Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perencanaan Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Cara Menyusun Beserta Pembahasan Lengkapnya

Pengertian Perencanaan Pemasaran

Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang di lakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Sedangkan pemasaran adalah seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli.

Jadi Rencana Pemasaran adalah proses menentukan dengan tepat untuk mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa sampai mencapai tujuannya yaitu memuaskan kebutuhan pembeli.

Baca juga: Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Contoh beserta pembahasan lengkapnya

Pengertian Perencanaan Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Kurowski dan Sussman
Definisi perencanaan pemasaran menurut pendapat Kurowski dan Sussman adalah sebuah dokumen yang memiliki banyak kegiatan tertentu seperti menganalisis adanya peluang dan ancaman bagi perusahaan, menentukan sasaran pemasaran dan lain sebagainya.

Tujuan Perencanaan Pemasaran 

Banyak pemilik usaha membuat rencana pemasaran namun tidak digunakan kembali. Namun, pada rencana pemasaran menekankan pada sebuah arahan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Rencana pemasaran harus menjadi rujukan dan dinilai hasilnya secara berkala. 

Berikut adalah beberapa tujuan dari adanya pemasaran yang direncanakan sebelumnya, yaitu:

• Mengetahui dan memperbanyak pengetahuan mengenai informasi perubahan pasar dan kompetitor
• Menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan organisasi-organisasi lain
• Sebagai bentuk penyesuaian bisnis
• Meningkatkan keuntungan dengan usaha yang efisien dan efektif.

Baca juga: Pengertian dan Prinsip Asuransi

Manfaat Perencanaan Pemasaran

Membuat rencana pemasaran secara terperinci adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pemasaran sama pentingnya dengan produk atau layanan yang anda berikan. 

Tanpa pemasaran, konsumen dan klien tidak bisa mencari tahu tentang anda. Jika mereka tidak tahu tentang anda, mereka tidak dapat membeli apapun dari anda, dan akibatnya, Anda tidak akan menghasilkan uang. Berikut ini adalah manfaat dari rencana pemasaran:

• Mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik
• Untuk mengidentifikasi sejauh mana perkembangan perusahaan

• Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah
• Menjadi alat untuk menghindari konflik tentang bagaimana perusahaan harus bergerak

• Menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui
• Menjadi acuan supaya manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis

Cara Menyusun Perencanaan Pemasaran

Dalam penyusunan rencana pemasaran bisnis, membutuhkan beberapa komponen yang harus terlibat. Rencana pemasaran biasanya mencakup beberapa elemen termasuk deskripsi pesaing, permintaan akan produk atau layanan yang ditawarkan, kekuatan dan kelemahan dari sudut pandang pasar baik bisnis maupun pesaingnya.

Rencana pemasaran merupakan alat yang perlu digunakan setiap hari untuk membantu organisasi untuk menjangkau target pasar dan target keuntungan. Semua bisnis harus memahami pasar yang dibidik dan menjadi dasar dalam membuat rencana pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa langkah cara menyusun rencana pemasaran:

1. Melakukan Analisis Situasi
Salah satu komponen utama dalam memulai penyusunan rencana pemasaran adalah dengan analisis. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat memetakan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran
Setelah melakukan analisis SWOT, rencana pemasaran dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan.

Sehingga ketika sudah mengetahui kearah mana pemasaran dilakukan dapat dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut. Strategi pemasaran penting dilakukan untuk meminimalkan anggaran dan effort yang diperlukan untuk promosi namun dengan keuntungan yang maksimal.

3. Menyusun Strategi dan Program
Adapun strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan yang dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi., serta mendukung strategi tersebut dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan.

Baca juga: Marketing: Pengertian, fungsi, konsep beserta pembahasan lengkap

Dari penjelasan tentang pengertian rencana pemasaran serta tujuan dan manfaatnya di atas, dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang tidak menjalankannya dengan baik akan kesulitan bergerak mengikuti arah perubahan pasar. Alhasil, keuntungan yang didapatkan menjadi tidak maksimal.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian, Tujuan, Manfaat, Cara Menyusun Beserta Pembahasan Lengkapnya tentang perencanaan pemasaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.