Kamis, 01 Agustus 2019

Manajemen Biaya: Definisi, Tujuan dan Manfaat, Konsep Manajemen Biaya, Pembahasan Lengkap

Definisi Manajemen Biaya

Secara umum, manajemen biaya adalah jenis sistem yang telah dibentuk menjadi sebuah sumber informasi manajemen organisasi. Informasi tersebut berupa peluang strategi yang akan digunakan, penyempurnaan serta informasi mengenai pengambilan keputusan yang dibutuhkan oleh organisasi tersebut.

Tahukah anda bahwa manajemen biaya dengan manajemen keuangan adalah dua hal yang berbeda? Perbedaan tersebut mengacu pada definisi dan prosedur pelaksanaannya. Mari kita lihat dibawah ini.

Manajemen keuangan lebih spesifik kepada sistem pengelolaan keuangan yang ada pada produsen atau perusahaan, sedangkan manajemen biaya lebih spesifik kepada keseluruhan sistem yang ada pada bisnis itu sendiri. Hal-hal yang mencakup dalam sistem tersebut adalah peluang, penyempurnaan, strategi serta bagaimana seorang pengusaha harus mengeluarkan kebijakan atau keputusan terkait kebutuhan perusahaan tersebut.

Baca juga: Kebijakan Sanering: Definisi, dampak, contoh, penjelasan lengkap

Definisi Manajemen Biaya Menurut Para Ahli

1. Yudi Herliansyah
Menurut pendapat beliau, Definisi manajemen adalah seluk beluk dari segala perbaikan untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Deden Mulyana
Menurut pendapat beliau, definisi manajemen biaya adalah sistem yang telah dibentuk agar manajemen organisasi dapat mudah mengetahui segala informasi terkait pendapatan, biaya, kualitas, produktivitas. Dengan demikian, suatu organisasi dapat menganalisis apa saja yang menjadi peluangnya saat itu, menyusun strategi dan pengambilan keputusan.

Tujuan Manajemen Biaya Dalam Bidang Perbisnisan

Secara umum, ada beberapa tujuan umum yang harus anda pahami dalam manajemen biaya. Simak dibawah ini.

Melakukan penelitian terhadap biaya aktivitas bisnis atau perusahaan
Menganalisis seberapa jauh tingkat efisiensi, efektivitas serta nilai ekonomi dari aktivitas bisnis atau perusahaan
Memudahkan kinerja organisasi, hal tersebut dikarenakan adanya sistem penyempurnaan dalam manajemen biaya

Manfaat Manajemen Biaya Dalam Bidang Perbisnisan

Selain tujuan, manajemen biaya juga memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi seorang pengusaha. Simak penjelasannya berikut ini.
Sebagai suatu bentuk dari strategi serta pengendalian usaha
Dengan adanya manajemen biaya ini maka seorang pengusaha dapat melacak segala macam bentuk biaya yang dikeluarkan
Dengan adanya manajemen biaya ini maka seorang pengusaha dapat memaksimalkan kinerja daur hidup
Seorang pengusaha dapat menjadikan manajemen biaya ini sebagai dasar untuk pengambil keputusan
Dari adanya manajemen biaya ini maka manajemen investasi yang dibentuk akan jauh lebih efisien dibanding sebelumnya
Dari adanya manajemen biaya ini maka seorang pengusaha dapat mengukur tingkat kinerja anda dalam perusahaan
Manajemen biaya dapat mendukung optimasi aktivasi serta filosofi  pemanufakturan

Baca juga: SIUP: Definisi, Fungsi, Jenis-jenis, Manfaat, Tahapan dan Persyaratan Surat Izin Usaha Perdagangan

Konsep Dasar Manajemen Biaya

Seperti yang telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya bahwa dengan adanya manajemen biaya maka perusahaan dapat mengoptimalkan segala biaya yang akan dikeluarkan untuk mendukung usahanya. Namun, ada beberapa konsep yang harus anda pahami. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Konsep nilai tambah
Seorang manajer diharuskan untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Sebaliknya, seorang manajer juga diharuskan untuk dapat mencegah adanya nilai yang tidak bertambah untuk perusahaan. Hal tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan.

2. Konsep akuntansi aktivitas
Seorang manajer diharuskan untuk menganalisa terkait pelaksanaan operasional yang dijalankan oleh perusahaan. Dalam hal ini, konsep akuntansi juga dapat disebut sebagai istilah Activity-Based Costing (ABC). Istilah tersebut dijadikan sebagai cara untuk mengukur segala yang yang berkaitan dengan biaya.

3. Konsep biaya target
Dari penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa manajemen biaya juga sangat berkaitan dengan penyempurnaan. Hal tersebut juga berlaku pada konsep yang satu ini. Agar pangsa pasar dapat tercapai maka manajer perlu menyempurnakan biaya targetnya. 

Biaya target yang dimaksud adalah harga pasar. Adapun tujuan dari adanya konsep biaya ini adalah untuk mengoptimalkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Kita dapat mengambil kesimpulan dari seluruh konsep manajemen biaya tersebut bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti halnya penyempurnaan, analisis biaya aktivitas, keefektivitasan kegiatan yang dilakukan serta pengendalian terhadap biaya perusahaan.

Baca juga: Ekonomi Mikro: Definisi, Tujuan, Ruang Lingkup, Teori, Komponen, Peranan Ekonomi Mikro

Cara untuk mengoptimalkan manajemen biaya yang dilakukan oleh seorang manajer

Dari pengertian manajemen biaya sebelumnya, kita tahu bahwa dengan adanya manajemen biaya tersebut maka seorang manajer dapat mengoptimalkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Biaya tersebut dioptimalkan melalui kegiatan yang menguntungkan.

Cara pertama yang harus dilakukan oleh seorang manajer adalah menganalisa biaya yang dapat mendukung jalannya usaha yang dibentuk. Biaya tersebut biasanya adalah biaya utama yang dikeluarkan oleh perusahaan. Seorang manajer harus dapat memperhatikan biaya-biaya tersebut, karena hal itu dapat memberikan dampak terhadap total biaya perusahaan.

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, tujuan dan manfaat, konsep manajemen biaya dan pembahasan lengkap manajemen biaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.


Loading...