Sabtu, 05 Mei 2018

14 Cara Membuat Blog Gratis Lewat Platform dengan Tampilan Menarik

platform blog

Apakah Anda sedang berencana membuat blog sendiri? Jika Anda sudah biasa membuat blog, tentu cara membuat blog bukanlah hal yang asing dan sulit. Tapi, jika Anda adalah pemula, Anda mungkin masih kebingungan mengenai cara buat blog sendiri ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat blog. Ada yang gratis ada yang berbayar. Tentunya, akan lebih menyenangkan bila kita bisa membuat blog secara gratis. Cara membuat blog gratis bisa dengan memanfaatkan aneka platform blog yang banyak tersedia di dunia maya. Anda pun bisa mencarinya di Google dengan mudah.

Cara membuat blog gratis bisa dilakukan sendiri dengan memanfaatkan aneka platform blog yang tersedia. Untuk memudahkan Anda, berikut kami sudah susunkan daftar blog alias platform untuk membuat blog yang bisa Anda jadikan referensi. Ow ya, yang lebih penting, platform yang ada dalam daftar blog ini bisa dimanfaatkan secara gratis, meskipun ada versi premiumnya yang berbayar.

Sebelumnya, apakah Anda masih bingung dengan apa itu platform blog? Platform blog adalah suatu tempat atau website yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog. Sederhananya, kita juga akan mendapatkan tempat khusus dari mereka, yang bisa digunakan untuk menempatkan blog kita. 

Ada banyak platform blog yang bisa kita manfaatkan. Anda bisa memilih yang terbaik, yang mungkin cocok untuk Anda. Sebelum mengulas, platform blog mana yang paling cocok dengan target blog Anda, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan aneka jenis platform blog berikut ini.

A.1. Wix

Sistem Wix's drag-and-drop dirancang dengan HTML5. Lantaran menggunakan HTML5 inilah, maka tampilan blog yang digarap dengan menggunakan Wix terlihat begitu memukau. Tak hanya itu, Wix juga diklaim sangat mudah ditata oleh siapa pun. Dengan menggunakan kemampuan HTML5 ini, maka Anda bisa membuat aneka tampilan blog yang cantik, bahkan bisa lebih dari 500 desain.

Wix ini bisa dimanfaatkan dengan gratis. Untuk platform gratisnya, Anda bisa mendapatkan fasilitas penyimpanan hingga 500 MB dengan bandwidth sejumlah 1 GB. Tapi, untuk akun gratis ini masih ada batasan yang mungkin kurang menyenangkan. Jika Anda menggunakan akun premium, maka Anda bisa mendapatkan nama domain Anda sendiri, plus fasilitas lain seperti Google Analytics. Cara membuat blog gratis yang menyenangkan dan menarik untuk dicoba bukan?

A.2. Blogger

Cara membuat website gratis di google bisa memanfaatkan platform blogger. Sebab, blogger ini adalah platform milik google. Menariknya, blogger sering disebut sebagai platform blog terbaik di kelasnya. Kenapa demikian? Karena meski dengan akun gratisan, Anda sudah bisa mendapatkan kebebasan dalam mengedit template dasar blog, termasuk menambahkan berbagai aplikasi yang tersedia. 

Yang terpenting, Anda juga bisa menggunakan fasilitas monetisasi dari Google untuk mencari duit. Jadi, bisa dibilang, Anda bisa lebih bebas dalam mengeksplore tampilan blog ini sesuai dengan keinginan Anda. Tampilan dan menu editingnya juga sederhana sehingga terbilang mudah untuk dipahami. Keuntungan lain, Anda juga akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang sangat besar, yakni hingga 15 GB. Belum lagi, bandwitdh yang Anda dapatkan unlimited. 

Dengan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang sebesar ini, Anda pun bisa leluasa mengisi blog, sekaligus bisa mengundang sebanyak mungkin pengunjung ke blog Anda, tanpa merasa khawatir terjadi error. Ya! Platform blogger ini memang dirasa lebih stabil terhadap gangguan. Belum lagi, platform blog besutan Google ini kabarnya juga menjadikan konten blog Anda lebih mudah terindex di Google. 

Hanya saja, Anda juga perlu tahu bagaimana kelemahan platform ini. Artikel yang dimasukkan dalam blogger seringkali kacau atau berubah menjadi acak. Jadi, untuk menata agar artikel terlihat rapi, terkadang jadi pekerjaan yang sukar. Bahkan ketika sudah rapi pun, tulisan bisa teracak formatnya dengan sendirinya.

A.3.WordPress

Selain blogger, platform blog yang bisa dibilang paling populer di dunia adalah WordPress. WordPress juga merupakan platform blog yang bisa dinikmati secara gratisan. Tampilannya sangat rapi dan mudah dijalankan. Ada pula navigasi –navigasi yang tersedia dengan jelas. Belum lagi, tersedia beragam tema yang bisa dibilang cantik dan menarik, sekaligus terlihat profesional. 

Hanya saja, jika Anda langsung mendaftar lewat WordPress.com, maka platform yang bisa Anda gunakan cukup terbatas, terutama dalam hal edit template. Template tidak bisa diedit, kecuali dengan memilih pada template yang sudah tersedia. Begitu pun, Anda tidak bisa menambah kotak iklan sendiri, apalagi memasang kode iklan untuk monetisasi. Untuk bisa membuka batasan –batasan ini, Anda harus menjadi member premium dengan membayar sejumlah uang sesuai dengan ketentuan.

Tapi, platform wordpress ini juga bisa dinikmati dari WordPress.org. Platform .org ini biasa disediakan bila Anda menyewa hosting khusus. Ketika menggunakan hosting khusus inilah, Anda bisa menggunakan WordPress secara gratis, namun dengan berbagai fasilitas yang lebih lengkap dan tidak dikunci. Dalam artian, Anda bisa melakukan editing template, menambah aplikasi, serta kode iklan secara bebas. 

A.4. Tumblr

Tumblr dikatakan sebagai platform blog termudah yang bisa digunakan saat ini. Penggunaan tumblr ini menyerupai WordPress dan Twitter. Ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan dari platform blog ini. Lagipula, untuk menggunakan Tumblr, Anda bisa memanfaatkan secara gratis. 

Keuntungan dari penggunaan Tumblr yang lain adalah kemudahannya diakses menggunakan mobile apps. Jadi, membuat artikel bisa selalu mudah dan fleksibel. Cocok sekali bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Cara membuat blog gratis sekaligus mudah yang menarik untuk dipilih, bukan?

A.5. Yola

Yola menawarkan platform blog yang mudah ditata tampilannya, sesuai dengan keinginan Anda. Sebab, penataan layoutnya sangat mudah. Anda bisa memindahkan panel –panel blog semudah Anda menggeser mouse. Selain itu, Yola juga bisa digunakan secara gratis. 

Hanya saja, perlu Anda catat bahwa untuk aplikasi gratisnya, memang Anda dibatasi dengan hanya dua situs dan tiga halaman web. Sedangkan untuk berbayar, Anda bisa menikmati fasilitas lebih, yakni hingga 1 GB penyimpanan dan bandwidth, termasuk bebas iklan dari pihak ketiga.

A.6. Contentful

Contentful API adalah salah satu platform blog yang memberikan fleksibilitas tinggi dalam penataan layout artikel Anda. Penataan artikel dengan platform ini memang sangat mudah dan bisa sangat fleksibel. Desain yang bisa Anda nikmati juga beragam dan fleksibel pula untuk ditata ulang. Apalagi, Anda bisa menggunakan desain yang berbeda untuk masing –masing artikel pada rentang waktu yang berbeda. Hmm, menarik bukan?

A.7. Jekyll

Jekyll bisa Anda gunakan bila Anda ingin membuat blog yang sifatnya lebih statis. Kelebihannya, Jekyll lebih mudah untuk digunakan dan tampil dengan sangat sederhana. Penataan database dan sambungan dengan mesin pencari itHub Pages juga sudah menjadi bawaan dasar dari aplikasi platform blog ini. Hanya saja, platform ini terbilang jarang digunakan oleh para blogger di Indonesia. 

A.8. Medium

Platform blog Medium ini dapat dikatakan sangat menarik dari segi tampilan. Platform ini dikembangkan oleh penemu Twitter. Platform yang bisa dimanfaatkan gratis ini sengaja dibuat bagi mereka yang ingin menghasilkan banyak tulisan, lebih dari sekedar tulisan yang terbatas seperti di Twitter. 

Hanya saja, perlu diketahui bahwa Medium tidak memungkinkan penggunanya untuk mengubah tampilan bawaannya. Jadi, jika Anda ingin mengontrol sepenuhnya tampilan blog dan melakukan kustomisasi, maka Medium agaknya bukan pilihan yang tepat.

A.9. Svbtle

Svbtle? Ya, namanya cukup susah untuk diucapkan ya? Platform blog yang satu ini memang terbilang jarang dipakai oleh para blogger Indonesia. Popularitasnya memang tidak begitu tinggi. Mungkin juga lantaran namanya yang susah diucapkan. 

Apalagi, blog ini juga menyerupai platform Medium yang tidak memungkinkan Anda untuk banyak melakukan edit terhadap tampilan blog. Jika Anda sekedar mencari tempat menulis yang sederhana dan mudah digunakan, maka Anda bisa memilih platform blog ini.

A.10. LiveJournal

Platform LiveJournal menyediakan tempat menarik yang merupakan kombinasi dari blog dan media sosial. Platform yang sudah berdiri sejak tahun 1999 ini telah memiliki banyak penggemar dan komunitas. Namun, mungkin lantaran usianya yang sudah begitu tua, Anda jadi lebih banyak disajikan hal –hal yang rasanya seolah kuno dan terlalu sederhana.

A.11. Weebly

Platforms Weebly menyediakan tempat bagi siapa pun yang ingin berbagi tulisan secara gratis. Meskipun Anda menggunakan akun gratisan, tapi Weebly tetap memberikan aplikasi terbaiknya bagi Anda. Anda bisa menikmati beragam template blog secara gratis, sesuka Anda. Anda juga bisa menata layout blog dengan menyesuaikan pada kesukaan dan kebutuhan Anda.

A.12. Postach.io

Platforms Postach io menyediakan platform blog gratisan bagi Anda. Menariknya, Postach.io ini mengklaim bahwa platform yang disediakannya adalah yang termudah. Tata cara penggunaan blog ini memang terbilang sederhana dan mudah. Sekali pun Anda baru pertama kali mencobanya, Anda bisa dengan mudah mengikuti instruksi yang diberikan dan menyelesaikan blog Anda. 

A.13. Pen.io

Platforms Pen o adalah salah satu pilihan menarik untuk ngeblog secara gratis. Anda bisa menggunakan blog ini dengan cara yang mudah. Hanya saja, platform ini sedikit berbeda dengan platform blog kebanyakan. 

Anda tidak perlu login ketika menggunakan situs ini, melainkan hanya perlu membuat URL dan membuat password. Gambar bisa Anda tambahkan dengan cara gampang, yakni dengan drag saja. Namun, karena caranya yang tidak biasa, agaknya cukup susah untuk melakukan monetisasi dengan blog ini.

A.14. Ghost

Ghost? Setan? Hmm, jangan hanya berpaku pada namanya saja. Platform blog yag sifatnya open source ini bisa Anda gunakan secara gratis, secara mudah dan bisa diinstal di sistem komputer atau tablet Anda. Jadi, Anda bisa mendownloadnya dengan gratis, lalu tinggal instal saja. 

Nah, dengan aplikasi inilah, Anda bisa membuat blog Anda sendri dengan sesuka hati. Ya, karena sifatnya yang open source, jadi platform ini terbilang fleksibel untuk digubah. Tapi, tidak semua fasilitas yang disediakan di sini gratis ya. 

Baiklah, selesai sudah kita ulas 14 daftar blog atau platform blog yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara membuat blog gratis tapi tetap bisa memberikan tampilan yang menarik dan profesional. Jadi, sudah menentukan platform blog mana yang akan digunakan?