi Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi manajemen keuangan yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli, yaitu:

1. Bambang Riyanto
Definisi manajemen keuangan menurut pendapat beliau adalah segala kegiatan yang digunakan agar perusahaan dapat memperoleh sejumlah dana yang dibutuhkannya serta menggunakannya dengan baik. Kegiatan tersebut dicapai dengan prinsip biaya minimal namun menguntungkan.

2. J. L Massie
Menurut pendapat beliau, definisi manajemen keuangan adalah kegiatan operasional yang memiliki tanggung jawab atas perolehan dan penggunaan dana. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara yang efektif dan efisien.

3. Agus Sartono
Menurut pendapat beliau, definisi manajemen keuangan adalah hal-hal yang berkaitan dengan alokasi dan pengumpulan dana.

4. J. F Bradley
Definisi manajemen keuangan menurut pendapat beliau adalah bidang manajemen bisnis yang memiliki sejumlah proses demi tercapainya suatu tujuan. Proses tersebut dapat berupa pengelolaan modal dan lain sebagainya.

5. Sonny S.
Definisi manajemen keuangan menurut pendapat beliau adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan aset atau dana perusahaan.

6. Grestenberg
Definisi manajemen keuangan menurut pendapat beliau adalah bisnis yang bertujuan untuk memperoleh suatu dana, menggunakan serta mendistribusikan dana tersebut.

7. Sutrisno
Definisi manajemen keuangan menurut pendapat beliau adalah usaha yang dilakukan perusahaan agar dapat memperoleh dana namun masih tetap dengan biaya yang murah lalu bagaimana cara menggunakannya dan lain sebagainya.

8. James VanHorne
Definisi manajemen keuangan menurut pendapat beliau adalah segala macam kegiatan perusahaan untuk mendapatkan, mengelola dana dan lain-lain.

Baca juga: Sistem Manajemen Informasi: Definisi, fungsi, tujuan dan manfaat, contoh sistem manajemen informasi beserta pembahasan lengkap

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Berikut adalah beberapa ruang lingkup yang ada dalam manajemen keuangan. simak penjelasannya berikut ini.

1. Keputusan pendanaan
Seperti yang telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya bawa manajemen keuangan ini akan melakukan cara agar suatu dana dapat diperoleh dengan baik. Dana dapat dicari melalui obligasi dan lain sebagainya.

2. Keputusan Investasi
Penanaman modal merupakan suatu kebijakan yang dilakukan untuk memperoleh dana. Modal tersebut memiliki sejumlah bentuk yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan investasi.

3. Keputusan Pengelolaan Aset
Sesuai dengan namanya, perusahaan akan menggunakan kebijakan-kebijakan yang terkait dengan pengelolaan aset.

Baca juga: ISO (The International Organization for Standardization): Definisi, tujuan dan manfaat, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang ISO

Fungsi Manajemen Keuangan

Pada umumnya fungsi manajemen keuangan dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu perencanaan terhadap keuangan dan anggaran, pengendalian, pemeriksaan serta pelaporan.

Tujuan Manajemen Keuangan

Berikut adalah hal-hal yang menjadi tujuan dalam manajemen keuangan yaitu:

1. Memaksimalkan keuntungan
Tujuan yang pertama ini harus diseimbangkan dengan sistem kebijakan yang sesuai, dengan begitu manajemen keuangan pun akan memberikan keuntungan yang semaksimal mungkin.

2. Menjaga arus kas
Hal yang harus diperhatikan oleh seorang manajer keuangan adalah arus kas. Arus kas tersebut berkaitan dengan berapa jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli suatu buku, memberikan upah gaji para pekerjanya, uang sewa dan lain sebagainya. Apabila seorang manajer gagal dalam menjaga arus kas tersebut maka dapat dapat dipastikan bahwa suatu perusahaan mengalami overbudget sehingga hal tersebut dapat memberikan kerugian tersendiri bagi perusahaan.

3. Mempersiapkan struktur modal
Cara untuk mempersiapkan struktur modal ini adalah dengan cara menyelaraskan dana yang dimiliki oleh perusahaan dengan dana yang dipinjam oleh pihak lainnya.

4. Memaksimalkan keuangan perusahaan
Dengan adanya sistem pengawasan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan maka keuangan dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin sehingga tidak ada yang sia-sia.

5. Mengoptimalkan kekayaan perusahaan
Tujuan yang satu ini dapat dilakukan dengan cara memberikan dividen kepada pemegang saham sehingga saham yang dimiliki oleh perusahaan akan meningkat.

6. Meningkatkan Efisiensi
Tujuan yang ini dapat dilakukan dengan cara memberikan penyaluran dana yang tepat sehingga efisiensi perusahaan pun akan dapat dicapai dengan mudah.

7. Memastikan kelangsungan hidup perusahaan
Manajemen keuangan merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Apabila suatu perusahaan gagal dalam dalam hal tersebut maka kemungkinan besar dapat menyebabkan perusahaan menjadi bangkrut. Hal tersebut menandakan bahwa kelangsungan hidup perusahaan menjadi sangat terancam.

8. Mengurangi resiko operasional
Sudah jelas bahwa manajemen keuangan dapat mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan dalam perusahaan.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, ruang lingkup, fungsi, tujuan serta pembahasan lengkap mengenai manajemen keuangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya dan terimakasih telah membaca.


Loading...