Pengertian dan Fungsi Gudang



Dalam kegiatan bisnis, terutama di bidang produksi atau industri, kita akan sering menemui istilah gudang. Gudang menjadi suatu hal yang tidak bisa terlepas dalam dunia bisnis perdagangan barang, terutama pada barang -barang industri dan di bagian produksi. Gudang memang merupakan hal yang sangat penting. 

Gudang dalam dunia indistri atau produksi ini pada dasarnya berbeda dengan gudang individu atau yang ada di rumah -rumah. Meski secara sederhana bisa dipahami dalam arti yang sama, akan tetapi ada hal yang membedakan antara jenis gudang ini. Lalu, apa pengertian gudang dan apa fungsi gudang tersebut? 


Pengertian Gudang

Pengertian gudang dapat didefinisikan sebagai suatu tempat yang dibebani dengan tugas untuk menyimpan barang -barang yang hendak dipergunakan untuk produksi, hingga barang tersebut diminta sesuai dengan jadwal produksinya. 

Keberadaan gudang ini difungsikan sebagai buffer atau penyeimbang serta untuk menentukan langkah suatu perusahaan selanjutnya. Dalam artian, apakah perusahaan menggunakan gudang tersebut untuk tujuan komersial atau lebih baik hanya digunakan sendiri. 

Di dalam perdagangan, gudang umumnya dipergunakan sebagai tempat untuk melayani beberapa konsumen yang berbeda-beda. Secara umum, gudang juga akan mempunyai tenaga kerja yang cukup yang disertai dengan perlengkapan. 

Sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka pengadaan gudang juga bertujuan untuk kepuasaan konsumen atau pengguna. Karenanya, diaturlah jarak penyimpanan yang dilakukan dalam batas waktu tertentu, baik yang lama maupun yang pendek, yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Misi Gudang

Pengadaan komersial gudang dapat menguntungkan bagi industri perdagangan. Sebab, gudang dapat mendorong adanya keluwesan atau flexibility serta manajemen yang profesional. 

Sebagai penyimpanan produk, gudang juga mempunyai beberapa misi atau tugas tertentu dalam jaringan distribusi pemasaran. Misi gudang dalam jaringan distribusi pemasaran melingkupi :
a. Menjaga persediaan barang yang digunakan, sebagai bentuk penyeimbang dan penyangga (buffer) dari variasi antara penjadwalan produksi dan permintaan dari konsumen.
b. Sebagai penyalur di dalam sebuah daerah pesanan, yang memiliki jarak transportasi terpendek sehingga dapat memberikan jawaban cepat akan permintaan pelanggan.
c. Digunakan sebagai tempat akumulasi dan menguatkan produk -produk dalam kegiatan produksi serta pendistribusian.

Fungsi Pokok Gudang

Gudang merupakan tempat penyimpanan produk serta untuk memenuhi permintaan pelanggan secara cepat. Dari pengertian ini, maka gudang mempunyai beberapa fungsi di antara penerimaan dan pengiriman produk. 

Fungsi-fungsi pokok gudang, dapat meliputi :
a. Assembling the order (perakitan pesanan)
b. Dispatching ke penyimpanan
c. Dispatching the shipment
d. Identifying and sorting (pengidentifikasian dan penyaringan)
e. Maintaining record (perawatan produk)
f. Packaging (pengepakan)
g. Picking the order (pemilihan pesanan)
h. Receiving (penerimaan) dan shipping (pengiriman)
i. Storing (penyimpanan)

Tujuan Utama Pengadaan Barang 

Gudang atau tempat penyimpanan ini memang mempunyai fungsi yang amat penting dalam menjaga kelancaran operasi produksi pada suatu pabrik. Tujuan dan fungsi penyimpanan dari gudang secara umum adalah untuk memaksimalkan utilitas sumber daya yang ada, kemudian memenuhi kebutuhan pelanggan atau memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan dengan jalan memperhatikan kendala sumber daya yang ada. 

Terkait hal tersebut, terdapat tiga tujuan utama yang berkaitan dengan pengadaan barang. Tujuan utama pengadaan barnag, yaitu:
1. Pengawasan. Yakni suatu sistem administrasi yang terjaga dengan baik, dilakukan untuk mengontrol keluar masuknya material. Tugas pengawasan ini menyangkut keamanan material, agar tidak terjadi suatu material yang hilang.
2. Pemilihan. Yakni aktivitas pemeliharaan atau perawatan agar material yang disimpan dalam gudang tidak cepat mengalami kerusakan ketika masa penyimpanan.
3. Penimbunan atau penyimpanan. Yakni agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan, maka material yang hendak dipakai akan tetap tersedia, sebelum dan selama proses produksi tersebut berlangsung.

Fungsi Utama Gudang

Dalam memfasilitasi proses dan aktivitas pengelolaan barang, fungsi utama gudang adalah:
1. Penerimaan (receiving). Adalah proses untuk menerima material pesanan perusahaan, dengan menjamin kuantitas material yang dikirim oleh pihak supplier, serta mendistribusikan material tersebut ke lantai produksi.
2. Persediaan. Adalah kegiatan untuk menjamin agar permintaan dapat dipenuhi sesuai dengan tujuan perusahaan yakni memenuhi kepuasan pelanggan.
3. Penyisihan (put away). Adalah untuk menempatkan barang-barang dalam lokasi penyimpanan.
4. Penyimpanan (storage). Adalah suatu bentuk fisik dari barang-barang yang disimpan sebelum ada permintaan.
5. Pengambilan pesanan (order picking). Adalah suatu proses pengambilan barang dari gudang yang sesuai dengan permintaan.
6. Pengepakan (packaging). Adalah langkah pilihan setelah proses pengambilan (picking).
7. Penyortiran. Adalah suatu proses pengambilan batch menjadi pesanan individu dan akumulasi pengambilan yang terdistribusi, yang disebabkan variasi barang ada dalam jumlah besar.
8. Pengepakan dan pengiriman. Adalah suatu pemeriksaan barang dalam kontainer hingga terjadinya pengiriman.


Diberdayakan oleh Blogger.