Sabtu, 24 Agustus 2019

Manajemen Pemasaran: Definisi, konsep, fungsi dan tujuan manajemen pemasaran

Definisi Manajemen Pemasaran

Secara umum, definisi manajemen pemasaran adalah sekumpulan proses yang terdiri dari pelaksanaan, mengawasi, merencanakan serta menganalisis apa saja yang terjadi dalam kegiatan pemasaran (marketing). Proses tersebut sangat berguna bagi dan mendukung tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Ada yang berpendapat lain bahwa definisi manajemen pemasaran adalah suatu alat yang digunakan untuk merencanakan, menerapkan serta mengendalikan program yang terdapat pada sebuah perusahaan. Tujuannya adalah untuk memperoleh suatu keuntungan secara maksimal.

Tahukah anda bahwa manajemen pemasaran ini di kontrol oleh seorang manajer pemasaran? Menjadi seorang manajer pemasaran berarti ia harus menguasai hal-hal yang berkaitan dengan struktur pembiayaan, keuntungan, sumber daya, kompetisi, integrasi vertikal, perkembangan industri dan lain sebagainya.

Baca juga: Manajemen Keuangan: Definisi, ruang lingkup, fungsi, tujuan beserta pembahasan lengkapnya

Definisi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa ahli yang pernah menjelaskan mengenai definisi manajemen pemasaran. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Philip Kotler
Definisi manajemen pemasaran menurut pendapat Philip Kotler (1980) adalah berbagai macam bentuk proses seperti menganalisis, merencanakan, melaksanakan serta mengawasi program yang dimiliki oleh perusahaan.

2. Dharmmesta dan Handoko
Definisi manajemen pemasaran menurut Dharmmesta dan Handoko (1982) adalah salah satu bentuk kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan. Didalamnya terdapat cara-cara agar perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Segala kegiatan yang dilakukannya bersifat berkelanjutan.

3. William J. Stanton
Definisi manajemen pemasaran menurut pendapat beliau adalah rangkaian kegiatan dalam bidang perbisnisan. Tujuannya adalah agar perusahaan dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan, penentuan harga, promosi hingga proses pendistribusian produk.

4. Sofjan Assauri
Definisi manajemen pemasaran menurut pendapat Sofjan Assauri (2013:12) adalah suatu kegiatan analisis yang meliputi pelaksanaan, pengendalian dan perencanaan yang telah disusun sedemikian rupa agar perusahaan dapat mencapai targetnya dalam waktu jangka yang panjang.

5. Basu Swastha
Definisi manajemen pemasaran menurut pendapat Basu Swastha (2008:5) adalah segala rangkaian kegiatan seperti perencanaan, penentuan harga, promosi, distribusi dan kegiatan-kegiatannya lainnya.

6. Buchori dan Djaslim
Definisi manajemen pemasaran menurut pendapat Buchori dan Djaslim (2010:5) adalah proses yang melibatkan perencanaan dan pelaksanaan. Kedua hal tersebut bertujuan untuk mencapai pertukaran yang dapat memberikan rasa puas terhadap seseorang atau bahkan suatu organisasi tertentu.

7. Ben M. Eniy
Definisi manajemen pemasaran menurut pendapat Ben M. Eniy (2007:130) adalah proses yang digunakan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran menjadi efektif dan efisien.

Baca juga: Perencanaan: Definisi, fungsi, tujuan, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang perencanaan

Konsep Manajemen Pemasaran

Kepuasan konsumen merupakan salah satu hal yang paling penting bagi sebuah perusahaan. Mengapa demikian? Karena dengan adanya kepuasan terhadap konsumen maka perusahaan dapat memproduksi produknya secara terus menerus hingga mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Manajemen pemasaran dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu market oriented, rencana pemasaran dan kepuasan konsumen. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Orientasi konsumen (Market Oriented)
Suatu pemasaran dapat dikatakan baik apabila konsumen dijadikan sebagai prioritas utama. Tak sedikit perusahaan yang mengeluarkan promosi yang berkaitan dengan masalah prioritas para konsumen. Ada istilah yang digunakan dalam pemasaran, yaitu raja merupakan konsumen dan pelayan merupakan produsen.

2. Rencana pemasaran
Hal-hal yang masuk kedalam perencanaan harus ditata dengan baik. Dengan demikian maka manajer dapat melakukan analisis serta pengawasan terhadap hasil pemasaran dengan mudah. Selain itu, seorang manajer langsung dapat bertindak untuk melakukan evaluasi serta melakukan perbaikan.

3. Kepuasan Konsumen
Seperti apa yang telah dijelaskan diatas bahwa konsumen merupakan salah hal yang paling penting dalam kegiatan pemasaran.

Baca juga: Manajemen Pendidikan: Definisi, ruang lingkup dan tujuan manajemen pendidikan

Fungsi Manajemen Pemasaran

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi fungsi dalam manajemen pemasaran. Simak penjelasan dibawah ini:

1. Pertukaran
Dalam fungsi pertukaran ini, manajemen pemasaran dibagi lagi menjadi 2 bagian yaitu pembelian dan penjualan. Simak berikut ini:
Fungsi pembelian: Fungsi ini lebih menekankan kepada proses timbal balik dari hasil kegiatan penjualan.
Fungsi penjualan: Berbeda dengan fungsi sebelumnya. Fungsi ini lebih menekankan kepada kegiatan jual beli secara langsung.

2. Fisis
Fisis berhubungan dengan hal-hal seperti penggunaan waktu, lokasi, dan suatu bentuk produk. Produk tersebut kemudian akan menjalani beberapa proses lagi, yaitu seperti pengangkutan barang, produksi dan penyimpanan.

3. Penyediaan sarana
Segala hal yang berkaitan dengan operasional harus dapat diperhatikan dengan baik, hal itu meliputi pengumpulan, komunikasi, penyortiran dan pembiayaan. Oleh sebab itu, manajemen pemasaran juga perlu menggunakan fungsi yang satu ini.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Berikut adalah beberapa tujuan manajemen pemasaran. Simak dibawah ini:
Perusahaan harus dapat membangkitkan tingkat permintaan konsumen terhadap suatu produk
Selain itu, perusahaan juga harus mampu memberi rasa puas terhadap suatu produk yang dibeli oleh konsumen
Mendapatkan market share
Mewujudkan target yang telah yang direncanakan sebelumnya
Dan lain-lain

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, konsep, fungsi dan tujuan manajemen pemasaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...