Jumat, 23 Agustus 2019

Manajemen Pendidikan: Definisi, ruang lingkup dan tujuan manajemen pendidikan

Definisi Manajemen Pendidikan

Secara umum, definisi manajemen pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan target dalam bidang pendidikan. Kegiatan tersebut dapat berupa perencanaan, penyusunan, pelaksanaan serta pengawasan terhadap sumber daya manusia (SDM),uang, metode, waktu dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya, manajemen pendidikan ini dikelola oleh seorang manajer dibidang pendidikan. Seorang manajer tersebutlah yang akan mewujudkan tujuan-tujuan yang telah disebutkan diatas.

Baca juga: ISO (The International Organization for Standardization): Definisi, tujuan dan manfaat, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang ISO

Definisi Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa ahli yang pernah menjelaskan mengenai definisi manajemen pendidikan. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Syarif
Definisi manajemen pendidikan menurut pendapat Syarif (1976)  adalah segala usaha yang dilakukan untuk menunjang pendidikan. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan sumber yang berupa materiil maupun personil dengan efektif dan efisien.

2. Sutisna
Definisi manajemen pendidikan menurut pendapat Sutisna (1979 : 2-3) adalah segala proses yang berkaitan dengan sumber personil dan materiil yang ada. Proses tersebut dilakukan karena ada tujuan yang harus segera dicapai dalam dunia pendidikan.

3. Djam’an Satori
Definisi manajemen pendidikan menurut pendapat Djam’an Satori (1980:4) adalah usaha kerjasama yang dilakukan dengan cara menggunakan sumber personil dan materiil guna mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

4. Made Pidarta
Definisi manajemen pendidikan menurut Made Pidarta (1988:4) adalah kolaborasi yang terdiri dari berbagai macam sumber pendidikan.

5. Soebagio Atmodiwirio
Definisi manajemen pendidikan menurut pendapat Soebagio Atmodiwirio (2003:23) adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan organisasi, rencana, pengelolaan, sumber daya pendidikan dan lain sebagainya.

6. Engkoswara
Definisi manajemen pendidikan menurut Engloswara (2001:2) adalah ilmu yang didalamnya terdapat suatu perencanaan terkait sumber daya yang mendukung tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

7. Hadari Nawawi
Definisi manajemen pendidikan menurut pendapat Hadari Nawawi  (1981:11) adanya usaha yang dikendalikan oleh beberapa pihak tertentu. Mereka bersama-sama berusaha dalam mewujudkan tujuan yang telah direncanakan dalam dunia pendidikan.

8. W. Haris
Definisi manajemen pendidikan menurut pendapat beliau adalah usaha yang berkaitan dengan sumber personalia dan materiil. Adapun tujuan dari adanya usaha tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas manusia.

9. Purwanto dan Djojopranoto
Definisi manajemen pendidikan menurut pendapat Purwanto dan Djojopranoto (1891:14) adalah usaha yang berkaitan dengan suatu sumber daya manusia, uang , bahan, alat, serta metode yang dapat mewujudkan tujuan dibidang pendidikan.

Baca juga: Manajemen Operasional: Definisi, fungsi dan ruang lingkup manajemen operasional

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Pada umumnya, manajemen pendidikan memiliki 4 ruang lingkup yang berbeda-beda. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Wilayah kerja
Ruang lingkup manajemen pendidikan yang berdasarkan atas wilayah kerjanya dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Tingkat nasional atau tingkat negara: Dalam pelaksanaannya, seorang manajer pendidikan akan melakukan atau mengupayakan adanya pelatihan yang diselenggarakan didalam maupun diluar sekolah.

Tingkat provinsi: Seorang manajer pendidikan hanya memiliki ruang lingkup yang berada di tingkat provinsi saja. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa seorang manajer dapat meminta bantuan kepada petugas yang berada dalam suatu wilayah kabupaten atau kecamatan.

Tingkat kabupaten atau kota: Manajemen pendidikan hanya mampu dilakukan dalam tingkat kabupaten atau kota saja.

Tingkat unit kerja: Berbeda dengan ruang lingkup sebelumnya, ruang lingkup ini hanya mampu melakukan manajemen pendidikan pada satu unit kerja saja.

Tingkat kelas: Ini merupakan ruang lingkup manajemen pendidikan yang paling kecil.

2. Objek
Ruang lingkup manajemen pendidikan yang berdasarkan atas objeknya dapat dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain yaitu:

Manajemen personil, siswa, prasarana, tata usaha sekolah, lembaga serta manajemen hubungan masyarakat.
Kurikulum yang berada di sekolah
Anggaran yang dimiliki oleh sekolah

3. Fungsi
Ruang lingkup manajemen pendidikan yang berdasarkan atas fungsinya dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu:

Perencanaan
Organisasi
Mengontrol atau mengendalikan
Koordinasi
Komunikasi
Pengawasan

4. Pelaksanaannya
Pada penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa ruang lingkup manajemen pendidikan yang paling kecil adalah kelas. Manajer pendidikan dalam ruang lingkup ini adalah seorang guru.

Baca juga: Statistik: Definisi, tujuan, fungsi dan jenis-jenis statistik

Tujuan Manajemen Pendidikan

Merujuk pada definisi manajemen pendidikan yang dikemukakan oleh W. Haris yaitu untuk meningkatkan kualitas manusia. Dengan kata lain, manajemen pendidikan ini sangat perlu dilakukan agar pelajar memiliki bentuk kepribadian yang sesuai dengan arah pendidikan nasional. Berikut adalah beberapa tujuan lain yang terdapat dalam manajemen pendidikan ini, yaitu:

Membangun suasana belajar yang aman dan nyaman
Meningkatkan keaktifan belajar
Memenuhi kompetensi yang dimiliki oleh sekolah
Meningkatkan mutu pendidikan yang lebih dari sebelumnya
Kemerataan dalam bidang pendidikan
Dan lain-lain.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, ruang lingkup dan tujuan manajemen pendidikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya dan terimakasih telah membaca.


Loading...