Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Marketing: Pengertian, fungsi, konsep beserta pembahasan lengkap

Pengertian Marketing

Apa yang dimaksud dengan marketing? Secara umum, definisi marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan strategi tertentu agar produk dapat dijual dan digunakan oleh masyarakat umum. 

Ada yang berpendapat lain bahwa marketing merupakan kombinasi dari berbagai kegiatan yang memiliki tujuan sama yaitu untuk mencari tahu produk apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen atau pasar. 

Informasi tersebut sangat penting bagi perkembangan suatu produk, harga, pelayanan dan promosi. Tak hanya mengembangkan, namun juga dapat menciptakan suatu produk sendiri sehingga perusahaan mendapat keuntungan yang optimal. 

Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui bahwa marketing sangat berhubungan erat dengan produsen dan konsumen. 

Baca juga: Apa Saja yang Ada dalam Marketing Mix 4P?

Fungsi Marketing

Kita tahu bahwa marketing merupakan suatu hal yang penting bagi sebuah perusahaan karena hasil dari kegiatan tersebut dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Mari kita simak fungsi marketing yang ada dibawah ini:

1. Fungsi pertukaran

Didalam sebuah marketing selalu terdapat produk yang akan dijual. Para konsumen yang menyukai produk tersebut mungkin akan langsug membelinya. Disanalah fungsi pertukaran muncul, “Ada uang ada barang”. 

Dengan kata lain, untuk membeli suatu produk yang diinginkan maka seorang konsumen harus mengorbankan atau memberikan uangnya kepada penjual. Sebaliknya, seorang penjual harus memberikan produk kepada pembeli.

2. Fungsi penyaluran

Sebelum produk berada ditangan konsumen maka produk tersebut harus melalui beberapa proses distribusi fisik terlebih dahulu. Proses tersebut meliputi pengambilan, klasifikasi, penyimpanan, packing lalu pengiriman produk.

3. Fungsi perantara

Marketing merupakan suatu alat perantara bagi produsen dan konsumen. Kita dapat melakukan fungsi perantara ini dengan cara mencari informasi, biaya, klasifikasi produk dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, ketiga hal tersebut telah menjadi fungsi utama dari sebuah kegiatan marketing. Fungsi lainnya yaitu:

• Sebagai sales yang bertujuan untuk menjual produk-produk tertentu
• Sebagai alat promosi yang bertujuan untuk mengenalkan produk yang kita miliki kepada para konsumen atau masyarakat umum

• Dapat dijadikan sebagai alat penelitian dan pengembangan terkait produk yang telah dinilai oleh konsumen
• Membantu mewujudkan marketing communication

Baca juga: Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Contoh beserta pembahasan lengkapnya

Konsep Marketing

Secara umum, marketing memiliki 4 konsep utama, yaitu produksi, produk, pemasaran dan penjualan. Simak masing-masing penjelasannya dibawah ini:

1. Produksi

Segala bahan baku akan diproses dalam konsep yang satu ini. Bahan baku tersebut kemudian akan diolah menjadi bahan jadi atau bahkan dapat meningkatkan nilai jual produk. Selain itu, para tim marketing juga harus mengumpulkan informasi terkait produk apa saja yang sedang diminati oleh para konsumen. Tujuannya untuk mencegah kerugian dan lain sebagainya.

2. Produk

Dapat digaris bawahi bahwa produk dan produksi memiliki makna yang berbeda. Jika produksi adalah prosesnya maka produk merupakan barang yang akan diproduksi. Produk dapat dibedakan menjadi 3 bagian yaitu ide kreatif atau inovatif, produk barang dan produk jasa.

Sebagian masyarakat mungkin lebih menyukai produk berkualitas dengan harga terjangkau. Oleh sebab itu, perusahaan harus mampu menghasilkan suatu produk yang memiliki kualitas terbaik karena tanpa hal itu perusahaan akan mengalami kesulitan dalam kegiatan marketing.

3. Pemasaran

Kegiatan pemasaran bertujuan untuk memenuhi permintaan konsumen atau pasar. Kegiatan yang dimaksud adalah penentuan harga, menciptakan produk yang memiliki nilai jual tinggi, mempromosikan produk, memberikan pelayan yang baik terhadap pelanggan atau konsumen dan masih banyak kegiatan pemasaran lainnya.

4. Penjualan

Segala kegiatan marketing pada umumnya akan berujung pada angka penjualan. Dengan kata lain, apabila produk banyak diminati oleh para konsumen maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan didapatkan. Sebaliknya, apabila produk yang dijual ternyata tidak begitu laku maka keuntungan yang didapatkan pun menjadi kurang maksimal.

Oleh sebab itu, tim marketing harus mempersiapkan strategi tertentu agar para konsumen mau membeli produk-produk yang dimiliki seperti memberikan diskon 50%, buy 1 get 1 dan lain sebagainya. 

Baca juga: Pengertian dan Prinsip Asuransi

Demikian penjelasan mengenai pengertian, fungsi, konsep beserta pembahasan lengkap tentang marketing. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya. Terima kasih telah membaca.