Selasa, 11 Juni 2019

Pasar Modern: Definisi, Karakteristik, kelebihan dan kekurangan pasar modern

Pasar modern mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ada yang telah terlibat langsung dalam pelaksanaannya, namun juga ada yang tidak. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? 

Mengapa hanya sebagian kalangan saja yang dapat merasakan pasar modern tersebut? Bagaimana dengan anda? Untuk dapat memahaminya lebih jelas, mari kita simak penjelasan-penjelasan mengenai pasar modern dibawah ini.

Definisi Pasar Modern

Secara umum, pasar modern adalah pasar yang kegiatannya tidak ada tawar-menawar antara penjual dan pembeli. Jadi, harga produk barang atau jasa yang dipasarkan sudah merupakan harga tetap. 

Biasanya produk yang diperjualbelikan ini adalah produk yang memiliki nilai kualitas  tinggi sehingga tak jarang kita melihat label-label harga tertentu dalam suatu produk. 

Dan pada umumnya pasar modern ini terletak di wilayah perkotaan, bahkan pinggiran kota, tempatnya yang bersih sehingga membuat para konsumen menjadi loyal untuk kembali berbelanja dalam pasar tersebut. Selain itu, produk yang dipasarkan juga sangat lengkap mulai dari kebutuhan pangan, sandang hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Kita dapat melihat pasar modern ini di sekitar lingkungan anda, seperti Matahari Departement Store, Ramayana, Hypermasrt, Carrefour, Hero, Alfamart, Indomaret dan lain-lain. 


Baca juga: Memorandum of Understanding (MoU): Definisi, Tujuan dan manfaat serta Jenis-jenis MoU

Karakteristik Pasar Modern

Adapun ciri-ciri yang dapat kita kenali yaitu:

• Tidak adanya tawar menawar
• Dalam setiap produknya memiliki label harga
• Produk yang dipasarkan merupakan produk berkualitas tinggi

• Pasarnya memiliki tempat sendiri sehingga pelayanannya pun dilakukan sendiri (sewalayan)
• Tempatnya sangat terjamin kenyamanan dan keamanannya karena ada CCTV dan Cleaning service
• Produk yang dipasarkan sangat tertata rapih hingga memudahkan bagi para konsumennya

• Tidak adanya campur tangan dari pemerintah
• Sistem pembayarannya melalui kasir
• Dapat memberi kepuasan tersendiri bagi konsumennya sehingga menimbulkan loyalitas

Baca juga: Tax Amnesty: Definisi, Tujuan dan Manfaat serta Macam-macam Tax Amnesty


Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern

Setiap pasar pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tak terkecualikan pada pasar modern ini. Mari kita simak penjelasan mengenai kelemahan pasar dibawah ini: 

1. Membuat pasar lainnya tersaingiSecara tidak langsung, masyarakat pasti akan memberi rasa loyal terhadap pasar modern karena tempatnya yang nyaman dan sebagainya, hal tersebut justru membuat pasar tradisional merasa kalah saing sehingga konsumennya menjadi minim yang membeli di pasar tersebut.


2. Terjadi kesenjangan ekonomiDengan adanya pasar tradisional tersebut maka secara tidak langsung hal itu dapat membuat para konsumen yang sebelumnya berada di pasar tradisional akan berpindah alih ke pasar modern sehingga hal itu membuat para pedagang mengalami kemerosotan ekonomi. Sedangkan kita tahu bahwa pedagang yang berada di pasar tradisional tersebut rata-rata adalah rakyat menengah kebawah. Hal itu membuktikan bahwa kesenjangan akan timbul diantaranya.


3. Terjadinya ekploitasi terhadap pemasokSeperti apa yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa pasar modern ini terletak di wilayah perkotaan dan pinggir perkotaan sehingga jumlah produk dari pemasok pun harus banyak pula. Hal tersebut dapat membuat persaingan antar pemasok dan hal itu justru dimanfaatkan oleh pasar tertentu.

4. Devisa negara menurunKita semua tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan banyak kekayaan sumber daya alamnya. Namun ternyata dengan banyaknya kekayaan-kekayaan tersebut justru membuat negara lain menjadi tertarik pada Indonesia. 

Dengan begitu, pihak asing mulai masuk dan mengambil alih pasar-pasar yang ada di indonesia seperti yang kita lihat banyaknya penanaman modal asing dan sebagainya. 

Akibatnya, Indonesia akan mengeluarkan kas negaranya untuk melakukan hal tersebut (Impor, dll) dan hal itu secara langsung dapat mengurangi kas negara.

Baca juga: Proses Produksi: Definisi, Jenis-Jenis dan Kategori Proses Produksi

Adapun kelebihan yang harus kita ketahui pada pasar modern ini adalah:

1. Produk berkualitasDalam pasar modern ini, kualitas produk merupakan hal yang paling utama. Karena hal tersebut akan memengaruhi daya tarik atau minat para konsumen. Tak sedikit masyarakat yang menyukai produk-produk berkualitas ini.

2. Tempatnya aman dan nyamanDalam pasar modern ini, kenyamanan dan keamanan juga sangat perlu diperhatikan karena hal tersebut menyangkut rasa royalitas terhadap para konsumen. Pada umumnya pasar ini menggunakan alat seperti kamera pengintai atau CCTV dan juga cleaning service, Security dan lain-lain.

3. Membuka lapangan pekerjaan baruSeperti apa yang telah disinggung sebelumnya bahwa pasar modern ini menggunakan alat seperti kamera pengintai, petugas kebersihan, petugas keamanan dan sebagainya sehingga secara tidak langsung hal itu membutuhkan tenaga kerja atau sumber daya manusia. Dengan kata lain, pasar seperti itu akan membuka lowongan pekerjaan baru guna memaksimalkan kegiatan pasar itu sendiri.

4. Meningkatkan PDB Kelebihan terakhir yang ada pada pasar modern ini adalah dapat meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB). PDB merupakan keseluruhan dari jumlah produksi barang dan jasa yang berada disuatu wilayah tertentu. Kedua hal tersebut akan di akumulasikan hingga menjadi suatu nilai total.

Demikian penjelasan mengenai pasar modern, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya.


Loading...

Jangan lupa LIKE FP kami