Selasa, 13 Agustus 2019

Efektivitas: Definisi, kriteria, aspek, contoh serta pembahasan lengkap

Definisi Efektivitas

Secara umum, definisi efektivitas adalah suatu hal yang dapat memberikan informasi terkait keberhasilan dan pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Informasi tersebut tentunya juga harus diukur dengan menggunakan waktu, kualitas dan kuantitas yang ada.

Ada yang berpendapat lain bahwa efektivitas merupakan suatu tingkat keberhasilan yang telah dilakukan oleh seseorang atau organisasi tertentu. Pencapaian tersebut tentunya juga harus disesuaikan dengan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Semakin banyak rencana yang telah berhasil dilakukan maka kegiatan tersebut dapat dikatakan sebagai efektivitas.

Definisi efektivitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu daya guna, keaktifan serta penyesuaian terhadap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Arsip: Definisi, fungsi, ciri-ciri, jenis-jenis serta pembahasan lengkap

Rumus Efektivitas

Efektivitas = Output aktual / output target ≥ 1
Keterangan:
Efektivitas tidak tercapai apabila hasil perbandingan output aktual  dan output target < 1
Efektivitas dapat tercapai apabila hasil perbandingan output aktual dan output target ≥ 1

Definisi Efektivitas Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi efektivitas yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Ravianto
Definisi efektivitas menurut pendapat Ravianto (2014:11) adalah penilaian terhadap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang, hal itu mencakupi tingkat kinerja, output yang dikeluarkan dan lain sebagainya. Dengan kata lain, apabila kegiatan tersebut berhasil dicapai dalam waktu, biaya dan mutu tertentu maka hal itu dapat dikatakan sebagai efektivitas.

2. Gibson
Definisi efektivitas menurut pendapat Gibson (Bungkaes 2013:46) adalah penilaian yang dibentuk searah dengan prestasi yang dimiliki oleh seseorang, kelompok atau bahkan suatu organisasi tertentu. Apabila prestasi dan harapan dirasa sudah semakin dekat maka hal itu dapat dikatakan sebagai penilaian terhadap suatu efektivitasan.

3. Prasetyo Budi Saksono
Definisi efektivitas menurut pendapat Prasetyo Budi Saksono adalah penilaian terhadap output yang dicapai dan output yang diharapkan sebelumnya.

4. Sondang P. Siagian
Definisi efektivitas menurut pendapat Sondang P. Siagian adalah sarana dan prasarana, sumber daya dengan jumlah yang telah ditentukan untuk dapat memperoleh suatu produk berupa barang atau jasa.

5. Schemerhon Jhon R. Jr
Definisi efektivitas menurut pendapat beliau adalah target keluaran yang berhasil dicapai. Target tersebut dapat diukur dengan membandingkan Output Anggaran (OA) dan Output Sesungguhnya (OS). Dengan kata lain, efektivitas dapat dilihat apabila OA > OS.

Baca juga: Badan Usaha: Definisi, Jenis-jenis serta Pembahasan Lengkap

Kriteria Efektivas

Ada beberapa kriteria yang harus anda ketahui, yaitu:

1. Tingkat keaktifan seseorang atau organisasi yang dilakukan
2. Seberapa produktifnya seseorang, kelompok atau organisasi dalam menghasilkan suatu produk
3. Tingkat keberhasilan dan pencapaian sumber daya yang telah ditentukan

4. Keuntungan yang diperoleh dari kegiatan yang meliputi penanaman modal dan lain sebagainya
5. Adanya pertumbuhan pada bidang tenaga kerja, fasilitas, harga, keuntungan, modal dan lain-lain
6. Adanya pemeliharaan terhadap sumber daya

7. Seseorang yang memiliki jiwa pekerja keras dan semangat yang tinggi dalam melakukan suatu kegiatan atau tujuan tertentu
8. Adanya timbal balik dapat memberikan seseorang kepuasan dalam bekerja
9. Ada persetujuan atas tujuan yang direncanakan dalam sebuah organisasi

10. Adanya hubungan yang baik antara komunikasi dengan kerjasama
11. Mampu menyesuaikan diri terhadap setiap perubahan yang ada
12. Adanya penilaian dari pihak luar terhadap seseorang atau organisasi tertentu

Aspek - aspek efektivitas

Dalam setiap kegiatan, pasti ada suatu aspek tertentu  yang ingin dicapai. Berikut adalah beberapa aspek tersebut.

1. Ketentuan atau peraturan
Tujuan daripada aspek yang pertama ini adalah untuk menjaga dan mengawasi jalannya kegiatan agar selalu tetap dalam rencana yang telah ditentukan. Agar efektivitas timbul maka ketentuan dan peraturan perlu diperhatikan dengan baik.

2. Tugas atau fungsi
Aspek yang tak kalah pentingnya adalah aspek tugas dan fungsi. Efektivitas akan timbul apabila seseorang atau kelompok dapat menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

3. Program atau rencana
Aspek ini lebih di tekankan kepada program atau rencana. Efektivitasan akan timbul apabila seseorang atau kelompok dapat menjalankan program atau rencana yang telah disusun sebelumnya.

4. Tujuan dan kondisi yang ideal
Adanya orientasi terhadap suatu hasil dan proses yang telah direncanakan sebelumnya.

Baca juga: Implementasi: Definisi, tujuan, contoh serta pembahasan lengkap tentang implementasi

Contoh Efektivitas


Berikut adalah beberapa contoh dari efektivitas yang harus anda ketahui, yaitu:
1. Seorang karyawan yang memiliki harapan agar dapat melayani 15 orang pembeli dalam setiap harinya. Namun pada kondisi realitanya, seorang karyawan tersebut justru malah mampu melayani pembeli lebih dari jumlah yang telah diharapkan.
2. Seorang pegawai yang melayani jasa foto copy mengharapkan agar mesin foto copy yang disediakan oleh perusahaan dapat meng-copy sebanyak 560 kertas per hari. Namun, nyatanya mesin tersebut dapat meng-copy lebih dari 560 kertas.
Kedua contoh tersebut menunjukan bahwa efektivitas itu timbul dan memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi seorang karyawan dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, kriteria, aspek, contoh serta pembahasan lengkap tentang efektivitas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...