Minggu, 23 April 2017

Bioma Tundra : Pengertian dan Ciri

Pembahasan kali ini porosilmu akan membahas mengenai salah satu bioma, yakni bioma tundra. Pembahasan ini berfokus pada apa itu bioma tundra dan juga ciri bioma tundra. Pembahasan mengenai pengertian bioma dan juga fungsinya telah dibahas diartikel sebelumnya.

Bioma Tundra : Pengertian dan Ciri

Bioma tundra dapat ditemui di belahan bumi bagian utara dan belahan bumi bagian selatan. Bioma ini terbentuk oleh karena lingkungan alam yang minim cahaya matahari selama berbulan – bulan. Kita tidak dapat menemukan pepohonan di bioma tundra. Melainkan, hanya sebatas tumbuhan kecil seperti rumput dan juga lumut, misalnya sphagnum dan lichens.

Ada beberapa hewan yang dapat ditemukan pada bioma tundra, yakni burung hantu salju, beruang, rusa kutub, dan beberapa hewan lain. Berdasarkan pembagian iklimnya, bioma tundra berada di kawasan iklim es abadi dan iklim tundra.

Untuk membedakan dengan bioma lain, kita dapat melihat ciri ciri dari bioma tundra. Ciri ciri bioma tundra tersebut yaitu:
  • Memiliki tanaman yang usia tumbuhnya sangat pendek, yakni antara 30 hingga 120 hari atau 1 hingga 4 bulan.
  • Memiliki wilayah yang tertutup salju atau es
  • Memiliki musim dingin yang panjang juga gelap. Musim panas juga panjang dan terang.


Demikian pembahasan mengenai bioma tundra. Semoga dapat membantu memahami pengertian dan juga ciri dari bioma tundra.

-- Materi Pelajaran --
Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info