Pengertian Globalisasi: Teori, Faktor Penyebab, dan Dampak Globalisasi

Interaksi satu negara dengan negara lain setiap hari semakin intens. Begitu pun hubungan internasional yang terjadi juga semakin intens antar aktor negara maupun antar aktor bukan negara. Hal ini tak lain merupakan dampak dari globalisasi. Lantas, apa pengertian globalisasi?

Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian globalisasi, teori globalisasi, faktor penyebab globalisasi juga dampak globalisasi yang terjadi dalam dunia internasional.

Pengertian Globalisasi 

Pada dasarnya, pengertian globalisasi adalah suatu proses yang terjadi berupa integrasi secara internasional dikarenakan adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, serta berbagai aspek kebudayaan lain.

Pengertian globalisasi secara etimologi diambil dari bahasa Inggris “globalize”. Arti globalize adalah universal atau menyeluruh. Sedangkan adanya penambahan imbuhan “ization” merujuk pada proses mendunia. 

Jadi, secara etimologi pengertian globalisasi adalah proses sesuatu yang mendunia, yang dapat meliputi berbagai aspek, baik dari informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi.

Terjadinya globalisasi ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya cepatnya perkembangan teknologi internet, transportasi, informasi, infrastruktur telekomunikasi pertukaran pelajar, budaya, dan lainnya. 

Globalisasi secara umum berhubungan dengan aneka perubahan yang berlangsung secara menyeluruh di aneka bidang, seperti ekonomi, industri, gaya hidup, serta aspek kehidupan lain.

Baca juga: Supply Chain Management: Pengertian, Komponen, Tujuan, dan Prosesnya

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Kita juga bisa memahami apa itu globalisasi lewat pengertian yang disajikan oleh para ahli. Berikut adalah beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli:

1# Pengertian Globalisasi menurut Anthony Giddens
Anthony Giddens menjelaskan pengertian globalisasi seabagai suatu intensifikasi dari hubungan sosial secara mendunia yang menghubungkan peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lain serta mengakibatkan terjadinya perubahan pada kedua lokasi tersebut.

2# Pengertian globalisasi menurut Laurence E. Rothernberg
Laurence E. Rothernberg menjelaskan bahwa pengertian globalisasi merupakan suaut percepatan dari intensifikasi interaksi serta integrasi yang terjadi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

3# Pengertian globalisasi menurut Emanuel Ritcher
Emanuel Ritcher mengartikan globalisasi sebagai jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan, dari yang sebelumnya tersebar sehingga menjadi terisolasi dan menjadi saling ketergantungan dan persatuan dunia.

4# Pengertian globalisasi menurut Martin Albrow
Martin Albrow menyampaikan pengertian globalisasi sebgai keseluruhan dari proses penduduk yang terhubung dalam komunitas dunia secara tunggal, yakni komunitas global.

5# Pengertian Globalisasi menurut Selo Soemardjan
Selo Soemardjan mengartikan globalisasi sebagai proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi yang terjadi antar masyarakat di seluruh dunia sehingga mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.

6# Pengertian Globalisasi menurut Malcom Waters
Malcom Waters menjelaskan bahwa pengertian globalisasi adalah proses sosial yang mengakibatkan terjadinya pembatasan geografis dalam keadaan sosial budaya sehingga menjadi kurang penting, dan ini terwujud dalam kesadaran manusia.

7# Pengertian globalisasi menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan menjelaskan globalisasi sebagai suatu proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural dalam kegiatan manusia dan non-manusia.

8# Pengertian globalisasi menurut Achmad Suparman
Achmad Suparman menyampaikan pengertian globalisasi sebagai sebuah proses yang membuat sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri setiap individu di dunia, tanpa adanya batasan wilayah.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri-Ciri dan Jenis Ekonomi Kreatif

Teori Globalisasi

Teori globalisasi merupakan teori yang dicetuskan oleh para ahli mengenai kajiannya terkait globalisasi ini. Tokoh populer yang menyampaikan teori globalisasi di antaranya adalah Cochrane dan Pain. Menurut teori globalisasi yang mereka sampaikan, ada tiga pelaku utama yang berperan dalam kemunculan globalisasi, yakni :

1# Para Globalis, yang merupakan orang-orang yang percaya bahwa globalisasi adalah kenyataan yang mengandung konsekuansi nyata terkait bagaimana orang dan lembaga dapat berjalan di seluruh dunia.

2# Para Tradisionalis, adalah orang-orang yang tidak percaya bahwa globalisasi tengah terjadi serta menganggap globalisasi sebagai mitos atau sesuatu yang berlebihan.

3# Para Transformalis, adalah orang-orang  yang berada di tengah-tengah para globalis dan tradisionalis. Orang-orang ini meyakini globalisasi tengah berlangsung, tetapi juga beranggapan bahwa pengaruh globalisasi ini terlalu dibesar-besarkan oleh para globalis tersebut.

Teori globalisasi lain juga diungkapkan oleh George Ritzer. George Ritzer adalah seorang ahli globalisasi yang menyatakan bahwa era globalisasi muncul dengan ditandai adanya inovasi pada bidang komunikasi. Contoh pentingnya dapat dilihat dari penemuan televisi dan telepon sehingga pada akhirnya menyadarkan masyarakat global akan proses integrasi tersebut.

Faktor penyebab globalisasi

Ada banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab globalisasi. Beberapa faktor penyebab globalisasi, dapat berupa :

1# Teknologi Informasi dan Transportasi yang berkembang pesat
Perkembangan teknologi informasi dan transportasi memiliki andil besar dalam proses globalisasi yang berlangsung di seluruh dunia. Dengan kemajuan teknologi yang terus berlangsung, kegiatan transaksi jual-beli perdagangan internasional yang dilakukan bisa lebih mudah.

Contoh nyata dari interaksi perdagangan internasional ini adalah adanya bisnis e-commerce. Dengan perkembangan e-commerce, transaksi bisa dilakukan lintas negara, tanpa harus datang langsung ke lokasi penjual atau pembeli.

2# Kerjasama Ekonomi Internasional
Negara-negara di dunia banyak melakukan kerjasama ekonomi. Hal ini juga turut meningkatkan terjadinya globalisasi. Sebab, berbagai kerjasama tersebut membuat kesepakatan perdagangan internasional dapat menjadi lebih mudah.

3# Pengiriman Barang dan Jasa yang semakin mudah
Secara lintas negara, proses pengiriman barang dan jasa kini jadi semakin mudah. Hal ini menjadi faktor pendorong globalisasi karena kemudahan dalam pengiriman barang membuat banyak produk asing dapat diadaptasi dengan mudah oleh masyarakat dalam negeri.

Sebagai contoh, masyarakat Indonesia yang memiliki kegemaran akan budaya dan fashion Korea dapat membeli aneka produk dari Korea secara langsung. Hal ini lalu mendorong terjadinya asimilasi dari kebudayaan antar negara.

4# Berkurangnya Konflik Antar Negara 
Masyarakat dunia semakin sadar bahwa hubungan internasional yang baik akan mengurangi terjadinya konflik antar negara. Berkurangnya konflik antar negara inilah yang akan ikut mendorong terjadi kerjasama serta globalisasi.

5# Berkurangnya Sumber Daya Alam 
Beberapa sumber daya alam ada yang berupa sumber daya alam tak terbarukan. Sumber daya alam ini bisa mengalami pengurangan setiap tahunnya. Berkurangnya sumber daya alam di suatu negara lalu membuat negara tersebut berniat untuk investasi di negara lain untuk mengeruk sumber daya alam di negara tertarget. 

Baca juga: NPWP : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Syarat Membuat NPWP

Dampak Globalisasi

Jika kita sudah memahami pengertian globalisasi serta faktor penyebabnya, kita juga sudah bisa mendapat gambaran mengenai dampak globalisasi. Agar lebih jelas, kita akan menguraikan apa saja dampak globalisasi, baik dari sisi positif maupun negatifnya. 

1# Dampak Positif Globalisasi
• Perkembangan teknologi informasi secara pesat
• Kemudahan masyarakat untuk memperoleh kebutuhan dan keperluan pribadi
• Kemudahan dalam usaha-usaha mengembangkan ilmu pengetahuan
• Penyebaran informasi yang cepat dan membuat informasi jadi mudah didapat
• Peningkatan sikap toleran dan cosmopolitan dari masyarakat dunia
• Kemuddahan komunikasi dengan orang lainm yang berlangsung di seluruh dunia
• Membaiknya hubungan internasional yang dilakukan antar negara 
• Kemudahan bertransaksi yang dilakukan secara online, di dalam maupun luar negeri
• Peningkatan hubungan yang terjadi antar negara pada sektor ekonomi

2# Dampak Negatif Globalisasi
• Meningkatkan potensi kriminalitas karena meniru peristiwa yang berlangsung di negara lain
• Perkembangan paham-paham yang tidak sejalan dengan ideologi negara karena kemudahan akses masuknya sehingga menimbulkan konflik di masyarakat
• Peningkatkan sikap konsumtif masyarakat sehingga cenderung kehilangan kreativitas dalam dirinya lantaran meniru tren di luar negeri
• Adanya pengaruh budaya negara lain terhadap masyarakat, tetapi tidak sesuai dengan budaya lokal sehingga budaya lokal terkikis
• Peredaran informasi yang tidak akurat atau pun hoax sehingga membuat masyarakat resah.
• Membuat sebagian masyarakat berpikiran sempit dan tertutup karena ketidakinginannya dalam terpapar globalisasi
• Menjadikan sebagian masyarakat lebih individual dan egois
• Berkurangnya peminat sektor pertanian karena mereka beralih pada bidang teknologi dan informasi yang dianggap lebih potensial
• Peningkatan kesenjangan sosial masyarakat yang disebabkan perlombaan untuk memperkaya diri sendiri di masyarakat dan ketidakperdulian terhadap sekitarnya
• Pudarnya rasa nasionalisme masyarakat lantaran mudah dan sering membanding-bandingkan negaranya dengan negara lain yang dianggap superior atau lebih baik