Slogan: Pengertian, ciri-ciri, tujuan, jenis-jenis beserta pembahasan lengkap tentang slogan

Pengertian Slogan 

Slogan adalah suatu frasa atau motto dalam rangkaian kata atau kalimat singkat yang dibuat semenarik mungkin, lebih mencolok, dan juga mudah diingat. Slogan bisa juga berupa semboyan yang dimiliki oleh suatu organisasi ataupun kelompok tertentu.

Ada yang berpendapat lain bahwa slogan merupakan bentuk ekspresi yang disampaikan dengan menuangkan gagasan yang bertujuan untuk menjelaskan kepada semua orang.

Walaupun dibuat dengan kalimat yang singkat dan sederhana, pada umumnya suatu slogan mempunyai arti dan  makna yang sangat luas. Tujuan utama dari suatu slogan adalah untuk membujuk masyarakat untuk mengikuti apa yang diperintahkan dalam slogan tersebut.

Baca juga: Pengertian Kalimat Efektif, Syarat, Ciri-Ciri dan Contohnya

Tujuan dari Slogan

Seperti pada penjelasan diatas yaitu tujuan utama dari suatu slogan itu adalah untuk membujuk masyarakat untuk mengikuti apa yang diperintahkan dalam slogan tersebut. Adapun beberapa tujuan slogan adalah sebagai berikut:

• Memberikan informasi secara signifikan
• memberikan pemahaman langsung mengenai kesadaran akan suatu hal yang masih berhubungan masyarkat luas.

• Memberikan himbauan akan kejadian tertentu
• Mengajak para masyarakat untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan slogan
• Memberikan rasa semangat kepada masyarakat umum

Baca juga: Mengenal Fakta dan Opini

Jenis - jenis dan Contoh Slogan

Sloga memiliki jenis yang dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu jenis slogan dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan serta slogan dalam bidang perbisnisan. Simak masing-masing penjelasannya berikut ini:

1. Jenis Slogan di Bidang Pendidikan

Slogan dibidang pendidikan sering kita jumpai di lingkungan sekolah dan dalam kelas. Pada umumnya slogan tersebut bertujuan untuk memberikan semangat, motivasi dan dukungan  kepada pelajar. Di bawah ini beberapa contoh slogan pendidikan dan penjelasannya.

• Gantunglah Cita-citamu Setinggi Bintang di Langit
Slogan ini biasanya ditempelkan di dinding-dinding kelas dan lingkungan sekolah. Dengan slogan ini siswa dapat sadar agar cita-cita harus setinggi mungkin hingga mereka akan belajar giat untuk mencapainya.

• Buku Adalah Jendela Dunia
Slogan di atas sangat cocok dipasang di Indonesia. Hal ini dikarenakan jumlah minat baca yang dilakukan oleh para pelajar Indonesia masih sangat kurang. Sehingga dengan slogan tersebut diharapkan dapat memotivasi pelajar untuk rajin membaca agar dapat mengetahui informasi mengenai pengetahuan di seluruh dunia.

• Pendidikan Adalah Pintu Menuju Masa Depan
Slogan yang satu ini memiliki makna yang sangat berarti. Karena akan memberikan motivasi, dukungan dan semangat kepada para pelajar. Sehingga mereka dapat meraih masa depan dengan gemilang.

2. Jenis Slogan di Bidang Kesehatan

Kesehatan memang mahal harganya. Saat ini banyak sekali orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan. Bahkan kondisi ini tidak mengingat umur. beberapa contoh slogan kesehatan berikut ini.;

• Sehat Dimulai dari Diri Sendiri
Slogan tersebut sangatlah benar. Kita akan memiliki tubuh dan pikiran yang sehat jika kita memulainya dengan gaya hidup yang sehat pula. Mulai dari pola makan, olahraga hingga pikiran harus benar-benar kita jaga dengan baik. Kalau bukan kita yang memulai lalu siapa lagi?

• Hidup Sehat, Hidup Nikmat
Hidup selalu diberkahi dengan adanya kesehatan yang prima. Siapapun yang ingin sehat maka mereka harus mengikuti syarat-syarat yang harus dipenuhi. Untuk memiliki hidup sehat tidak harus membutuhkan biaya yang mahal, kita cukup melakukan hal-hal yang tidak merugikan bagi kesehatan.

Jika sudah mengalami penyakit, maka kita harus mengeluarkan pengorbanan yang tidak sedikit. Mulai dari waktu yang terbuang, biaya yang dikeluarkan hingga proses untuk penyembuhan. Dengan demikian sudah dapat kita pastikan bahwa sehat akan memberikan kenyamanan dan kenikmatan bagi hidup kita.

Baca juga: Pengertian serta Ciri Kalimat Aktif dan Pasif

3. Jenis Slogan Dalam Bidang Lingkungan

Contoh slogan peduli lingkungan biasa kita temukan di tempat-tempat umum seperti taman kota, alun-alun, jalan raya dan tempat ramai lainnya. Slogan mengenai lingkungan dibuat untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan di sekitar kita. Berikut ini beberapa slogan lingkungan beserta maknanya.

• Make It Clean, Keep It Green
Contoh slogan ini menghimbau agar kita membuat lingkungan tetap bersih dan hijau. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memenuhi slogan ini. Seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi sampah plastik, penanaman pohon dan lain sebagainya.

• Bumiku, Rumahku
Kita tentu tahu bahwa bumi adalah tempat tinggal kita. Slogan ini tentu akan memberikan kesadaran kepada semua orang untuk menjaga bumi ini seperti rumah kita sendiri.

4. Jenis Slogan Dalam Bentuk Motivasi

Slogan motivasi merupakan suatu kalimat atau motor yang berisi kata-kata penyemangat atau motivasi. Dimana slogan ini ditujukan kepada semua orang. Ada banyak sekali contoh slogan motivasi, di antaranya adalah berikut ini.

• Rumah Tanpa Buku Seperti Rumah Tanpa Jendela
Buku merupakan jendela dunia, karena dengan buku seseorang dapat mengetahui hal-hal apapun di dunia. Mulai dari ilmu pengetahuan, adat, budaya, trend terbaru, teknologi dan lain sebagainya.

• Sekarang adalah Pembaca, Besok adalah Pemimpin
Kebiasaan membaca harus terus dilakukan. Karena akan dapat menjadikan kita sebagai seseorang yang pandai menulis hingga menggali makna yang lebih dalam. Dengan membaca kita dapat melatih untuk berpikir dengan baik. Tidak hanya itu, membaca dan menulis dapat menjadikan seseorang pandai berbicara dengan bahasa yang terstruktur dan berisi. Yang selanjutnya akan mengantarkan kita menjadi seorang pemimpin yang baik.

Catatan: Seperti Perhelatan Pemilu 2019 kemarin yang baru saja kita lalui. Slogan merupakan bagian yang sangat penting bagi Partai Politik dan juga lembaga seperti KPU untuk menarik minat masyarakat agar menentukan dan menggunakan hak pilihnya.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, tujuan, jenis-jenis beserta pembahasan lengkap tentang slogan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.