Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Baliho: Definisi, ciri-ciri, fungsi, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang baliho

Definisi Baliho

Secara umum, definisi baliho adalah alat atau media yang dapat memberikan berbagai macam informasi kegiatan atau event yang berhubungan dengan masyarakat umum. 

Secara etimologis, kata baliho diambil dari istilah yang berasal dari bahasa Arab. Makna dari istilah baliho ini adalah “menyampaikan”. Segala informasi yang berkaitan dengan masyarakat umum dibentuk sedemikian rupa dalam sebuah baliho. Bentuk informasinya dapat berupa promosi, iklan, tersirat, produk berupa barang atau jasa dan lain–lain. 

Baliho merupakan salah satu bentuk dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada umumnya, baliho dicetak dengan menggunakan mesin print digital yang dapat berbentuk vertikal maupun portrait.

Baca juga: Manajemen Pers: Definisi, bagian-bagian manajemen pers dan pembahasan lengkapnya

Ciri - ciri Baliho

Untuk dapat membedakan jenis media informasi ini dengan media informasi lainnya maka anda perlu mengidentifikasi ciri-cirinya terlebih dahulu. Simak penjelasannya dibawah ini:

• Isi pesan yang berada dalam baliho cenderung menekankan kepada hal-hal yang berkaitan dengan suatu kegiatan atau event yang dipromosikan kepada masyarakat umum.
• Pada umumnya, baliho menggunakan ukuran yang besar agar dapat dilihat secara luas oleh masyarakat umum.

• Baliho sering diletakkan di pinggir jalan. Ciri-ciri baliho yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk didengar, pasalnya kita pasti melewati dan melihat baliho tersebut dipinggir jalan. 
• Baliho sangat mudah untuk bongkar pasang kembali

Baca juga: Manajemen Komunikasi: Definisi, tujuan, fungsi beserta contoh dan pembahasan lengkap

Fungsi dan Manfaat Baliho

Dibalik pemasangan baliho pasti terdapat sejumlah tujuan atau alasan-alasan tertentu. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi fungsi dan manfaat dari adanya baliho tersebut, yaitu:
• Baliho dapat memberikan materi atau isi pesan yang masih berkaitan dengan suatu iklan yang dipromosikan. Jadi, didalam baliho tidak hanya terdapat gambar saja namun materi atau isi iklan juga akan dipaparkan dalam baliho tersebut sehingga masyarakat mudah untuk memahaminya.

• Perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar. Kadang, hal ini dapat menyebabkan seseorang atau kelompok tertentu berlomba-lomba untuk mempromosikan iklan yang dimilikinya karea pada umumnya baliho tidak menggunakan dana yang besar.

• Dapat memberikan informasi mengenai isu kontemporer. Seperti apa yang telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya bahwa baliho adalah alat atau media yang dapat memberikan berbagai macam informasi kegiatan atau event yang berhubungan dengan masyarakat umum. Misalnya ada kegiatan program kesehatan seperti melakukan senam, bersepeda dan lain sebagainya di suatu wilayah. Program tersebut biasanya di selenggarakan oleh organisasi tertentu.

• Dapat meningkatkan popularitas dikalangan mayarakat umum. 

Baca juga: Banner (Spanduk): Definisi, fungsi, tujuan, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang banner

Jenis - jenis Baliho

Berikut adalah beberapa jenis baliho yang harus anda ketahui, yaitu:

• Flexi Korea dan Flexi China: Kualitas yang terdapat pada kedua jenis baliho ini rupanya tidak jauh berbeda.
• Flexi Jerman: Jenis baliho ini merupakan jenis kualitas yang memiliki unsur dengan kualitas terbaik, namun harga yang harus dikeluarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

• Abadros: Pada umumnya, jenis baliho ini jauh lebih bagus digunakan pada ruangan indoor (dalam ruangan) ketimbang outdoor (luar ruangan). Hasil desain pada jenis abadros jauh lebih tajam dan lebih halus.
• Baliho vertikal: Jenis baliho yang satu ini lebih menekankan pada sebuah ukuran tersendiri. Pada umumnya, baliho yang berbentuk vertikal ini memiliki ukuran sebesar 2x3 atau 4x6 meter.

• Baliho horizontal: Tidak berbeda jauh dengan jenis sebelumnya, jenis baliho ini juga menekankan pada sebuah ukuran tersendiri. Namun ukuran yang digunakan pada jenis baliho ini jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya, yaitu sebesar 3x4 meter.

Ada yang mengatakan bahwa baliho merupakan media informasi seperti bentuk poster pada umumnya. Hanya saja ukuran baliho lebih besar dibandingkan dengan poster itu sendiri. 

Tidak hanya baliho, poster juga memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda yaitu A0, A1, A2 dan A3. Letak perbedaan antara baliho dan poster ada pada sistem display-nya. Sistem display yang terdapat pada sebuah baliho dapat berupa ring, huruf Y, huruf X, donut dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai definisi, ciri-ciri, fungsi, jenis-jenis serta pembahasan lengkap tentang baliho. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.