Minggu, 25 Juni 2017

Pengertian, Komponen dan Macam Ekosistem

Dipertemuan kali ini porosilmu.com akan mengungkap tentang ekosistem di dalamnya akan dijelaskan beberapa pengertian dari ekosistem, satuan makhluk hidup dalam ekosistem, pencemaran ekosistem, komponen ekosistem, dan macam-macam dari ekosistem. Untuk lebih jelasnya kita lihat penjelasan mengenai pengertian ekosistem.

Pengertian Ekosistem

Apakah itu ekosistem? Sebelum mengupas jauh mengenai ekosistem kita harus paham mengenai apa itu ekosistem. Ekosistem merupakan proses yang terjadi karena hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, itu sebabnya terdapat dua komponen yang saling berpengaruh yakni komponen biotik dan komponen abiotik dalam sebuah ekosistem. Contohnya tumbuhan dengan sinar matahari.  

Pengertian, Komponen dan Macam Ekosistem

Komponen Ekosistem

Sebelumnya sudah disinggung bahwa komponen dalam ekosistem dibagi menjadi dua yaitu :

a. Komponen Biotik: komponen yang teridiri dari bahan hidup (hayati) antara lain hewan, tumbuhan, manusia, dll.

Komponen biotik dibedakan menjadi dua jenis yaitu, organisme Heterotrof dan organisme autrotof.

a.1. Organisme Autrotof merupakan organisme yang bisa menciptakan makanannya sendiri yang berupa bahan organik dan anorganik dengan mendapat bantuan cahanya matahari (fotosintesis). 

Organisme tersebut masih dibedakan menjadi dua jenis yakni, fotoautotrof yang memanfaatkan energi cahaya dalam mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik dan kemoautotrof  yang memanfaatkan energi dari reaksi kimia dalam membuat makanannya dari bahan organik .

a.2. Organisme Heterotrof merupakan orgaisme yang tidak bisa menciptakan makannanya sendiri tetapi memanfaatkan bahan organik dari organisme lain sebagai bahan makanan. Organisme ini dibedakan menjadi tiga jenis yakni:

Konsumen yang langsung memakan organisme lain, Detritivor yang memakan partikel organik yang membusuk, serta pengurai yang memperoleh makanan dari penguraian bahan organik dari sebuah bangkai.

b. Komponen Abiotik: komponen yang terdiri dari bahan tidak hidup (nonhayati) antara lain air, batu, energi, sinar matahari, tanah, dan udara.

Satuan Makhluk Hidup di Ekosistem

Dalam sub bab ini, akan menjelaskan apa itu ekosistem, komunitas, populasi, serta individu. Hal yang sering kita dengarini terkadang jarang diketahui pengertiannya. Maka simaklah pengertian dari hal-hal diatas.
  1. Individu: makhuluk hidup dengan jumlah satu. Contohnya seekor bebek.
  2. Populasi: kumpulan dari individu yang berkembang biak dan  menetap di suatu daerah dalam waktu tertentu. Contohnya populasi semut.
  3. Komunitas: berkumpulnya populasi disuatu daerah yang sama dalam kurun waktu yang lama. Contohnya komunitas gajah.
  4. Ekosistem: kumpulan dari beberapa komunitas dengan adanya interaksi dengan makhluk hidup lainnya.


Macam - macam Ekosistem 

Dibumi ini terdapat dua jenis ekosistem yaitu, ekosistem buatan dan ekosistem alami. Untuk penjelasannya bisa disimak materi dibawah ini.

a. Ekosistem Buatan
Sebuah ekosistem yang terbentuk akibat campur tangan manusia atau sengaja dibuat oleh manusia, hal tersebut tidak lain hanya untuk mendatangkan manfaat bagi manusia. Misalnya manusia membuat sawah, sawah merupakan ekosistem buatan dengan keragaman hayati yang terbatas.

b. Ekosistem Alami
Ekosistem tersebut tidak ada campur tangan dari manusia, karena ekosistem tersbeut terbentuk secara alami karena peristiwa alam atau dengan sendirinya terbentuk menjadi ekosistem. Misalnya Ekosistem sungai, sungai dipenuhi dengan keragaman hayati.

Interaksi Ekosistem 

Nah, diatas sudah dipaparkan banyak informasi yang kita dapat mengenai ekosistem yang tentunya sangat menarik. Tidak berhenti di disitu saja, masih ada penjelasan tambahan yang penting mengenai ekosistem yaitu interaksi dalam sebuah ekosistem. 

Bukan hanya manusia saja yang akan mempertahankan dirinya serta keturunanaya, bahkan seluruh makhluk hidup akan berusaha melindungi keturunanya dalam sebuah populasi dengan cara berkembang biak dan mencari makanannya. 

Terdapat istilah hewan herbivora dan hewan karnivora, kenyataanya hewan tersebut memiliki pengaruh yang erat dalam rantai makanan dan jaring jaring makanan.

Pencemaran Ekosistem

Dengan adanya ekosistem yang terjaga dengan baik, bisa membawa keuntungan yang baik bagi kehidupan manusia. Akan tetapi tidak sedikit orang yang tidak peduli dengan keadaan ekosistem disekitarnya yang sebenarnya akan membawa pengaruh untuk generasi selanjutnya.

Saat ini banyak yang melakukan hal-hal yang merusak ekosistem baik alami dan buatan untuk mendatangkan keuntungan pribadi. Contohnya menangkap ikan dengan bahan peledak, penebangan liar, pembuangan limbah sembarangan, pembakaran hutan, dll. Yang tentunya membuat ekosistem tercemar dan akan hancur secara perlahan - lahan.

-- Materi Pelajaran --
Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info