Kamis, 27 April 2017

Pengertian Teks Tantangan, Struktur dan Kebahasaannya

Salah satu materi tentang teks bahasa Indonesia adalah teks tantangan. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas mengenai pengertian teks tantangan dan juga struktur teks tantangan. 


Pengertian Teks Tantangan, Struktur dan Kebahasaannya


Pengertian Teks Tantangan

Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teks tantangan? Pengertian teks tantangan dapat dipahami sebagai teks yang sifatnya kontra atau melawan. Jadi, teks tantangan ini adalah suatu teks yang di dalamnya memuat informasi mengenai bantahan atau penolakan terhadap sesuatu hal atau kondisi atau peristiwa yang sifatnya kontroversial. 

Peristiwa atau hal yang ditolak dalam teks tantangan tersebut, umumnya adalah yang sedang berkembang di masyarakat. Bantahan disajikan dengan dilengkapi argumen dan data – data yang diperlukan sehingga mampu memberikan penguatan terhadapa bantahan tersebut. Biasanya, teks tantangan dijumpai dalam kegiatan debat.

Pengertian teks tantangan lain juga dapat diartikan sebagai teks yang berisi tentang bantahan atau sanggahan terhadap peristiwa yang tengah menjadi kontroversial. Jadi, yang dimaksud bukanlah peristiwa biasa, melainkan peristiwa yang cukup memberi dampak signifikan pada kehidupan masyarakat. 

Peristiwa tersebut bisa berupa peristiwa yang sedang berkembang atau pun peristiwa yang sudah terjadi, tetapi tidak ada kejelasan atau penyelesaian dari peristiwa tersebut.

Simak juga: Pengertian Teks Cerpen Lengkap

Struktur Teks Tantangan

Struktur dari teks tantangan dapat dipahami dalam pembagiannya yang dibuat dalam tiga hal pokok. Tiga hal pokok yang ada dalam struktur teks tantangan, yaitu:

  • TOPIK, yang berupa bagian teks tantangan berisikan topik yang akan dibantah. Umumnya, topik yang dibicarakan adalah isu yang sedang berkembang. Topik menjadi bagian penting di dalam teks tantangan, karena nantinya yang akan dicari bukti valid untuk dibantah atau diperkuat dengan argumen adalah topik.
  • BUKTI, merupakan bagian teks tantangan yang isinya memuat tentang alasan atau bukti – bukti. Bukti berfungsi untuk memberikan dukungan terhadap bantahan dari topik yang sedang diperbincangkan. Bukti yang ditunjukkan dalam teks tantangan, harus valid, artinya dapat dipercaya sumbernya.
  • PERNYATAAN, merupakan bagian teks tantangan berisi pernyataan. Pernyataan yang dimaksud dibuat untuk menegaskan suatu bantahan.



Kebahasaan Teks Tantangan

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kebahasaan teks tantangan, yakni berupa :

  • Kata rujukan, adalah suatu kata yang memberikan informasi.
  • Pilihan kata, ini berupa gagasan atau ide yang disampaikan dalam teks tantangan, yang didalamnya perlu menggunakan kata – kata yang baik.
  • Kata hubung, ini merupakan bagian dari kebahasaan teks tantangan yang fungsinya adalah untuk menghubungkan kata dalam teks.
  • Kalimat yang digunakan, adalah kalimat kompleks, yakni suatu kalimat yang di dalamnya memiliki struktur lebih dari satu. Bukan hanya strukturnya saja yang lebih dari satu, akan tetapi verba yang digunakan juga lebih dari satu.

Referensi: https://portal-ilmu.com/teks-tantangan/

-- Materi Pelajaran --
Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info