Pengertian dan Syarat Segmentasi Pasar



Segmentasi pasar adalah suatu hal yang penting untuk diketahui oleh mereka yang bergerak di bisnis perdagangan. Secara umum, segmentasi pasar merupakan suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok – kelompok pasar yang lebih kecil. Kelompok – kelompok ini terdiri dari orang – orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian segmentasi pasar secara sederhana dapat diartikan sebagai pembagian suatu pasar yang sifatnya heterogen ke dalam kelompok pembeli yang homogen, dimana kelompok satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sebagai sasaran pasar yang dicapai melalui marketing mix tersendiri.

Pengertian segmentasi pasar juga bisa dilihat dari beberapa ahli ekonomi. Berikut ini adalah beberapa pengertian segmentasi pasar menurut ahli :

a. Pride dan Ferrel (1995)
Pengertian segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen – segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakterisitik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.

b. Swastha dan Handoko (1997)
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi – bagi pasar/ market yang bersifat heterogen ke dalam satuan – satuan pasar yang bersifat homogen.

c. Saladin (2003 : 83)
Segmentasi pasar adalah proses pengelompokkan pasar ke dalam kelompok pembeli yang potensial dengan kebutuhan yang sama / karakteristik yang disuaki serta memperlihatkan hubungan yang sama pula.

Pengertian segmentasi pasar ini dapat dipahami secara sederhana sebagai suatu cara perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran yang dilakukan dengan cara mempersempit pasar. 

Pasar yang semula sangat luas dan masih bersifat heterogan, kemudian dibagi-bagi atau disegmentasi ke dalam beberapa kelompok pasar yang lebih sempit lagi, dimana masing-masingnya bersifat homogen. 

Sebetulnya, dalam menentukan sifat homogen suatu pasar ini tidak ada patokan atau kriteria khusus. Yang menentukan pasar tersebut sudah homogen atau belum adalah para pemasar sendiri melalui kriteria yang ditentukan sendiri dari segmen pasar yang disasarnya. Segmen pasar ini disesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.


Syarat Segmentasi Pasar

Dalam melakukan segmentasi pasar ini, ada syarat – syarat segmentasi pasar yang harus dipenuhi agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Meskipun sifat homogen dari segmen pasar bisa ditentukan sendiri dan tidak ada patokan khusus, tapi syarat ini diperlukan guna membuat segmentasi pasar dapat secara tepat memenuhi kebutuhan pemasaran.

Baca juga: Memahami Segmentasi Pasar

Syarat segmentasi pasar ini adalah sebagai berikut :

a. Harus dapat diukur (measurable)
Segmentasi pasar harus dapat diukur (measurable). Artinya, harus terukur secara tepat, baik dalam besarannya maupun luasnya, serta juga daya beli dari segmen pasar tersebut. 

Sebagai contoh segmentasi pasar yang dapat diukur dengan berpatokan bahwa seorang konsumen membeli produk sepatu karena terdorong atau tertarik oleh desainnya atau modelnya, atau bisa juga dengan patokan harga.

b. Harus dapat dilaksanakan (actionable)
Segmentasi pasar harus dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan segmentasi pasar yang bersifat actionable, maka semua program pemasaran yang disusun dapat dilaksanakan secara maksimal dan dapat melayani segmen pasar secara lebih efektif dan efisien.

c. Harus dapat dicapai (accessible)
Segmentasi pasar harus dapat dicapai dengan baik. Segmentasi pasar yang telah ditentukan oleh suatu perusahaan haruslah dapat dijadikan sebagai pasar sasaran (target market) yang benar-benar potensial.

d. Harus cukup luas (substansial)
Segmentasi pasar harus cukup luas. Meski segmentasi pasar bertujuan untuk lebih mempersempit kelompok target pasar, tapi tetap harus cukup luas. Dengan demikian dapat lebih menguntungkan perusahaan jika segmen pasar tersebut dilayani perusahaan. 

Tapi, meskipun demikian, bukan berarti segmentasi pasar dapat dapat ditentukan secara luas tanpa mempertimbangkan heterogenitasnya. Sifat homogen, dan sesuai dengan produk yang ditawarkan perusahaan harus tetap menjadi pertimbangan utama dalam menentukannya.

Jika ditarik garis besar, persyaratan segmentasi pasar ini pada dasarnya digunakan untuk membantu perusahaan agar dapat menilai kelayakan pasar dari suatu produk untuk dapat disegmentasikan atau tidak.


Diberdayakan oleh Blogger.