Senin, 05 Desember 2016

Daftar 10 Gunung Api Tertinggi Di Dunia Beserta Keterangannya



Permukaan bumi terdiri dari bentang alam yang amat beragam dan menarik. Salah satu kenampakan alam dari permukaan bumi adalah berupa gunung. Gunung merupakan bentuk tonjolan di permukaan bumi yang lebih tinggi dari daerah di sekitarnya, dengan syarat ketinggian tertentu.

Gunung dapat terbentuk akibat aktivitas vulanis dari dalam perut bumi atau karena pergerakan lempeng di dalam bumi. Gunung ini ada yang dapat meletus atau mengeluarkan api dan ada juga gunung yang tidak dapat meletus dan mengeluarkan api atau magma.


Gunung yang dapat meletus ini biasa disebut gunung api. Gunung api merupakan suatu sistem saluran fluida panas yang terdiri dari batuan dalam wujud cair atau lava, yang memanjang pada kedalaman 10 km di bawah permukaan bumi hingga ke kepermukaan bumi.

Nah, di antara gunung -gunung api ini, ada gunung api yang memiliki tinggi yang sangat menjulang di atas permukaan laut. Di seluruh dunia, gunung api yang tinggi ini tersebar di berbagai daerah. Tahukah kamu mana saja gunung api tertinggi di dunia yang ada?

Nah, bagi yang belum tahu, berikut ini ada informasi mengenai daftar 10 gunung api tertinggi di dunia. Daftar gunung api tertinggi ini juga akan dilengkapi dengan keterangan mengenai lokasi, tinggi dan keterangan penting lain mengenai gunung tersebut.

1# Gunung Api Kilimanjaro
Lokasi
: Tanzania, Benua Afrika
Tinggi puncak
: 6.010 meter di atas permukan Laut atau 4.600 meter di hitung di kaki gunung

Gunung Api Kilimanjaro merupakan gunung api tertinggi di dunia. Kilimanjaro merupakan nama yang didapat dari bahasa Swahili. Kata kilima berarti gunung dan kata Njaro berarti bercahaya. Kilimanjaro dulu disebut juga sebagai Kaiser-Wikhelm-Spitze.

Selain itu, kilimanjaro, juga sering disebut sebagai kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang artinya adalah Gunung putih atau White Montain dalam bahasa inggris.

Kilimanjaro merupakan gunung Api strato raksasa yang kini sudah tidak aktif, akan tetapi masih mempunyai furmoral yang mengeluarkan gasp pada area kawah yang terletak di puncak utama kibo. Di Tanzania, Puncak Kibo ini juga sering disebut sebagai puncak Uhuru.

Gunung Kilimanjar juga merupakan puncak tertinggi di Afrika dan puncak Uhuru merupakan puncak tertinggi dari Kilimanjaro, serta adalah salah satu dari tujuh puncak tetinggi dunia.
2# Gunung Api Guallatiri
Lokasi
: Chili, Amerika Selatan

Di Pegunungan Ades
Tinggi puncak
: 5.965 meter

Gunung Api Guallatiri merupakan Gunung Api Tertinggi kedua di Dunia. Gunung yang berada di wilayah Chili utara ini juga merupakan gunung berapi paling aktif di wilayahnya. Lokasi Gunung Api Guallatiri ini tepatnya ada di barat wilayah perbatasan antara Bolivia dan di ujung barat daya daerah Vevados de Qumsachata.

3# Gunung Api Lascar
Lokasi
: Chili, Amerika Selatan

Di Pegunungan Ades
Tinggi Puncak
: 5.896 meter dpl

Gunung Api Lascar merupakan gunung api tertinggi ketiga yang ada di dunia. Gunung Api ini juga terletak di pegunungan Andes Chili Utara, yang merupakan satu rangkaian yang sama dengan gunung api Guallatiri di atas.

4# Gunung Api Cotopaxi
Lokasi
: Equador, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
: 5.804 meter dpl

Gunung Api cotopaxi merupakan gunung api tertinggi keempat di dunia. Gunung Api Cotopaxi juga merupakan gunung api strato volcano, seperti gunung api Kilimanjaro. Letak gunung api ini tepatnya ada sekitar 28 km di selatan Quita, Ekuador. Gunung api ini terletak dekat dengan daerah khatulistiwa yang panas. Meski demikian, gunung ini masih memiliki salju.

5# Gunung Api El Misti
Lokasi
: Peru, Amerika Latin

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
: 5.729 m

Gunung Api el Misti merupakan Gunung Api tertinggi kelima di dunia. Gunung ini merupakan salah satu dari ratusan gunung api yang ada di wilayah Cardilera, bagian selatan Peru di dekat kota Arequipa.

Gunung api ini memiliki salju dan berbentuk seperti kerucut. Gunung yang juga merupakan gunung api stratovolcano ini dikenal pula dengan nama Putina atau wawa Putina atau Guagua Putina. Letusan terakhir dari gunung api ini terjadi tahun 1985.
6# Gunung Api Tupungatito
Lokasi
: Chili, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
5.551 m

Pegunungan Andes di Chili memang memiliki banyak gunung api dengan puncak yang menjulang tinggi. Gunung Api Tupungatito yang merupakan gunung api tertinggi keenam di dunia ini pun juga berada di Chili, di wilayah pegunungan Andes.

Gunung yang juga merupakan statovolcano, ini tepatnya terletak di perbatasan antara Chili Metropolitan Region dan provinsi Argentina mendoza. Terakhir kali letusan dari gunung api ini, tercatat terjadi pada tahun 1987.

7# Gunung Api Tolima
Lokasi
: Kolombia, Amerika Selatan
Tinggi Puncak
: 5.401 m

Gunung Api Tolima merupakan gunung api tertinggi ketujuh di dunia yang juga adalah Statovolcano. Gunung ini berada di wilayah Tolima, Kolombia. Gunung api Tolima yang berbentuk curam ini terbentuk selama 40.000 tahun terakhir. Isiny berupa kawah berbentuk corong dengan kedalaman mencapai 200 hingga 300 meter yang terbentuk di tahun 1926. Letusan besar terakhir gunung Tolima terjadi sekitar 3.600 tahun silam.

8# Gunung Api Sangay
Lokasi
: Equador, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
5.148 meter dpl

Gunung api sangay juga dikenal sebagai Macas, Sanagay, atau Sangai. Gunung yang juga termasuk golongan stratovolcano aktif ini termasuk gunung api paling aktif di wilayah Ekuador. Letusan paling akhir yang terjadi dari gunung api Sangay terjadi pada tahun 1934, dan masih berlangsung secara geologis.

9# Gunung api Tungurahua
Lokasi
: Ekuador, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
: 4.954 meter dpl

Gunung api Tungurahua merupakan gunung api tertinggi kesembilan di dunia yang ada di Ekuador. Nama Tungurahua berasal dari perpaduan bahasa Quichua, yakni kata Tunguri yang artinya tenggorokan, dan Rahwa yang artinya Api.

Gunung Tungurahua adalah gunung stratovulcano aktif yang berada di Cordillera Oriental, Ekuador. Gunung ini termasuk gunung yang juga sangat aktif. Aktifitas vulkanik gunung api ini terjadi beberapa tahun terakhir, yakni mulai tahun 1999, 2013 dan beberapa letusan juga pernah terjadi di tahun 2014.

10# Gunung Api Cotacachi
Lokasi
: Ekuador, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
4.861 meter dpl


Gunung api Cotacachi berlokasi di Cordillera, utara Ekuador, tepatnya di bagian barat Provinsi Imbabura. Gunung api ini pun juga terletak di deretan pegunungan Andes, tepatnya yang melintasi negara Ekuador.

-- Materi Pelajaran --
Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info