Pengertian dan Jenis - Jenis Sungai

Tahu apa itu sungai bukan? Nah, kali ini kita akan membahas Pengertian Sungai, Proses Terbentuknya Sungai, dan Jenis-jenis sungai. Mari kita simak.


PENGERTIAN SUNGAI

Pengertian Sungai adalah air tawar yang berasal dari sumber alamiah, yang mengalir dari tempat tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah serta menuju atau bermuara ke laut, danau atau sungai yang lebih besar. 

Sungai memiliki arus air yanf di bagian hulunya (umumnya terletak di daerah pegunungan) biasanya lebih deras dibanding arus sungai yang ada di bagian hilir. 

Aliran air sungai seringkali berliku-liku. Arus san aliran ini terjadi akibat adanya proses pengikisan dan pengendapan di sepanjang sungai. 

Sungai merupakan jalan air alami yang dilewati air untuk menuju ke Samudera, Danau atau laut, atau ke sungai yang lain yang biasanya lebih besar. Sungai juga merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi.

Sungai juga menjadi jalan bagi air hujan  yang turun di daratan untuk dapat mengalir menuju laut atau tampungan air yang besar seperti danau.

Umumnya, Air dalam Sungai terkumpul dari banyak sumber air seperti dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu, air sungai juga ada yang berasal dari lelehan es / salju.

Sungai terdiri dari beberapa bagian. Bagian paling awal adalah dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Kemudian, terdapat beberapa anak sungai yang mulai bergabung untuk membentuk sungai utama. 

Biasanya di sisi kiri dan kanan Aliran air berbatasan dengan saluran dasar dan tebing. Penghujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai.


PROSES TERBENTUKNYA SUNGAI

Tahukah kamu bagaimana proses terbentuknya sungai? Sungai terbentuk dari berkumpulnya air yang berada di permukaan daratan, baik dari air hujan, mata air, maupun cairan gletser. Air air ini lalu akan mengalir melalui saluran menuju ke tempat yang lebih rendah. 

Awalnya, saluran yang dilalui air ini relatif sempit dan pendek. Lalu, melalui proses alamiah. aliran ini kemudian mengikis daerah-daerah yang dilaluinya. Akibat dari kikisan ini lalu saluran terbentuk semakin lama semakin lebar dan panjang, sehingga terbentuklah sungai.

Simak juga: Pengertian dan Syarat Syarat Peta


JENIS-JENIS SUNGAI


Jenis sungai menurut Jumlah Airnya

1. Sungai Permanen
Sungai Permanen adalah jenis sungai yang memiliki debit air yang relatuf konstan atau sama banyaknya sepanjang tahun.

Contoh :
Sungai Kapuas, Kahayan, Barito dan Mahakam di  Kalimantan. Serta Sungai Musi, Batanghari dan Indragiri di Sumatera.

2. Sungai Periodik
Sungai Periodik adalah jenis sungai yang debit airnya tidak konstan. Pada waktu musim hujan air sungainya banyak, sedangkan di musim kemarau debit airnya relatif kecil.

Contoh :
Sungai Bengawan Solo dan Sungai Opak di Jawa Tengah. Serta Sungai Progo dan Sungai Code di DI Yogyakarta.
Sungai Brantas di Jawa Timur.

3. Sungai Episodik
Sungai Episodik adalah jenis sungai yang pada musim kemarau airnya kering dan akan menjadi pada musim hujan airnya banyak.

Contoh :
Sungai Kalada di Pulau Sumba.

Jenis Sungai menurut Pola Alirannya
1. Pola Aliran Radial (Menjari)
Pola aliran pada sungai ini terlihat berbentuk seperti jari. Bentuk ini dibedakan menjadi dua, yaitu radial sentrifugal dan radial sentripetal.

2. Pola Aliran Dendritik
Pola aliran pada sungai ini tidak teratur. Biasanya sungai dengan pola aliran dendritik terdapat di daerah dataran atau daerah pantai.

3. Pola Aliran Trelis
Pola aliran sungai jenis ini menyerupai sirip. Sungai dengan pola aliran trelis ini terdapat di daerah pegunungan lipatan.

4. pola Aliran Rectanguler
Pola aliran pada sungai jenis ini saling membentuk sudut siku, pada daerah patahan atau pada batuan yang memiliki tingkat kekerasannya berbeda.

5. Pola Aliran Anular
Pola aliran anular ini merupakan pola aliran yang semula merupakan aliran radial sentrifugal, kemudian muncul sungai subsekuen yang sejajar, sungai obsekuen, dan resekuen. Pola aliran sungai anular terdapat di daerah dome stadium dewasa.


Lebih lengkapnya silahkan lihat daftar sungai di Indonesia


MORFOLOGI SUNGAI

Morfologi sungai merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari geometri (bentuk dan ukuran), jenis, sifat dan perilaku sungai, disertai dengan segala aspek dan perubahan dalam dimensi ruang dan waktu. 

Morfologi sungai ini juga mempelajari tentang sifat dinamik sungai dan lingkungannya yang kesemuanya saling terkait.


MANFAAT SUNGAI

Air sungai dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai macam keperluan. Contoh manfaat sungai misalnya untuk mencuci, sumber air minum, memasak, mandi, irigasi pertanian, dan lainnya. 

Hewan dan tumbuhan pun juga membutuhkan air dari sungai ini untuk melangaungkan kehidupannya. Selain itu, sungai-sungai besar dapat pula digunakan sebagai sarana transportasi yang dapat menghubungkan wilayah satu dengan wilayah lain. Air sungai juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Nah, selesai sudah pembahasan kita mengenai sungai, pengertian sungai, jenis sungai, morfologi sungai hingga manfaat sungai. Semlga cukup jelas dan bermanfaat ya.