Pengertian dan Jenis Arus Laut Dunia

Apakah kamu mengenal laut? Kali ini kita akan membahas tentamh laut. Pembahasan meliputi pengertian Arus Laut, Faktor penyebab terjadinya Arus Laut, Jenis-jenis Arus Laut, Persebaran arus laut di seluruh dunia, dan juga tentang pengamatan Arus Laut.


PENGERTIAN ARUS LAUT


Apa itu arus laut? Pengertian Arus laut adalah pergerakan massa air yang terjadi secara vertikal dan horizontal menuju keseimbangannya, atau gerakan air yang sangat luas yang terjadi pada seluruh lautan yang ada di dunia. Arus juga dapat diartikan sebagai gerakan mengalir suatu massa air yang disebabkan oleh tiupan angin atau karena adanya perbedaan densitas atau pergerakan gelombang panjang.


FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA ARUS LAUT


Arus di lautan dapat terjadi akibat banyak faktor. Terdapat dua faktor utama penyebab terjadinya arus laut, yaitu :
Faktor internal, seperti akibat adanya perbedaan densitas air laut, gradien tekanan mendatar dan gesekan lapisan air.
Faktor eksternal, seperti dari adanya gaya tarik matahari dan bulan yang dipengaruhi tahanan dasar laut serta gaya coriolis, adanya perbedaan tekanan udara, gaya gravitasi, gaya tektonik, dan juga karena angin.


pengertian arus laut


JENIS - JENIS ARUS LAUT


Jenis Arus Laut Berdasarkan Proses Terjadinya:

  1. Arus ekman adalah Arus yang terjadi akibat adanya angin.
  2. Arus termohaline adalah Arus yang terjadi karena pengaruh densitas dan gravitas.
  3. Arus pasut adalah Arus yang terjadi akibat adanya pasut.
  4. Arus Geostropik adalah Arus yang terjadinya akibat gradien tekanan mendatar dan gaya corolis.
  5. Arus Wind driven current adalah Arus yang terjadinya dipengaruhi oleh pola pergerakan angin dan umumnya terjadi pada lapisan permukaan.


Jenis Arus Berdasarkan Kedalamannya:

  1. Arus permukaan adalah jenis arus yang terjadi di beberapa ratus meter dari permukaan air, bergerak dengan arah horizontal serta dipengaruhi pola sebaran angin.
  2. Arus dalam adalah jenis arus yang terjadi jauh di dasar kolom perairan, arah pergerakan arusb ini tidak dipengaruhi pola sebaran angin. Arus ini juga memilikibsifat membawa massa air dari daerah kutub ke daerah ekuator.
Simak juga: Pengertian, Jenis Jenis dan Pengukuran Kedalaman Laut


PERSEBARAN ARUS DI SELURUH DUNIA



1. Di Samudra Pasifik

A. Di Sebelah Utara Khatulistiwa
Arus Khatulistiwa Utara, adalah jenis arus panas yang mengalir menuju arah barat dan mengir sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan serta didorong oleh angin pasat timur laut.

Arus Kuroshio adalah lanjutan dari arus khatulistiwa utara. Arus ini ketika sudah sampai dekat dengan Filipina, kemudian arahnya menuju ke utara. Arus ini adalah jenis arus panas yang mengalir dari kepulauan Filipina, kenudian menyusur di sebelah timur kepulauan Jepang dan terus menuju pesisir Amerika Utara (terutama Kanada). Arus ini terjadj karena didorong Angin Barat.

Arus Kalifornia adalah arus yang mengalir di sepanjang pesisir barat Amerika Utara ke arah selatan menuju ke khatulistiwa. Arus ini merupakan lanjutan dari arus kuroshio, dan termasuk arus menyimpang (pengaruh daratan) serta arus dingin.

Arus Oyashio adalah jenis arus dingin yang muncul karena didorong angin timur dan mengalir dari selat Bering menuju selatan dan berakhir di sebelah timur kepulauan Jepang. Di tempat ini, arus tersebut bertemu dengan arus Kuroshio (terhambat oleh kuroshio). Daerah pertemuan antara arus dingin Oyashio dengan arus panas Kuroshio ini merupakan daerah yang kaya perikanan. Sebab, di sana plankton-plankton yang terbawa arus Oyashio berhenti sehingga lautsn menjadi hangat dan tumbuh subur.

B. Di Sebelah Selatan Khaulistiwa
Arus Khatulistiwa Selatan adalah jenis arus panas yang mengalir menuju barat dan bergerak sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini muncul karena dorongan angin pasat tenggara.

Arus Humboldt atau Arus Peru adalah jenis arus yang merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir di sepanjang barat Amerika Selatan dan terus menyusur ke arah utara. Arus ini terjadi akibat dorongan angin pusat tenggara dan termasuk arus dingin.

Arus Australia timur adalah arus lanjutan dari arus Khatulistiwa Selatan yang mengalir di sepanjang pesisir Australia Timur, yaknj dari arah utara ke selatan (sebelah timur Great Barrier Reef).

Arus Angin Barat adalah arus yang merupakan lanjutan dari sebagian arus Australia Timur yang mengalir menuju timur (lintang 30 derajat -40 derajat LS) serta bergerak sejajar dengan garis ekuator. Terjadinya arus angin barat didorong Angin Barat.


2. Di Samudra Atlantik

A. Di Sebelah Utara Khatulistiwa
Arus Khatulistiwa Utara adalah arus panas yang aliran berlangsung menuju ke barat, sejajar garis khatulistiwa. Arus khatulistiwa utara terjadi akibat didorong angin pasat timur laut.

Arus Teluk Gulfstream adalah arus menyimpang yang segera diperkuat dorongan angin besar dan merupakan arus panas. Arus ini juga disebut sebagai arus teluk karena sebagian dari arua inu keluar dari teluk meksiko.

Arus Tanah Hijau Timur atau Arus Greenland Timur adalah jenia arus dingin yang mengalir dari laut Kutub Utara menuju ke Selatan menyusur pantai timur tanah hijau. Arus tanah hijau timur terjadi karena mendapat dorongan angin Timur ( yang berasal dari daerah kutub).

Arus Labrador adalah arus yang berasal dari laut kutub utara, mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Labrador. Arus labrador terjadi karena didorong angin timur. Arus ini merupakan arus dingin yang umumnya membawa “gunung es” yang ikut dihanyutkan.

Arus Canari adalah jenis arus menyimpang yang termasuk arus dingin. Arus ini adakah lanjutan dari sebagian arus teluk yang mengubah arahnya, setelah mendapat pengaruh daratan Spanyol dan mengalir ke arah selatan untuk menyusuri pantai barat Afrika Utara.


B. Di Sebelah Setan Khatulistiwa
Arus Khatulistiwa Selatan adalah jenis arus panas yang mengalir menuju wilayah barat, dan sejajar garis khatulistiwa. Sebagian arus ini masuk ke utara (yang bersama-sama dengan arus khatulistiwa utara ke Laut Karibia) sedangkan sebagian lagi berbelok ke arah selatan. Arus ini terjadi karena  didorong angin pasat tenggara.

Arus Braziliia adalah arus lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah selatan dengan menyusuri pantai timur Amerika Selatan (khususnya Brazilia). Arus Brazilia termasuk arus menyimpang dan juga termasuk arus panas.

Arus Benguela adalah arus lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir menuju arah utara menyusuri pantai barat Afrika Selatan. Arus Benguela merupakan arus dingin, yang akhirnya kembali lagi menjadi Arus Khatulistiwa selatan.

Arus Angin Barat adalah arus lanjutan dari sebagian Arus Brazilia yang mengalir menuju arah timur (pada lintang 30 derajat-40 derajat LS) dan sejajar garis ekuator, arus ini muncul karena didorong angin barat dan merupakan arus dingin.

3. Di Samudra Hindia


A. Di Sebelah Utara Khatulistiwa
Arus laut pada wilayah samudra ini kondisinya berbeda dengan samudra lain. Ini karena arah gerakan arus dalam setahun tdak tetap, melainkan berganti arah setelah ½ tahun, sesuai gerakan angin musim yang mendorong terjadinya angin ini. Arus-arus tersebut adalah sebagai berikut:


Arus Musim Barat Daya adalah jenis arus panas yang mengalir menuju timur menyusuri laut arab dan Teluk Benguela. Terjadinya arus ini karena didorong adanya angin musim barat daya. Arus Musim Barat Daya kurang kuat sifatnya karena mendapat hambatan yang berasal dari gerakan angin pasat timur laut.


Arus Musim Timur Laut adalah jenis arus panas yang mengalir menuju barat menyusuri teluk Benguela dan Laut Arab. Arus Musim Timur Laut ditimbulkan oleh dorongan angin musim timur laut. Arus yang terjadi bergerak agak kuat karena mendapat dorongan dari dua angin yang saling memperkuat, yaitu angin pasat timuur laut dan angin musim timur laut.

B. Di Sebelah Selatan Khatulistiwa
Arus Khatulistiwa Selatan adalah jenis arus panas yang alirannya menuju barat sejajar dengan garis khatulistiwa yang nantinya terpecah menjadi dua (Arus Maskarena dan Aurs Agulhas setelah sampai di timur madagaskar). Arus Khatulistiwa Selatan terjadi akibat adanya dorongan daru angin pasat tenggara.

Arus Maskarena dan Arus Agulhas, adakah jenis arus yang menyimpang dan merupakan arus panas. Arus ini adalah lanjutan dari pecahan Arus Khatulistiwa Selatan. Arus Maskarena mengalir menuju selatan dengan menyusuri pantai Pulau Madagaskar Timur. Arus Agulhas juga mengalir menuju selatan dengan menyusuri pantai pulau Madagaskar Barat.

Arus Angin Barat adalah lanjutan sebagian arus angin barat yang alirannya menuju sebelah utara dengan menyusuri pantai barat benua Australia. Arus ini adalah arus menyimpang dan merupakan arus dingin yang akhirnya kembali lagi menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.


PENGAMATAN ARUS LAUT


Pengamatan arus laut dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui arah dan kecepatan air laut yang ada du kedalaman tertentu.

Metode pengamatan arus laut adalah dengan menggunakan alat Current Meter. Caranya adalah dengan menempatkannya di beberapa stasiun pengamat yang ada di bawah permukaan laut.

Keuntungan Current Meter:

  1. Dapat mengukur di setiap kedalaman laut.
  2. Pencatatan dilakukan secara otomatis.
  3. Data Ukuran relatif teliti.


Sistem Pengamatan

Sistem pengamatan pada proses pengukuran kecepatan arus air disebut dengan Water Current Meter. Pada prinsipnya, pengamatan ini dibagi dalam tiga sistem, yaitu:

  1. Sistem Pencacah Putaran, adalah current meter yang dilakukan dengan mengkonversi kecepatan sudut dari propeller atau baling-baling ke dalam kecepatan linear. Jenis ini umumnya mempunyai kisaran pengukuran antara 0,03 – 10 m/s.
  2. Sistem Elektromagnetik, adalah sistem yang dalam perhitumgannya air dianggap sebagai konduktor yang mengalir melalui medan magnetik. Perubahan yang terjadi pada tegangan diterjemahkan ke dalam kecepatan.
  3. Sistem Akustik, pada sistem ini digunakan sesuai dengan prinsip Dopler pada transduser, yang juga biasanya berperan sebagai receiver, yang memancarkan pulsa-pulsa pendek pada frekuensi tertentu. Pulsa-pulsa yang diterima ini lalu dikembalikan oleh receiver di mana hal tersebut dapat diukur sebagai kecepatan arus air.

Selesai sudah pembahasan kita mengenaj arus laut, yang meliputi berbagai hal. Semoga artikel ini bermanfaat.