Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Poster: Pengertian, karakteristik, tujuan, jenis-jenis poster dan pembahasan lengkap

Pengertian Poster

Secara umum, pengertian poster adalah media publikasi yang terdiri dari informasi berupa gambar, teks atau pun kombinasi dari keduanya. Ada yang berpendapat lain bahwa poster adalah suatu pengumuman atau iklan yang didalamnya terdapat tulisan-tulisan, gambar atau perpaduan diantara keduanya. Poster biasanya dapat kita temui pada tempat-tempat yang dianggap strategis seperti pasar, kantor, kampus dan lain sebagainya.

Isi atau pesan yang terkandung didalam poster biasanya berbentuk persuasif atau ajakan. Oleh sebab itu, poster harus dibuat semenarik mungkin agar seseorang mau menerima ajakan tersebut.

Baca juga: Prinsip Komunikasi Efektif REACH

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi poster yang pernah dikemukakan oleh para ahli, yaitu:

1. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2010 : 51)
Definisi poster menurut pendapat Nana Sudjana dan Ahmad Rivai adalah perpaduan visual dari rancangan yang kokoh diliputi oleh berbagai macam warna serta pesan didalamnya. Tujuannya adalah agar menarik perhatian dari seseorang hingga ia mampu untuk mengingatnya kembali.

2. Arsyad (2007)
Definisi poster menurut pendapat Arsyad adalah media visual yang berbentuk 2 dimensi dimana didalamnya terdapat makna gambar atau pesan tertulis. Selain itu, poster juga dapat memberikan pengaruh dan motivasi terhadap orang yang melihatnya.

3. Sri Anitah (2008 : 12)
Definisi poster menurut pendapat Sri Anitah adalah gambar yang terdiri dari unsur visual seperti garis, gambar serta kata-kata tertentu guna menarik perhatian seseorang.

4. Rudi Susilana dan Cepi Riana (2009 : 14)
Definisi poster menurut pendapat Rudi Susilana dan Cepi Riana adalah kombinasi visual yangterlihat sangat jelas, menyolok hingga menarik perhatian orang sekitar.

Baca juga: Manajemen Pers: Definisi, bagian-bagian manajemen pers dan pembahasan lengkapnya

Karakteristik Poster

Poster memiliki sejumlah karakteristik tertentu. Simak penjelasannya dibawah ini:
• Didalam poster terdapat komponen seperti teks ataupun gambar tertentu.
• Media yang digunakan dalam membuat poster umumnya adalah kertas atau kain dengan ukuran tertentu.

• Poster biasanya akan dipasang pada dinding yang memiliki permukaan datar atau berbagai macam tempat umum lainnya.
• Didalam poster terdapat sejumlah warna yang bersifat kontras dan sangat kuat.

• Poster mengandung isi atau pesan singkat, padat dan jelas.
• Makna pesan yang berada didalam sebuah poster umumnya bertujuan untuk mengajak orang lain agar mau melakukan hal yang berada didalam poster tersebut.

• Semua teks yang terdapat didalam poster menggunakan jenis font dan ukuran yang mudah dipahami oleh khalayak.

Tujuan Poster

Dari penjelasan sebelumnya kita dapat mengetahui bahwa poster memiliki tujuan utama yaitu memberikan informasi atau bahkan mengajak orang lain agar mau melakukan hal yang terdapat didalam poster itu sendiri.

Baca juga: Banner (Spanduk): Definisi, fungsi, tujuan, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang banner

Jenis - jenis Poster

Jenis – jenis poster sangat beragam tergantung isi poster tersebut. Dari kebanyakan poster yang ada, poster memiliki 2 macam jenis yaitu jenis poster berdasarkan isi dan tujuannya.

1. Jenis Poster Berdasarkan Isinya
• Poster niaga adalah poster yang digunakan untuk memberikan informasi terkait penawaran barang dan jasa. 
• Poster kegiatan adalah poster yang berkaitan dengan suatu kegiatan tertentu. Misalnya seperti pentas seni, seminar, jalan sehat, dan kegiatan sosial lainnya.

• Poster Pendidikan adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf yang bersifat mendidik atau memberikan pengetahuan kepada masyarakat dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.
• Poster Iklan Layanan Masyarakat adalah poster yang berisi tentang informasi mengenai pelayanan masyarakat seperti kesejahteraan dan lain sebagainya. Poster ini biasanya muncul di majalah dinding kantor desa, kantor kecamatan dan instansi pemerintah lainnya.
• Poster Seni Budaya adalah poster yang berkaitan dengan ekspresi dan desain grafis.

2. Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya
1. Poster propaganda adalah poster yang memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan segala hal yang bermanfaat bagi kehidupan sosial.
2. Poster kampanye adalah poster ini bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat akan dilakukannya pemilihan umum.

3. Poster film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopularkan film-film yang diproduksi dalam industri perfilman.
4. Poster komik adalah poster yang digunakan untuk memopularkan buku komik yang sempat mengalami masa kejayaan di tahun 1960-an.

5. Poster afirmasi adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memotivasi para pembacanya dengan menggunakan kata-kata yang tertulis di poster tersebut.
6. Poster riset atau kegiatan ilmiah adalah poster yang bertujuan untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset atau kegiatan ilmiah sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut andil dalam mengapresiasi kegiatan tersebut.

7. Poster kelas adalah poster yang berada didalam kelas pelajar. Tujuannya adalah untuk memotivasi dan lain sebagainya.
8. Poster komersial adalah poster yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu yang dibuat dengan budget tertentu sesuai dengan anggaran sales promotion.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, karakteristik, tujuan, jenis-jenis poster dan pembahasan lengkap tentang poster. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.