Senin, 03 Desember 2018

Tiga Web Panduan Blogging Terbaik untuk Para Blogger Pemula


Memperkaya ilmu dan pengetahuan tentunya sudah menjadi hal wajib dalam setiap bidang pekerjaan bukan? Sebab, jika kita ingin maju dan berkembang, maka kita harus terus menerus meningkatkan keahlian dan kapasitas pengetahuan dalam otak kita.

Hal ini juga berlaku bagi para blogger. Jika Anda ingin sukses menjadi blogger, maka adalah hal wajib bagi Anda untuk memperbanyak informasi mengenai blog. Apa pun hal seputar blog, cari tahu, pelajari. Ini penting terutama bagi para blogger pemula.

Ada banyak cara untuk memperkaya pengetahuan Anda tentang blog. Salah satunya ya dengan membaca buku. Jadi, baca setiap bagiannya, seluruhnya, sampai habis ya.

Nah, selain membaca buku, cara lain yang cukup praktis dan perlu dicoba adalah dengan membaca seputar blogging di internet. Ada banyak situs yang menyebarkan informasi seputar blog yang bisa dengan mudah Anda temukan di internet.

Saya sendiri pun, juga mempelajari ilmu blogging secara otodidak, lewat berbagai blog yang banyak tersebar di dunia maya. Baca saja semuanya yang bisa Anda temukan, sembari diresapi dan dipilah pilih mana yang terbaik dan tepat bagi Anda.

Saya sendiri, menurut kacamata pribadi saya, tertarik pada tiga web yang menurut saya pas untuk dijadikan sebagai panduan blogging bagi para blogger pemula. Anda memang bisa mengunjungi berbagai website untuk mencari informasi blogging. Tapi jika Anda ingin lebih hemat waktu, baca situs –situs yang terpercaya saja.

Membaca situs-situs tertentu saja sebagai rujukan utama dapat menghemat waktu Anda untuk memahami ilmu blogging, sekaligus mengurangi kebingungan bila ada informasi yang bertentangan antara satu web dengan web lain.

Bagi saya pribadi, ada beberapa situs menarik yang bisa Anda coba kunjungi, seperti :
1. panduanim.com,
2. maxmanroe.com,
3. portal-uang.com
Sebetulnya, ada banyak situs yang bisa Anda kunjungi untuk mengukupi ilmu –ilmu terkait blogger. Tapi, ketiga situs itulah yang saya rekomendasikan, dan memang sudah biasa saya gunakan.

Kenapa saya merekomendasikan ketiga situs itu? Bukan karena saya sebagai endorse dan dapat bayaran dari situs itu ya. Sama sekali tidak. Saya merekomendasikannya karena saya sudah banyak mempelajari materi –materi dalam situs tersebut, dan memang apa yang diajarkan di sana adalah yang paling logis dan aplikatif.

baca juga: Cara Menentukan Niche Blog yang Paling Menguntungkan

Yang terpenting, apa yang dituliskan di sana adalah hal –hal nyata berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Jadi gampangnya, ilmu itu sudah dipraktekkan di blog mereka, dan hasilnya, memang sudah mereka buktikan sendiri.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam blogging adalah hal yang paling tidak pasti di dunia ini. Tidak ada ilmu pasti atau patokan yang menjamin proses blogging bisa berjalan sesuai harapan. Banyak hal yang seringkali tidak terduga bisa terjadi dalam proses blogging ini. Seringkali, kita harus berhadapan dengan gud luck atau bad luck.

Di luar faktor X tersebut, untungnya masih ada garis besar haluan blogging yang bisa kita jalankan. Setidaknya, garis –garis yang sudah digoreskan oleh para mastah tersebut sudah banyak dibuktikan, meski tingkat keakuratannya tidak seratus persen.

Itu sebabnya, Anda mungkin akan menemukan informasi –informasi yang kadang beda antara satu referensi dan referensi lain. Tidak ada yang salah dari perbedaan itu. Juga, tidak ada yang mutlak benar.

Coba saja di blog Anda, dan pilih mana yang paling sesuai. Inilah pula sebabnya, Anda perlu banyak memperkaya informasi dari berbagai sumber.

Demikian, tips blogging singkat kali ini mengenai referensi tiga web panduan blogging yang menurut saya pribadi adalah yang paling cocok untuk dijadikan sebagai panduan bagi blogger pemula, bahkan bisa juga bagi yang sudah sampai level menengah. Semoga beruntung.

Bantu kami dengan klik "LIKE"