Minggu, 11 Agustus 2019

Implementasi: Definisi, tujuan, contoh serta pembahasan lengkap tentang implementasi

Definisi Implementasi

Secara umum, definisi implementasi adalah rencana yang telah disusun secara teratur, terperinci, terarah dan lain sebagainya. Rencana tersebut akan segera atau telah diterapkan pada waktu tertentu.

Ada yang berpendapat lain bahwa implementasi merupakan suatu bentuk aksi nyata dari rencana yang telah dibuat sebelumnya. Dengan kata lain, untuk dapat melakukan implementasi maka seseorang harus membuat perencanaan terlebih dahulu.

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa implementasi harus berjalan sesuai dengan rencana dan target yang telah ditentukan.

Baca juga: Manajemen Agribisnis: Definisi, Ruang Lingkup, Fungsi, Aspek serta Pembahasan Lengkap

Definisi Implementasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi lain tentang implementasi. Definisi dibawah ini merupakan definisi implementasi yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Prof. Tachjan
Definisi implementasi menurut pendapat Prof. Tachjan (2006) adalah adanya kegiatan yang dilakukan setelah suatu kebijakan tersebut diterapkan.

2. Budi Winarno
Definisi implementasi menurut Budi Winarno adalah tindakan yang wajib dilakukan oleh seseorang. Seseorang harus mampu menyelesaikan tujuan-tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Hanifah Harsono
Definisi implementasi menurut pendapat Hanifah Harsono (2002:67) adalah suatu proses yang dilakukan agar kebijakan yang ditentukan dapat diubah menjadi suatu yang lebih bersifat administratif. Kebijakan dikembangkan agar program yang telah dibentuk dapat berjalan dengan sempurna.

4. Nurdin Usman
Definisi implementasi menurut Nurdin Usman (2002:70) adalah suatu hal yang meliputi kegiatan, aksi serta tindakan yang bersifat sistematis dan terikat pada suatu sistem yang berlaku. Dengan kata lain, implementasi merupakan kegiatan yang telah terencana agar tujuan dapat segera dapat dicapai.

5. Solichin Abdul Wahab
Definisi implementasi menurut Solichin Abdul Wahab (1997:63) adalah seseorang atau sekelompok orang yang melakukan aksi tertentu. Aksi tersebut dilakukan di dalam sebuah lingkungan pemerintahan maupun lingkungan swasta. Selain itu, aksi tersebut juga dilakukan secara terarah sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

6. Pressman dan Wildavsky
Definisi implementasi menurut Pressman dan Wildavsky adalah suatu kebijakan yang harus dilakukan, diwujudkan serta diselesaikan.

Baca juga: Arsip: Definisi, fungsi, ciri-ciri, jenis-jenis serta pembahasan lengkap

Tujuan Implementasi

Dari penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa implementasi merupakan kegiatan yang bersifat sistematis dan terikat pada sistem. Pada umumnya, kegiatan tersebut akan dilakukan agar seseorang atau sekelompok orang dapat mencapai target atau tujuan yang telah di tentukan.

Berikut adalah beberapa tujuan implementasi yang harus anda ketahui, yaitu:

Mewujudkan rencana yang telah dibuat oleh seseorang atau bahkan sekelompok orang tertentu.
Menguji sistem kebijakan
Mendokumentasikan segala macam bentuk prosedur yang ada pada perencanaan atau kebijakan
Mencapai target atas perencanaan atau kebijakan yang telah dibuat
Menganalisis kebijakan atau perencanaan yang dilakukan oleh masyarakat
Menguji kemampuan masyarakat, apakah kebijakan atau perencanaannya yang dilakukan sudah tepat atau belum sama sekali
Untuk mengetahui seberapa suksesnya kebijakan atau perencanaan yang telah dilakukan

Baca juga: Badan Usaha: Definisi, Jenis-jenis serta Pembahasan Lengkap

Contoh Implementasi

Sebagian masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah implementasi. Contoh implementasi dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh dari implementasi.

1. Nilai-nilai Pancasila
Dari kecil kita sudah diajarkan untuk menanamkan nilai-nilai pancasila pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, nilai-nilai tersebut telah dijadikan sebagai acuan bagi moral bangsa indonesia. Berikut adalah beberapa bentuk implementasi dari nilai-nilai pancasila.

Menyelenggarakan kegiatan gotong royong dalam menjaga kebersihan
Menjaga perdamaian dan keamanan lingkungan masyarakat
Menjaga persatuan yang ada di dalam lingkungan masyarakat
Menolong sesama, khususnya bagi masyarakat yang sedang mengalami bencana atau musibah tertentu.

2. Kebijakan Publik
Sebelum mengeluarkan atau memberlakukan kebijakan yang telah direncanakan maka pemerintah harus mempertimbangkan beberapa hal-hal yang dapat berdampak langsung pada kebijakan itu sendiri. Bidang pendidikan merupakan salah satu contoh kebijakan publik.  Berikut adalah beberapa implementasi yang ada pada dunia pendidikan.

Perubahan kurikulum: Hal ini bertujuan agar pendidikan dapat berkembang menjadi semakin maju dari sebelumnya
Memberikan Bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS) kepada setiap sekolah dengan tujuan agar sekolah dapat menyediakan dan mengembangkan tempat belajar yang nyaman bagi para siswanya
Mengupayakan adanya pendidikan mengenai budidaya dan karakter sehingga para siswa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki nilai moral baik.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai Definisi, tujuan, contoh serta pembahasan lengkap tentang implementasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca


Loading...