Selasa, 03 April 2018

Cara Meresensi Buku secara Tepat dan Mudah

Cara Meresensi Buku

Bagi para pecinta buku, resensi buku tentu jadi hal yang sangat menarik. Sebab, kita bisa mengetahui ulasan atau gambaran umum suatu buku sebelum kita memutuskan untuk membeli dan membacanya secara keseluruhan. Selain itu, pecinta buku mungkin juga senang membuat resensi buku untuk dibagikan kepada pembaca lainnya.

Biasanya, kita menemukan resensi buku di surat kabar atau majalah. Tapi, di era internet yang semakin ramai seperti sekarang ini, kita juga mudah menemukan resensi buku di internet. Mungkin, Anda pun tertarik untuk membuat resensi buku?

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai cara meresensi buku. Kita bahas singkat dulu mengenai pengertian resensi buku dan bagian-bagiannya ya. 

Pengertian Resensi Buku

Ternyata, resensi buku ini punya banyak nama alias loh. Seperti ulasan buku, tinjauan buku, timbangan buku, bedah buku juga pembicaraan buku. Tapi, apa sih arti dari semua itu?

Kata resensi sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu revidere atau resencere, yang artinya melihat kembali, menimbang, atau menilai. Jadi, bisa diartikan bahwa resensi buku adalah tulisan yang isinya pertimbangan sebuah buku atau wawasan mengenai kualitas suatu tulisan, yang menampilkan kelebihan suatu buku, juga dilengkapi bagian yanag kurang baik dari buku yang diulas.

Cara membuat resensi yang baik adalah dengan bersikap netral. Penulis harus sebisa mungkin terlepas dari subjektivitas pribadi terhadap buku yang akan diresensi, seperti perasaan senang dan tidak senang terhadap penulisnya. Selain itu, ada baiknya jika penulis resensi buku memiliki wawasan cukup luas terkait tema yang diusung dalam buku serta dalam dunia literasi.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat resensi buku
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat resensi buku, meliputi :
# Penggunaan bahasa 
# Format dan struktur penyajian 
# Apa manfaat buku bagi pembaca
# Kualitas dari isi atau tulisan dalam buku 

Resensi buku sebaiknya dibuat dengan cara yang menarik dan mudah dipahami pembaca. Jadi, para pembaca yang membaca resensi tersebut bisa paham mengenai gambaran umum suatu buku serta tergerak hatinya untuk membaca buku yang diresensi tersebut. Resensi buku juga bisa jadi suatu promosi untuk buku.

Bagian Buku yang Diresensi

Apa saja bagian –bagian dalam buku yang harus diresensi untuk disajikan pada pembaca? Berikut daftarnya :

# Judul resensi. (judul buku dan judul resensi)
# Identitas buku. (judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, kota terbit, ukuran buku, dan jumlah halaman buku)
# Sampul buku.
# Pembuka buku. (uraian atau paparan yang menarik agar pembaca mau membaca resensi secara utuh)
# Bahasa penulis buku (ungkapan, tata bahasa, struktur kalimat, dan gaya bahasa)
# Nilai – nilai buku (gambaran umum dari isi buku, dapat dengan membandingkan karya yang diresensi dengan karya pengarang lain, nilai yang dapat diperoleh pembaca setelah membaca buku tersebut)
# Kelebihan dan kelemahan buku (dinilai terkait unsur – unsur intrinsik, seperti tema, latar, alur, gaya bahasa, dan penokohan)
# Ringkasan buku (atau ikhtisar buku, disesuaikan dengan alur yang dibangun pengarang dalam buku fiksi dan berupa cerminan hal – hal pokok dalam buku non fiksi).

Langkah Cara Meresensi Buku 

Tertarik ingin meresensi buku? Anda bisa menyimak langkah meresensi buku secara baik dan benar. Berikut adalah cara meresensi buku yang bisa Anda lakukan.

1# Mengenali isi buku 
Setelah menentukan buku apa yang akan diresensi, Anda harus melakukan penjajakan atau proses pengenalan terhadap buku tersebut. Adapun hal yang harus Anda ketahui adalah : Tema buku, deskripsi buku, penerbit, tahun terbit, kota terbit, jumlah halaman.

Kenali juga pengarangnya secara lebih mendalam, seperti nama latar belakang pendidikan, reputasi, presentasi buku, karya yang pernah ditulis serta alasan penulisan buku. 

Ketahui penggolongan atau bidang kajian dari buku tersebut, apakah termasuk buku dalam bidang ekonomi, politik, teknik, sosiolog, pendidikan, psikologi, filsafat, bahasa, sastra, atau lainnya.

2# Membaca buku 
Baca buku yang akan diresensi secara utuuh atau menyeluruh, cermat, dan teliti. Ketahui apa saja permasalahan yang disajikan dalam bukusecara tepat dan akurat.

3# Menandai bagian penting buku 
Tandai bagian mana saja dari buku yang penting dan perlu disajikan atau diulas sebagai data acuan resensi.

4# Membuat sinopsis 
Buat sinopsis atau intisari buku yang diresensi.

5# Membuat penilaian
Setelah memiliki sinopsis dan gambaran umum, tentukan sikap Anda atau penilaian terhadap buku, yang meliputi :
• Sistematika serta dinamika organisasi atau kerangka penulisan.
• Isi pernyataan (bobot ide, kekuatan analisa, kelengkapan penyajian data, kreativitas pemikiran)
• Bahasa (ejaan, penggunaan kalimat, ketepatan pilihan kata, kemudahan pemahaman).
• Aspek teknis (tata letak, tata wajah, kerapian, kebersihan, kualitas cetakan)

6# Mengoreksi dan merevisi hasil resensi
Setelah menyusun resensi, Anda perlu mengoreksi resensi sembari merevisi hasil resensi bila dirasa ada hal yang kurang tepat.

Nah, begitulah cara meresensi buku yang baik dan benar, yang disajikan dalam tahapan-tahapan sederhana. Semoga membantu.

Referensi:
Slamet Soewandi, 1997. Dasar-dasar Meresensi Buku. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana. 
Rachmawati, Indriyana. 2016. Pengertian, Tujuan, dan Bagian – Bagian Resensi Buku, dalam portal-ilmu.com

Loading...