Pengertian Market Share dan pembahasan lengkapnya

Dalam artikel kali ini, kami akan menyajikan informasi yang berkaitan dengan market share. Sebagian orang mungkin masih bingung dengan istilah yang satu ini. 

Segala informasi yang berkaitan dengan market share akan dijelaskan dibawah ini, mulai dari pengertian market share, cara mengukur keberhasilan suatu market share hingga tips untuk meningkatkan market share. 

Apakah market share dan pangsa pasar memiliki makna yang sama? Mari kita simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Market Share

Apa yang dimaksud dengan market share? Secara umum, definisi market share merupakan karakter (market segment) yang dimiliki oleh konsumen, karakter tersebut dapat dilihat  berdasarkan atas permintaan suatu barang sehingga dalam pelaksanaannya konsumen dapat dibedakan menjadi beberapa golongan tertentu. Golongan tersebut dapat dilihat dari usia pelanggan, jeins kelamin, tingkat penghasilan, pendidikan serta status sosial.

Market share juga dapat disebut sebagai pangsa pasar. Market share merupakan pasar yang sedang dikuasai oleh suatu perusahaan tertentu. Selain itu, potensi jualnya pun dapat dinyatakan dalam bentuk presentase. 
Ada yang berpendapat lain bahwa market share merupakan presentase dari hasil penjualan produk baik barang maupun jasa.

Baca juga: Pengertian dan Prinsip Asuransi

Mengukur Keberhasilan Perusahaan dalam Market Share

Market share adalah seluruh hasil penjualan yang telah dilakukan oleh perusahan-perusahaan yang ada akan dihitung total, hasil tersebut kemudian akan dibukukan. Perusahaan yang dianggap memenuhi syarat maka ia yang akan mendapatkan keberhasilan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan telah menentukan target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Sedangkan dana yang harus dikeluarkan untuk melakukan promosi terkait target tersebut adalah sebesar Rp. 40 Juta. 

Apabila target pangsa pasar melebihi angka 10% maka kinerja yang dilakukan oleh perusahaan tersebut berjalan dengan baik. Namun, apabila target pangsa pasar tidak mampu mencapai angka 10% maka kinerja perusahaan dianggap belum maksimal. 

Apabila perusahaan dinyatakan sebagai perusahaan yang gagal dalam memenuhi syarat pangsa pasar maka perusahaan tersebut harus menganalisa sejumlah faktor tertentu seperti apakah pangsa pasar terlalu tinggi, apakah para pesaing memiliki industri yang sama dengan perusahaan kita, apakah daya saing mengalami penurunan, apakah promosi yang telah dilakukan sudah memenuhi target dan masih banyak hal lainnya yang harus dianalisis.

Baca juga: Marketing: Pengertian, fungsi, konsep beserta pembahasan lengkap

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Cara mengetahui ukuran pasar dapat dilakukan dengan cara melakukan penelitian. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat mengetahui potensi apa saja yang terdapat didalam suatu pasar sehingga target sasaran dapat dibentuk secara jelas.

Setelah kita melakukan penelitian maka langkah yang harus kita lakukan adalah mengetahui dan mempelajari siapa yang akan menjadi lawan perusahaan dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh perusahaan tersebut.

Perusahaan harus menentukan strateginya dengan tepat. Selain itu, perusahaan harus dapat mempersempit segmentasi produk serta mengembangkan strategi bauran pemasaran. Misalnya seperti perusahaan yang bergerak dibidang industri minuman. 

Perusahaan seharusnya tidak hanya menjelaskan bisnis yang dijalankannya saja namun juga harus dapat menjelaskan secara spesifik seperti industri minuman kopi, teh, rasa buah-buahan dan lain sebagainya.

Baca juga: Dasar Pemikiran Neoliberalisme

Cara Meningkatkan Market Share

Pangsa pasar merupakan suatu hal yang penting untuk dianalisis oleh perusahaan. Pasalnya, market share mampu memberikan informasi terkait kelemahan dan kelebihan sehingga perusahaan dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkannya. 

Perusahaan dapat melakukan analisis SWOT untuk dapat memahami kelemahan dan kekurangan yang dimilikinya sehingga perusahaan tersebut dapat merencanakan hal apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas seperti merubah harga produk, merubah sistem layanan, merubah sistem pendistribusian dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa cara agar perusahaan dapat meningkatkan market sharenya:

• Memilih jenis bisnis yang belum banyak diketahui oleh perusahaan lain
• Memiliki rasa optimisme pada bisnis yang akan dijalankan

• Menentukan target perusahaan untuk masa yang akan datang
• Mencari informasi mengenai kekuatan yang dimiliki oleh para pesaing lainnya

• Mencermati pergerakan harga yang telah ditargetkan dalam bidang industri
• Menentukan harga yang tepat
• Memperluas jaringan pasar

Demikian penjelasan mengenai market share. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.