Jumat, 06 September 2019

Manajemen: Definisi, fungsi, tujuan, unsur, jenis-jenis dan pembahasan lengkap

Definisi Manajemen

Secara umum, definisi manajemen adalah proses yang digunakan oleh sejumlah orang untuk mengatur apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

Apabila kita melihat dari segi etimologi, definisi manajemen merupakan istilah yang diambil dari bahasa Perancis kuno yaitu “management” atau seni dalam mengatur dan melaksanakan. Selain itu, manajemen juga dapat kita sebut sebagai proses dalam memberikan koordinasi, organisasi, mengontrol, merencanakan dan lain sebagainya.

Manajemen digunakan agar tujuan yang telah kita rencanakan dapat tercapai secara efektif dan efisien. T. Hani Handoko pernah menjelaskan bahwa manajemen sangat diperlukan. Berikut beberapa alasan mengapa manajemen tersebut sangat diperlukan:

Untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi.
Untuk menjaga keseimbangan antara beberapa hal yaitu tujuan, sasaran serta kegiatan.
Agar segala kegiatan yang dilakukan dalam organisasi dapat berjalan efektif dan efisien.

Baca juga: Manajemen Administrasi: Definisi, tujuan, fungsi, tugasnya serta pembahasan lengkapnya

Definisi Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi manajemen yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli dibawah ini:

1. Oey Liang Lee
Definisi manajemen menurut pendapat Oey Liang Lee adalah suatu seni yang didalamnya terdapat berbagai macam proses seperti perencanaan, pengorganisasian dan lain-lain.

2. Renville Siagian
Definisi manajemen menurut pendapat Renville Siagian adalah suatu usaha yang hanya akan menekankan pada adanya jasa pelayanan

Fungsi Manajemen Dalam Bisnis

Fungsi manajemen harus bisa dijadikan sebagai bahan acuan untuk mengambil keputusan, hal itu tentunya akan dilakukan oleh seorang manajer. Ada 5 fungsi utama manajemen yang harus anda ketahui, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengawasan. Berikut masing-masing penjelasannya:

1. Perencanaan / planning
Tahukah anda bahwa fungsi ini merupakan fungsi yang paling penting dalam manajemen bisnis? Segala tindakan atau aktivitas yang dilakukan dalam perusahaan akan dievaluasi, apabila ada suatu masalah maka seorang manajer harus dapat memberikan solusi terkait soal tersebut.

Selain itu, sebelum seorang manajer bertindak maka ia perlu merencanakannya terlebih dahulu. Rencana tersebut harus dibuat searah dengan tujuan yang ingin dicapai karena jika tidak maka akan menyebabkan penyimpangan sehingga terjadi kekacauan.

2. Pengorganisasian / Organizing
Pengorganisasian ini biasanya akan memecah kegiatan besar menjadi beberapa kegiatan kecil lainnya. Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat membuat seorang manajer menjadi lebih mudah untuk melakukan pengawasan dan mengambil keputusan terkait sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu. Manajemen ini lebih menekankan kepada adanya sumber daya manusia.

3. Penempatan / Staffing
Fungsi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan fungsi yang sebelumnya, yaitu fungsi pengorganisasian. Namun, sistem pelaksanaan pada fungsi yang satu ini jauh lebih besar dan luas dibandingkan fungsi sebelumnya karena fungsi penempatan lebih menekankan pada adanya sumber daya yang umum digunakan. Jadi, tidak ada spesifikasi tertentu untuk sumber dayanya.

4. Pengarahan / Directing
Dengan adanya pengarahan ini maka semua para karyawan dapat melakukan tugas dan perannya masing-masing sehingga tujuan dapat difokuskan secara optimal.

5. Pengawasan / Controlling
Fungsi pengawasan juga tidak kalah pentingnya dengan fungsi lainnya. Dengan adanya fungsi ini maka segala pekerjaan dan kegiatan dapat dikontrol dengan maksimal sehingga dapat meminimalisirkan terjadinya penyimpangan. Selain itu, seorang manajer juga dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja para karyawannya karena evaluasi merupakan salah satu bagian terkecil dari fungsi pengawasan manajemen ini.

Baca juga: Administrasi Pembangunan: Definisi, ruang lingkup, fungsi, tujuan serta pembahasan lengkapnya.

Unsur - unsur Manajemen

Berikut adalah beberapa unsur yang terdapat didalam suatu manajemen, yaitu:

1. Sumber Daya Manusia (SDM)
Dalam pelaksanaannya, manusia merupakan unsur yang paling menentukan jalannya proses atau kegiatan yang ingin dicapai.

2. Uang atau Dana
Uang merupakan hal yang sangat berpengaruh bagi proses pencapaian tujuan. Seorang manajer harus bisa menentukan dengan baik berapa uang yang akan dikeluarkan untuk memberi upah atau gaji kepada karyawan, peralatan dan lain sebagainya.

3. Material
Perusahaan dapat menentukan bahan mana yang akan dijadikannya sebagai produk dan lain sebagainya. Apabila bahan tersebut berkualitas baik maka tujuan akan mudah dicapai secara optimal. Material dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu bahan jadi dan bahan setengah jadi.

4. Mesin
Mesin merupakan alat yang dapat membantu pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

5. Metode
Metode akan menentukan bagaimana suatu kegiatan atau pekerjaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

6. Pasar
Unsur pasar juga tidak kalah pentingnya dengan unsur-unsur lainnya, karena pada unsur ini produk-produk yang dihasilkan dapat dijual sehingga akan menghasilkan keuntungan bagi produsennya.

Baca juga: Manajemen Waktu: Definisi, manfaat, fungsi, tujuan beserta pembahasan lengkapnya

Contoh Manajemen

Sebagian masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah manajemen ini. Pasalnya, istilah manajemen dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Simak contoh manajemen dibawah ini:

Manajemen strategi
Manajemen biaya
Manajemen personalia
Manajemen pemasaran
Manajemen produksi
Manajemen administrasi perkantoran
Manajemen organisasi
Manajemen perusahaan
Manajemen keuangan
Manajemen pendidikan
Manajemen komunikasi
Dan lain-lain

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, fungsi, tujuan, unsur, jenis-jenis dan pembahasan lengkap tentang manajemen. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya dan terimakasih telah membaca.


Loading...