Sejarah Singkat Suku Maori di Selandia Baru



Dunia ini terdiri dari begitu banyak suku. Mulai dari suku yang berasal dari peradaban tua di dunia, hingga suku -suku yang hingga kini masih banyak dikenal. Salah satu suku  di dunia dengan peradaban yang sudah cukup tua adalah Suku Maori.

Nama dan peradaban dari Suku Maori ini memang tidak banyak dikenal dan dibahas dalam pelajaran sejarah di Indonesia. Namun, mengetahui mengenai sejarah singkat suku Maori yang merupakan suku bangsa lama di Selandia Baru bisa jadi pelajaran menarik bagi kita.


Suku di Selandia Baru
Selandia Baru merupakan kumpulan dari beberapa pulau kecil yang berada di sebelah tenggara benua Australia. Peradaban yang muncul pertama kali di Selandia Baru terbilang masih baru bila dibandingkan dengan perkembangan peradaban di bagian bumi yang lain.

Setidaknya, hingga sebelum sekitar 2000 tahun yang lalu, dipercaya tidak ada manusia yang pernah menjejakkan kakinya di Selandia Baru. Para ahli meyakini bahwa peradaban manusia di Selandia Baru baru dimulai sesudahnya.

Lantas, siapa penghuni pertama di Selandia Baru ini? Penghuni pertama di Selandia Baru adalah Bangsa Polinesia. Para penghuni Bangsa Polinesia awal datang ke Selandia Baru dengan menggunakan Perahu. Mereka datang dari kepulauan yang ada di wilayah Pasifik.

Sekitar tahun 100 Masehi, Bangsa Polinesia yang disebut sebagai Bangsa Morioris datang ke Selandia Baru untuk menetap di sana. Mereka datang dari wilayah Kepulauan Cook, Marquesas, dan kepulauan Society.

Baru kemudian, suku Maori datang ke Selandia Baru dalam gelombang migrasi yang besar. Tradisi suku Maori mengisahkan tentang bagaimana Suku Maori datang dalam gelombang migrasi ini yang dimulai sekitar tahun 1150 Masehi.

Gelombang migrasi kedatangan Suku Maori ke Selandia Baru ini diakhiri oleh datangnya sebuah iring -iringan besar dari Pulau Mistis Hawaiki, sekitar 200 tahun berikutnya. Hawaiki merupakan sebuah pulau yang dianggap berada di wilayah Pasifik, tepatnya Pulau Tahiti.

Suku Maori di Selandia Baru
Para arkeolog telah banyak mempelajari mengenai kehidupan atau peradaban dari Suku Maori yang tinggal di Selandia Baru ini. Ada banyak tanda - tanda dari perkampungan Suku Maori di Selandia Baru yang ditemukan para arkeolog ini.

Tanda - tanda perkampungan tersebut diperkirakan berasal dari tahun 800 Masehi dan lebih awal lagi. Selain itu, para arkeolog juga berhasil menarik kesimpulan mengenai bagaimana kehidupan sehari -hari dari Suku Maori.

Suku Maori yang pertama di Selandia Baru, sebagian besar hidup dengan cara berburu dan memancing. Fakta menarik dari perburuan Suku Maori adalah, suku ini adalah bangsa yang pertama yang memburu burung besar yang tidak bisa terbang yang disebut Moas. Sayangnya, hewan Moas sekarang telah punah.


Selain itu, diketahui pula bahwa Suku Maori merupakan tukang kayu yang ahli. Mereka mampu membangun rumah kayu yang indah dan memenuhi rumah - rumah mereka dengan ukiran - ukiran detail yang cantik.


Diberdayakan oleh Blogger.